Potensi Kebun Kurma di Indonesia Bisa Tumbuh Subur dan Berbuah Lebat

Komentar

Kampung kurma via sunahproperty.com

Bagaimana keadaan kebun kurma di Indonesia saat ini? Apakah kebun kurma di Indonesia masih belum bisa berbuah? Bagaimana penjelasan mengenai kebun kurma yang ada di Indonesia?

Pohon kurma mempunyai daya adaptabilitas yang tinggi, sebenarnya kebun kurma di Indonesia dulu belum bisa berbuah namun ternyata sekarang kebun kurma di Indonesia tumbuh dengan subur dan menghasilkan buah kurma yang sangat manis. Tetapi masih belum banyak kebun kurma di Indonesia yang dapat Anda temui.

Penggemar kurma kini tak perlu jauh-jauh pergi ke Timur Tengah untuk melihatnya. Sebab, di beberapa tempat sudah ada kebun kurma di Indonesia meskipun tidak terlalu banyak. Inilah penjelasan mengenai kebun kurma di Indonesia berbuah.

Kebun Kurma di Indonesia

Beberapa tahun belakangan, muncul sebuah berita yang menyebutkan telah ditemukan pohon kurma berbuah di Thailand. Bahkan bentuknya sudah bukan lagi pohon, melainkan kebun seluas kurang lebih 6,9 hektare. Jumlah pohon yang berbuah juga mencapai 104 pohon kurma betina. Ini tentu saja menjadi berita besar mengingat Thailand bukanlah termasuk negara gurun dimana kurma sering dijumpai.

Negeri Gajah Putih adalah negara tropis, sebagaimana Indonesia. Tak lama setelah itu, ternyata berita tentang berbuahnya kurma di negara tropis terjadi lagi. Kali ini terjadi di Indonesia. Mungkinkah kurma Indonesia berbuah mengingat masih ada musim hujan di negara kita? Jawabannya adalah mungkin dan itu sudah terjadi.

Sebagaimana yang terdapat di Thailand, kurma di Indonesia juga dalam ukuran kebun seluas kurang lebih 5 hektare. Lokasi kebun ini berada di Jonggol Farm Bogor dan Igrow di Pandeglang. Di Igrow, kita dapat menemukan setidaknya 700 pohon hasil kultur jaringan. Metode kultur jaringan ini telah terbukti menghasilkan buah dengan lebih cepat dan lebih banyak bila dibandingkan dengan kurma yang ada di jazirah Arab.


Kebun kurma via papatio.agenproperti.com

Potensi Buah Kurma di Indonesia

Rata-rata, kurma Arab berbuah 120 kilogram. Sedangkan potensi kurma Indonesia berbuah dapat melebihi angka tersebut dengan tanah yagn lebih subur. Kasus di Malaysia sendiri dapat dijadikan contoh. Itu terbukti dengan pernah ditemukan kurma dengan buah dengan total mencapai 300 kilogram!

Kampung Kurma di Bogor dan Igrow di Banten adalah sebagian kecil kurma Indonesia berbuah. Selain 2 nama tersebut telah ditemukan juga pohon kurma berbuah di eks Tambang Timah, Bangka Botanical Garden, kemudian agrowisata seluas 4 hektare milik Haji Ruslan di Pasuruan, dan di Riau, tepatnya di Kuansing, dengan luas mencapai 40 hektar, dan masih ada juga di Aceh, Jambi, Yogyakarta, dll.

Kebun kurma kemudian juga dijadikan konsep dasar pembangunan hunian islami gagasan PT Kampung Kurma. Kurma tidak hanya dijadikan hiasan, namun juga nilai investasi bagi penghuninya. Dengan kata lain, kurma yang berbuah di Indonesia juga akan ditemukan di kawasan hunian tersebut. Luar biasa!

Nah, itulah penjelasan mengenai kebun kurma di Indonesia saat ini. Semoga informasi ini bisa membantu dan bisa menambah wawasan Anda, semoga bermanfaat.
Top