Gempa Magnetudo 5,2 Guncang Gorontalo Pukul 02.27 WIB, Masyarakat Dihimbau Tetap Tenang

Penulis Cheryl mikayla | Ditayangkan 15 Dec 2018
Gempa Magnetudo 5,2 Guncang Gorontalo Pukul 02.27 WIB, Masyarakat Dihimbau Tetap Tenang
Gempa magnetudo 5,2 guncang Gorontalo pagi ini (twitter @BMKG)

Innalillahi wainna ilaihi roji'un...

Gempa kemabali mengguncang wilayah Indonesia pagi hari ini.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menghimbau masyarakat tetap tenang...

Gempa bumi tektonik mengguncang Kota Gorntalo, Sabtu (15/12/2018) pukul 03.27 WITA atau pukul 02.27 WIB.


Hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempa ini memiliki kekuatan 5,2 Magnitudo dengan episenter terletak di Teluk Tomini, 70 km arah selatan Kota Gorontalo pada kedalaman 152 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat aktivitas subduksi laut Sulawesi.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa di wilayah Teluk Tomini ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar naik (thrust fault),” kata Rahmat Triyono, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG dalam rilisnya.

Dampak gempa berdasarkan Peta Tingkat Guncangan (Shakemap BMKG) menunjukkan bahwa guncangan dirasakan di daerah Gorontalo dalam skala intensitas III-IV MMI, Sumalata II-III MMI, serta di Bolaang Mongondow Selatan I-II MMI.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami,” ujar Rahmat Triyono, seperti dikutip dari kompas.com.

Hingga pukul 04.15 Wita, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan (aftershock).

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," ujar Rahmat Triyono.

Kita doakan, semoga taidak ada korban dalam musibah gempa kali ini. Aamiin...
SHARE ARTIKEL