Jika Bisa Hidup Dengan Satu Ginjal, Mengapa Kita Memiliki Dua Ginjal Ternyata Ini Faktanya

Komentar

Sumber gambar tribunnews.com

Terkadang kita tidak pernah menyadarinya, Untuk apa memiliki dua ginjal jika satu saja cukup.

Dari penjelasan seorang dokter ini ternyata ada fakta yang tidak pernah di sangka-sangka.

Pernah mendengar atau mengetahui langsung jika seseorang dapat hidup meski hanya memiliki satu ginjal.


Bahkan ada yang sengaja menjual ginjalnya demi mendapatkan uang, lantas jika kita bisa hidup dengan satu ginjal, mengapa didalam tubuh kita terdapat dua ginjal ?

Sebelum kita membahas mengenai alasan mengapa didalam tubuh kita ada dua ginjal, sebaiknya kita kenali dulu manfaat ginjal itu sendiri didalam tubuh kita.

Manfaat Memiliki Dua Ginjal

Profesor AW Andrews dari Lake Erie College of Osteopathic menjelaskan  fungsi dari ginjal adalah mengendalikan cairan tubuh, mengendalikan tekanan darah, memproduksi glukosa atau gula darah, mengaktifkan vitamin D, serta memproduksi sel darah merah.

Ginjal juga melakukan proses penyaringan cairan tubuh, termasuk darah sehingga mampu mengendalikan jumlahnya, komposisinya, tingkat keasamannya, dan kondisi tekanan osmotiknya. Dari proses penyaringan ini, ginjal akan membuang kelebihan air, beberapa jenis elektrolit, nitrogen dan berbagai limbah melalui urine saat buang air kecil.

Baca juga:

  1. Masih Ingat Bu Dendy? Wanita yang Viral Lempari Uang Jutaan ke Sahabatnya yang Jadi Pelakor
  2. Viral Video Ceramah Ustadz Abdul Somad Soal Buaya Darat, Isi Ceramahnya Mengena Hotman Paris
  3. Ditanya Mengenai Ceramah Habib Bahar Bin Smith, Ustadz Abdul Somad Berikan Jawaban Seperti Ini

Alasan Mengapa Memiliki Dua Ginjal

Pakar kesehatan dr. Deepak Mital dari Advocate Christ Medical Center, Oak Lawn, Amerika Serikat menyebut manusia sebenarnya tidak benar-benar membutuhkan dua ginjal sekaligus di dalam tubuhnya. Bahkan, menurut dr. Deepak seperti yang dikutip dari doktersehat.com. keberadaan dua ginjal ini sebenarnya hanyalah cara tubuh untuk menyediakan “cadangan” jika salah satu ginjal mengalami kerusakan akibat penyakit, kecelakaan, atau cedera.

Faktanya Jika Memiliki Satu Ginjal

Jika seseorang terlahir hanya dengan satu ginjal atau kehilangan salah satu fungsi ginjalnya sejak lahir, maka ginjal yang aktif akan tumbuh dengan ukuran yang sama dengan dua ginjal sehingga bisa tetap berfungsi dengan normal.


Meskipun jika hanya memiliki satu ginjal saja dapat menopang kinerja organ didalam tubuh tentu kita tidak bisa menyepelekan dengan beranggapan memiliki satu ginjal saja cukup sebab kita tidak tahu kapan datangnya penyakit yang akan menyerang ginjal kita.

Jadi mencegah lebih baik daripada mengobati, semoga bermanfaat.
Top