Rugi Jika Belum Pernah Makan Kurma Muda, Khasiatnya Ampuh Sembuhkan Penyakit Ini

Komentar

kurma muda via istana-herbal.com

Pernahkan Anda makan buah kurma? Ternyata ada lho buah kurma muda yang manfaatnya tak kalah dengan kurma biasanya. Mau tahu kurma muda dan khasiatnya? Yuk simak penjelasannya disini.

Buah kurma adalah buah kesukaan Nabi Muhammad Saw dan buah yang banyak tumbuh di negara padang pasir di timur tengah.

Kurma muda dibagi menjadi tiga jenis yaitu kurma muda merah, kurma muda kuning, dan kurma muda hijau. Kurma muda yang bagus memiliki bentuk lebih kecil, tekstur keras, dan berwarna putih seperti kelapa. Rasa kurma muda pun terasa sepat tidak seperti kurma lainnya.

Yang wajib Anda tahu, ketahanan kurma muda tidak lama. Jadi jika ingin membeli kurma muda sebaiknya langsung dimasukkan ke dalam lemari es (kulkas) agar kurma muda dapat tahan lama.

Kurma muda dan khasiatnya sudah menjadi perbincangan banyak orang. Selain rasa yang super enak, kurma muda juga mengandung banyak kandungan nutrisi bagi tubuh. Inilah efek kurma muda jika dikonsumsi.

1. Mencegah pendarahan
Bagi seorang wanita yang sedang mengandung, buah kurma muda adalah salah satu jenis buah yang sangat baik untuk dikonsumsi. Kandungan zat hormon bitosin pada kurma muda ini mampu mencegah terjadinya pendarahan pada rahim yang beresiko pada kasus keguguran.

2. Memperlancar kelahiran
Bagi ibu yang hampir memasuki masa melahirkan, buah kurma muda bisa sedikit membantu menghilangkan rasa takut dan khawatir. Sebab kandungan hormon oksitosin yang terdapat pada kurma muda akan mempermudah proses kontraksi otot polos di dinding rahim.

3. Meningkatkan kesuburan
Apakah kurma muda bisa menyuburkan kandungan? Kandungan zat hormon botosin pada kurma muda berfungsi untuk merangsang gerak peristatik pada pembuluh darah dan rahim wanita dan mampu meningkatkan kesuburan wanita.

Tak hanya itu, sewaktu melakukan hubungan intim bersama pasangan, otot-otot uterus (rahim) akan lebih terangsang dan melakukan kontraksi lebih baik.

Sedangkan untuk wanita menyusui, kurma muda memiliki kandungan zat oksitosin yang akan meningkatkan produksi ASI ibu, sehingga kebutuhan bayi akan ASI terjamin.

4. Mencegah kanker
Kandungan vitamin A yang tinggi pada kurma muda dapat mencegah resiko terjangkitnya pertumbuhan sel kanker paru dan kanker rongga mulut.

Selain itu, kurma muda juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Sehingga paparan sinar matahari pun tidak akan mudah merusak dan menyebabkan penyakit berbahaya lain karena paparan sinar UV.

5. Mencegah tumor
Kandungan D-glucan pada kurma muda merupakan salah satu jenis zat antioksidan yang mampu mencegah pertumbuhan tumor. Beberapa kandungan zat yang pada kurma muda pun akan mengurangi resiko mutasi sel atau penyebab munculnya kanker dan tumor.


ilustrasi hidup sehat via tripjalanjalan.com

6. Menjaga kesehatan mata
Kandungan vitamin A yang tinggi pada kurma muda dapat menjaga kesehatan mata. Selain itu, kesehatan mata juga akan semakin terjaga berkat kandungan antioksidan yang tinggi pada buah ini pun Anda bisa mendapati fungsi optimal dari setiap bagian mata Anda.

7. Mengontrol tekanan darah
Salah satu penyebab munculnya berbagai penyakit berbahaya seperti serangan jantung, strok dan masih banyak penyakit lainnya adalah tekanan darah yang tidak stabil.

Namun dengan mengonsumsi kurma muda Anda tak perlu lagi khawatir dengan tekanan darah Anda. Sebab kurma muda pun mampu menjaga tekanan darah dengan baik tanpa membuat Anda mengalami tekanan darah rendah.

8. Menjaga kesehatan kulit
Kandungan zat pada kurma muda yang begitu lengkap akan mampu menutrisi kulit tubuh Anda dengan baik. Selain itu, kecantikan alami kulit pun akan lebih terpancar tanpa membuatnya nampak tipis seperti ketika Anda menggunakan krim berbahan kimia berbahaya.

9. Meningkatkan daya ingat
Kurma muda terbukti mampu memaksimalkan pertumbuhan sel otak sehingga mampu membuat penyimpanan memori pada otak semakin baik. Tak hanya itu, penyimpanan memori pada otak dengan sambungan sel yang lebih baik pun akan terbukti jauh lebih maksimal (semua memori tersimpan).

10. Mencegah stroke
Seperti yang sudah dijelaskan di atas jika kurma muda mampu menjaga kesehatan jantung dengan baik. Nah apabila kesehatan jantung terjaga, maka dapat dipastikan jika tekanan darah akan normal dan resiko penyumbatan pembuluh darah akan menurun.

Oleh karena itu, pastikan Anda menjaga tekanan darah, kesehatan jantung dan pencegahan strok lainnya, seperti dengan mengonsumsi kurma muda.

Lalu, apakah kurma muda bisa mengobati kista? Dengan kandungan fenol dan karoten yang cukup tinggi, kurma merupakan antioksidan yang sangat bagus untuk tubuh. Salah satu manfaat dari antioksidan adalah bisa mencegah kanker, myom, dan juga kista. Jadi kurma bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan dan mengobati kista.

Cara pemanfaatannya adalah mengkonsumsi kurma muda secara teratur pada pagi dan sore hari. Bisa menggunakan kurma kemasan atau kurma yang masih dalam bentuk buah.

Baca Juga : Manfaat Temulawak yang Terbukti Ampuh Sembuhkan Berbagai Penyakit

Bagaimana cara mengkonsumsi kurma muda?

ilustrasi kurma muda via plus.google.com

Di Indonesia, mungkin kurma muda masih cukup sulit didapat dibandingkan dengan kurma biasanya. Sehingga tak sedikit orang yang juga belum mengetahui bagaimana cara mengonsumsi kurma muda dengan benar. Padahal jika makannya benar, maka hasil yang akan didapat juga tentunya akan menjadi jauh maksimal. Adapun aturan atau cara makan kurma muda untuk promil dan kesuburan diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Di konsumsi secara langsung
Cara konsumsi kurma muda yang pertama adalah dengan mengomnsumsinya secara langsung oleh suami maupun istri. Jika Anda dan pasangan menyukai rasanya, maka Anda berdua bisa memakan buah kurma muda yang masih segar tanpa di proses apapun sebelumnya. Namun yang perlu di perhatikan disini saat mengonsumsi kurma muda bagi suami adalah makanlah kurma muda yang berwarna merah. Hal tersebut lantaran diketahui dapat meningkatkan kesuburan dan menjaga vitalitas pria.

Adapun untuk para istri yang kini sedang melakukan promil dengan buah kuma muda ini, sebaiknya konsumai buah kurma muda yang berwarna hijau atau kuning. Menurut penelitian, kandungan hormon Botosin yang sangat tinggi didalamnya mampu meningkatkan gerak peristaltik dlam pemuluh darah dan uterus (rahim). Selain itu, kandungan lainnya yang terdapat didalamnya mampu menunjang untuk menyuburkan rahim. Makanlah kurma ini dalam hitungan ganjil setiap harinya. Dan konsumsi kembali 1-2 jam sebelum melakukan hubungan seksual bersama pasangan. Adapun untuk sang istri dianjurkan mengonsumsi buah ini setelah beres haid hingga masa subur saja.

2. Di tumbuk halus
Selain dikonsumsi secara lagsung, cara mengonsumsi kurma muda basah juga dapat dikonsumsi secara ditumbuk halus. Karena mengingat tekstur kurma muda yang cukup keras, sehingga untuk mengupas daging dan bijinya saja cukup susah. Anda bisa menumbuk kurma hingga benar-benar halus. Tambahkan pula ke dalamnya kuning ayam kampung dan susu. Setelah itu, Anda bisa mengonsumsinya secara rutin kali sehari, pagi dan sore.

3. Di seduh
Ini merupakan cara mengonsumsi kurma muda kering yang tentunya sangat praktis dibandingkan dengan mengonsumsi kurma basah. Karena Anda bisa langsung menyeduhnya dengan air. Tambahkan pula madu murni, sedikit air lemon dan juga susu. Selain itu, Anda juga bisa mencampurkannya ke dalam berbagi jenis minuman tentunya dengan dosis yang tidak terlalu berlebihan. Minuman ini bisa Anda konsumsi pada pagi dan malam hari sebelum tidur secara rutin.

Mengapa kurma muda mahal? Karena kurma muda atau yang biasa disebut Kurma Rutob ini jarang ditemui di Indonesia. Sebenarnya harga kurma muda di Kota Madinah maupun Mekkah tidak mahal hanya sekitar 10 sampai 15 real atau Rp25 sampai Rp35 ribu. Tapi tidak banyak dijumpai di toko-toko yang ada diperkotaan, kecuali di pusat pasar kurma di Kota Madinah atau di Pasar Ballad dan obyek wisata di Masjid Terapung, Laut Merah, Jeddah atau sekitar 15 kilometer dari Bandara Internasional King Abduaziz.

Baca Juga : Manfaat Tomat, Selain Enak Dimakan Ternyata Bagus Untuk Perawatan Wajah

Nah, itulah penjelasan tentang kurma muda mulai dari manfaat sampai cara mengkonsumsinya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi Anda.
Top