Kelebihan dan Kekurangan Gamis Berbahan Katun

Komentar

Gamis katun via irenegamis.com

Anda ingin membuat gamis katun? Apakah Anda sudah tahu apa saja kelebihan dan kekurangan kain katun? Jika belum, simak penjelasannya disini, sebelum Anda membuat gamis katun.

Membahas detil tentang bahan katun beserta jenis-jenisnya, kelebihan dan kekurangannya. Biasanya bahan ini dipakai untuk busana muslimah seperti baju gamis katun, baju kerja, rok, mukenah dll.

Tidak heran kain katun ini banyak digunakan sebagai kain bahan jilbab katun, gamis katun, dan baju panjang katun lainnya. Karena memiliki lebih banyak kelebihan daripada kekurangannya.

Oleh sebab itu, sebelum Anda membuat baju gamis katun lebih baik Anda mengetahui terlebih dahulu keleihan dan kekurangan serta jenis-jenis dari kain katun ini. Apa saja itu? Yuk simak penjelasannya dibawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan Kain Katun 

Sebelum kita membahas jenis kain katun yang dapat kita temukan dalam dunia fashion, mari kita ketahui lebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangan kain katun. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kain katun menjadi favorit karena keunggulannya.
  • Adapun keunggulan kain ini adalah dapat menyerap keringat, memiliki sirkulasi udara yang baik, tidak panas saat digunakan, serta mudah dibentuk dan dijahit. Selain kelebihan, ada pula kekurangan dari kain jenis ini.
  • Kekurangannya ada pada sifat kain. Beberapa jenis kain katun memiliki sifat kain yang kaku sehingga kurang luwes saat digunakan. Namun, kekakuan kain ini juga dapat menjadi kekuatan untuk baju dengan model tertentu.


Baju gamis via kaos-kerah.com

Jenis-Jenis Kain Katun

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ada banyak jenis kain katun yang dapat adan pilih sesuai dengan selera. Adapun jenis kain tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Kain katun rayon

Kain katun rayon merupakan salah satu jenis kain katun yang banyak digunakan oleh para hijabers. Hal ini karena kain katun ini memiliki tekstur yang jatuh dan ringan saat digunakan. Jika dipegang, Anda akan merasakan permukaan kain tersebut sangat halus dan ringan. Tidak heran kain ini banyak digunakan sebagai kain bahan jilbab, gamis, dan baju panjang lainnya.

2. Kain katun Bangkok

Kain katun ini seperti yang sudah dapat ditebak dari namanya adalah kain katun yang berasal dari bangkok. Ciri utama yang membedakan kain katun jenis ini adalah memiliki motif yang tidak biasa di Indonesia. Misalnya saja gambar gajah, istana Bangkok, dan berbagai motif lainnya yang berkaitan dengan Thailand.

3. Jenis kain katun sutra

Kain jenis ini adalah kombinasi antara kain katun dengan kain yang dibuat dari benang sutra. Jenis katun ini tentunya memiliki kualitas uang tinggi dan sangat lembut dan dingin ketika dipakai.

4. Katun satin Jepang

Kain katun yang berasal dari jepang ini memiliki tekstur yang mudah dijahit dan dibentuk karena tidak licin. Kain katun jepang menjadi salah satu kain favorit untuk membuat aneka pakaian wanita. Ada banyak pilihan motif yang dapat Anda pilih. Motif yang sedang tren saat ini adalah motif bunga yang memberikan kesan vintage.

Itu tadi kelebihan dan kekurangan serta jenis kain katun yang dapat kita temukan di berbagai jenis produk fashion. Penggunaan kain ini cukup luas mulai dari pakaian sehari-hari, hijab, dan berbagai model pakaian lainnya.

Menggunakan pakaian dengan bahan katun akan membuat Anda nyaman walaupun beraktivitas sehari-hari. Kain jenis ini cocok digunakan untuk pakaian dan hijab untuk kerja sehari-hari, dan cocok untuk Anda yang ingin memakai baju gamis katun. Semoga bermanfaat.
Top