Macam-macam Jilbab Segi Empat Terbaru, Modern dan Kekinian

Komentar

Jilbab segi empat via bundaku.net

Apa saja model jilbab segi empat saat ini? Apakah nyaman saat dipakai? Apakah model jilbab sekarang modern, kekinian dan seimpel?

Jilbab Segi Empat Simple Untuk Sehari-hari ✓ Praktis ✓ Motif Bunga ✓ Wajah Bulat ✓ Pesta ✓ Grosir Jilbab Murah ✓ Model Kerudung Terbaru 2018 akan kami bahas dalam artikel ini. Temukan Berbagai Macam Model Jijab Segi Empat Untuk Anda yang Berhijab.

Dibawah ini 15 Macam-macam Jilbab Segi Empat Terbaru, Modern dan Kekinian sangat cocok untuk di gunakan untuk acara formal dan nonformal yang akan membuat Anda tampil percaya diri dan nyaman.

Jilbab Segi Empat Terbaru, Modern dan Kekinian

1. Rawis


Rawis via bukalapak.com

Jilbab segiempat rawis adalah jilbab segiempat yang sangat digemari baik dari kalangan perempuan muda, mahasiswi, pekerja kantoran hingga ibu rumah tangga. Ukurannya biasanya berukuran 110 cm x 110 cm atau 115 cm x 115 cm.

Ciri khasnya adalah kain di pinggirannya dibiarkan terurai atau tidak dineci. Biasanya terbuat dari bahan katun yang halus dengan bahan yang tidak terlalu tebal. Kelebihan menggunakan jilbab ssegiempat rawis ini adalah sangat mudah digunakan dan nyaman sehingga cocok dipakai untuk aktivitas sehari-hari seperti kuliah, kerja atau ke pusat perbelanjaan.

Kekurangannya adalah pinggiran kainnya kadang suka kusut dan terlepas-lepas, mungkin disebabkan proses penjahitannya yang tidak rapi atau bahan jilbabnya terlalu tipis sehingga serat kainnya gampang terurai. Cara mensiasatinya adalah sebelum membeli pastikan jahitan pinggiran kainnya tetap rapi dan bahannya tidak gampang kusut.

Jilbab segiempat rawis ini memiliki variasi pilihan warna yang banyak berikut degradasinya. Bahkan ada beberapa model yang warna-warnanya bolak balik. Sehingga bisa dipadupadankan dengan berbagai macam warna busana muslimah.

2. Viscose


Viscose via grosirparis.blogspot.com

Bahan viscose menjadi salah satu bahan/jenis kain yang banyak digunakan sebagai material jibab segiempat. Viscose biasa disebut kain rayon atau viskosa, dan merupakan kombinasi antara bahan organik dan bahan sintesis.

Teksturnya menyerupai kapas tapi memiliki tingkat kelenturan tersendiri. Viscose memiliki kelembutan dan sifat bahannya jatuh serta tidak mudah kusut. Penggunaan viscose di dalam jilbab segiempat biasanya ditambah dengan unsur bahan lain seperti 70% polyester atau 30& viscose. Tidak selalu 100% murni dari bahan viscose.

Kelebihan menggunakan jilbab segiempat viscose adalah sifat bahannya lembut dan terasa dingin di kulit, bahannya jatuh dan tidak kaku sehingga gampang dibentuk, bahannya menyerap keringat, dan tidak gampang kusut.

Kekurangannya adalah perlu ekstra lebih dalam perawatannya karena bahan gampang rusak apabila teknik pencuciannya tidak tepat. Khususnya apabila kelamaan direndam di dalam air yang telah diberi deterjen selama lebih dari sejam. Juga disarankan menggunakan pelembut pakaian agar bahan viscose tetap terjaga kecerahan warnanya dan kualitas bahannya.

3. Tie Rack


Tierack via bukalapak.com

Tie Rack sebenarnya adalah nama brand dari jilbab segi empat, tapi kerap kali di terjemahkan menjadi nama jenis salah satu model jilbab segiempat yang populer saat ini.

Bahan tierack memiliki karakteristik sejenis kain katun. Awalnya merupakan bahan shawl yang dipopulerkan oleh jilbab Marocco Umama. Bahan tierack lembut dan mudah dibentuk, kainnya lemas dan bahannya jatuh.

Biasanya dipinggir rawis pada pinggiran kainnya, tetapi ada juga yang tidak. Motifnya bermacam-macam dan ada juga seri yang polos.

Kekurangannya pada serat kainnya yang agak longgar sehingga kadang tertarik dan menimbulkan efek benang yang kusut.

4. Monokrom


Monokrom via hmnghm.blogpot.com

Motif monokrom merupakan motif yang sedang tren dari awal tahun 2016 hingga sekarang. Didominasi oleh:

  • Warna hitam dan putih
  • Dengan motif garis-garis
  • Motif silang
  • Motif zigzag
  • Dll

Jilbab segiempat monokrom biasanya terbuat dari bahan katun yang adem dan gampang menyerap keringat.

5. Shabby Chic


Shabbychic via bundaku.net

Motif shabby chic sangat digemari saat ini. Motif floral dengan warna warna pastel atau bold sangat pas bila dikenakan dengan busana gamis atau blus dengan warna polos atau “tabrak” dengan motif strip atau polkadot. Jilbab segiempat shabby chic biasanya terbuat dengan bahan katun atau serat katun silky.

Bagi anda yang ingin menggunakan jilbab simple tanpa menggunakan aksesoris tambahan maka jilbab ini sangat cocok untuk dijadikan pilihan. Terutama jika anda suka dengan pakaian atau baju yang polos maka jilbab ini sangat cocok sekali untuk anda gunakan.

Jilbab model ini bisa di gunakan untuk berbagai macam acara. Anda bisa menggunakan nya untuk acara formal atau nonformal. Bahkan ini bisa dijadikan salah satu jilbab yang faforit sekali. Sudah banyak yang menggunakan dan ini sangat recomendasi banget buat kalian yang tidak terlalu suka dengan yang ribet.

6. Hycon


Hycon via prelo.co.id

Bahan hycon saat ini banyak digunakan untuk bahan material jilbab segiempat. Bahannya disebut turunan dari kain sifon tetapi sedikit lebih tebal dan lebih lembut, dengan serat kain lebih rapat dan tidak licin. Bahannya jatuh dan tidak mengembang.

Jilbab yang memiliki beraneka ragam warna sehingga sangat memudahkan anda dalam memilih warna jilbab yang sesuai dengan pakaian atau baju yang akan anda gunakan nanti. Jilbab ini sangat cocok untuk di jadikan koleksi karena memiliki berbagai macam warna yang sangat cantik cantik.

Tetapi jika anda ingin menggunakan jilbab ini maka anda harus menyetrika nya terlebih dahulu karena jika tidak akan terlihat kusut dan sangat mengganggu penampilan anda di depan teman – teman anda.

7. Voile


Voile via sulastriayu.wordpress.com

Jilbab segiempat dengan bahan voile memiliki karakteristik yang hampir sama dengan bahan hycon akan tetapi lebih halus dan lembut, serat benangnya dengan twist berkisar 35 sampai 40 per inch.

Kelebihan jilbab jenis ini adalah :

  • Teksturnya yang ringan
  • Dapat menyerap keringat dengan baik
  • Sirkulasi udara ke kulit kepala juga lebih lancar.

Kekurangannya kain ini mudah robek dan sangat tidak disarankan menggunakan jarum pentul atau peniti terlalu banyak bila memakai jilbab ini karena kemungkinan terkoyaknya akan lebih besar.

8. Denim


Denim via nuranijilbab.com

Bahan denim memang ga pernah ketinggalan zaman dan selalu menjadi tren yang berulang tiap tahunnya. Begitujuga dengan jilbab segiempat dengan bahan denim dapat menjadi pilihan yang menarik bagi perempuan muslimah.

Karena selain berbusana dengan bahan denim juga dapat mengenakan jilbab dengan “looks” serupa. Jilbab model ini cocok dikenakan dalam suasana casual untuk mahasiswa, pelajar atau perempuan yang bekerja.

Ada yang pinggiran kainnya model rawis atau sudah dineci. Kelebihannya adalah bahannya adem, dan sedikit kaku tidak terlalu lemas, sehingga mudah dibentuk. Kekurangannya mungkin tidak tepat mengenakannya pada event yang formal.

9. Renda Tassel


Rendatassel via trendshijab.com

Tassel adalah aksesoris berbentuk lonceng dengan bagian kepala berbentuk bulat dan diikat tali atau benang. Biasanya untuk aplikasi korden. Dan saat ini banyak digunakan untuk aplikasi di pinggiran jilbab segiempat.

Tassel yang digunakan berwarna-warni atau polos warnanya. Kelebihannya jilbab model ini adalah bentuknya yang unik menyebabkan pemakainya akan lebih percaya diri, dan cocok untuk acara casual maupun formal.

Kekurangannya untuk sebagian orang, aplikasinya akan sedikit mengganggu, dan butuh ekstra perawatan dalam mencucinya agar tasselnya tidak mudah rusak. Karena kalau satu tasselnya sudah rusak akan mengganggu penampilan dan memberikan kesan tidak rapih. Bahan yang digunakan untuk jilbab segiempat renda tassel ini biasanya katun paris atau katun silky.

10. Burberry Silk


Burberrysilk via bukalapak.com

Jilbab segiempat ini menggunakan motif Burberry yang sudah terkenal itu. Perpaduan warnanya tidak hanya coklat muda dan coklat tua tapi warna-warna lainnya seperti merah marun dan biru.

Jilbab ini cocok sekali untuk di koleksi karena  memiliki berbagai macam warna dan memiliki tekstur warna yang sangat kalem. Sangat cocok di padukan dengan baju yang polos.

Bahan yang digunakan untuk jilbab segiempat ini biasanya dari katun atau katun paris. Kelebihannya jilbab motif ini adalah sangat pas untuk suasana casual, dan bahannya juga mudah dibentuk.

Kekurangannya mungkin sebagian orang tidak menyukai motif jenis ini. Semua tergantung selera pemakainya.

11. Tartan


Tartan via nairaolshop.net

Motif tartan biasanya dipakai pada pakaian nasional pria Skotlandia. Keunikan motifnya yang berupa perpaduan garis-garis vertikal dan horizontal yang saling bersilangan menjadi mendunia.

Salah satunya digunakan sebagai motif jilbab segiempat. Bahan yang digunakan beragam, mulai dari katun tebal, katun paris hingga sutra.

Jilbab ini hampir sama dengan penjelasan jilbab di atas, akan tetapi jilbab ini memiliki warna yang sedikit terang dan memiliki perpanduan dari beberapa warna. Jilbab seperti ini juga cocok untuk anda gunakan jika anda menggunakan baju yang polos tanpa motif. Jilbab ini juga bisa di gunakan untuk acara formal dan non formal.

12. Bordir


Birdir via id.carausell.com

Bordir adalah hiasan atau aplikasi yang dibuat di atas kain dengan motif yang beraneka ragam. Benang yang digunakan terbuat dari wol, sutra, linen, katun atau rayon.

Jilbab juga biasa dikasi aplikasi border, bisa di pinggiran atau di bagian tengahnya. Biasanya dipadupadankan dengan pemakaian monte, manik-manik atau ronce, dan ditambah pemakaian renda atau lace.

Kelebihan jilbab segiempat ini dapat digunakan untuk berbagai macam event, baik casual maupun formal. Kekurangannya harus lebih berhati-hati dalam perawatannya karena takut merusak aplikasi bordirnya.

13. Gradasi


Gradasi via tokopedia.com

Jilbab segi empat dengan motif ini menggunakan kombinasi dua atau lebih warna yang berbeda gradasinya. Biasanya merupakan perpaduan warna terang dan gelap atau warna pastel.

Sangat cantik digunakan untuk busana yang polos atau busana dengan warna yang hampir sama dengan warna jilbabnya. Kelebihan menggunakan jilbab segiempat gradasi ini adalah mudah dikombinasikan dengan busana warna apa saja khususnya warna yang senada dengan gradasi jilbab yang dikenakan.

Kekurangannya mungkin sebagian muslimah merasa tidak nyaman memakainya karena terkesan terlalu mencolok dan berlebihan.

14. Motif Bolak Balik


Motif via houseofkerudung.blogspot.com

Saat ini, jilbab segi empat ada yang memiliki motif yang berbeda di kedua sisinya. Atau yang satu bermotif tapi pada sisi lainnya polos.

Atau sama-sama polos di kedua sisinya akan tetapi dengan warna yang berbeda. Kelebihan jilbab segiempat dengan model ini adalah sangat praktis untuk traveling, karena tidak harus membawa banyak cadangan jilbab.

Jilbab ini juga memiliki kekurangan yaitu mudah kusut. Sehingga jika anda ingin menggunakan hijab ini anda harus menyetrikanya terlebih dahulu agar penampilan anda bisa maksimal. Jilbab ini sangat simple dan bisa menghemat keuangan anda karena dengan membeli satu jilbab, anda sudah mendapatkan dua warna dengan bahan dan bentuk yang sama.

15. Tie Dye


Tiedye via hijabyuk.com

Tye dye adalah motif kain yang didapat setelah melalui proses pencelupan kain yang telah diikat terlebih dahulu. Atau biasa dikenal dengan istilah jumputan.

Tye dye pada jilbab biasanya menggunakan warna-warna pastel seperti biru muda, hijau mint, merah muda, kuning dan sebagainya. Motif ini menjadi tren belakangan ini karena sangat unik dan cantik bila dipakai. Bisa digunakan untuk berbagai jenis event, baik formal maupun casual. Bahan yang digunakan biasanya terbuat dari katun paris atau katun biasa.

Demikianlah, jilbab segi empat yang sedang digemari bagi perempuan berjilbab. Banyaknya variasi membuat kosumen tidak perlu susah memikirkan jilbab jenis apa yang pantas digunakan.

Selain itu jilbab segi empat sangat mudah digunakan dan tidak sulit untuk dibentuk menjadi berbagai macam gaya. Selain itu harganya juga bervariasi tergantung jenis bahannya, sehingga terjangkau di berbagai kalangan. Semoga bermanfaat
Top