Bacaan Doa Setelah Tahiyat Akhir, Sunnah Nabi yang Sering Dilupakan

Komentar

doa setelah tahiyat akhir via lifestyle.okezone.com

Ternyata Rasulullah SAW menganjurkan kita membaca doa setelah tahiyat akhir. Seperti apa doanya? Simak berikut ini!

Pada saat tasyahud akhir diharuskan membaca tahiyat akhir dan bershalawat kepada Nabi setelahnya. Kemudian dianjurkan membaca doa setelah tahiyat akhir dan shalawat, bahkan makruh meninggalkannya.

Berikut doa yang dibaca setelah membaca tasyahud akhir dan sebelum salam. Rasulullah صلى الله عليه و سلم menganjurkan kita untuk memperbanyak doa setelah tasyahud sebelum salam. Doa sebelum salam setelah tahiyat akhir dalam sholat sesuai dengan dalil yang ada dan dasar hukum mengamalkannya bacaan doa setelah tahiyat akhir.

Apakah Anda termasuk salah satu orang yang mengamalkan doa setelah tahiyat akhir sebelum salam ketika sholat?. Memang doa setelah tahiyat akhir ini tidak wajib dan juga bukan termasuk rukun shalat, namun banyak terdapat hadits yang menganjurkan kita untuk banyak berdoa setelah kita membaca tasyahud.

Maka dari itu, tidak ada salahnya jika kita membaca doa setelah tahiyat akhir sebelum salam. Banyak sekali doa-doa yang dapat kita amalkan setelah selesai membaca tasyahud akhir, seperti yang diriwayatkan dari beberapa hadits. Dan disini kami akan berbagi lafadz doa setelah tahiyat akhir, sebagaimana yang biasa kami amalkan atau kami baca sebelum salam.

لا تقولوا السلامُ على اللهِ فإنّ اللهَ هو السلامُ ولكن إذا جلس أحدُكم فليقُلْ التحيات للهِ والصلواتُ والطيباتُ السلامُ عليك أيها النبي ورحمةُ اللهِ وبركاتُه السلامُ علينا وعلى عبادِ اللهِ الصالحينَ فإنكم إذا قلتُم ذلك أصاب كل عبدٍ صالحٍ في السماءِ والأرضِ أو بين السماءِ والأرضِ أشهد أن لا إله إلا اللهُ وأشهد أن محمدًا عبدُه ورسولُه ثم لِيتخيرْ أحدُكم من الدعاءِ أعجبَه إليه فيدعو بهِ

Artinya : Janganlah kalian mengucap: 'assalaamu alaLLaah' (keselamatan bagi allah), karena Allah adalah as-Salaam. Jika kalian duduk [posisi tasyahud], maka berkatalah: 'at-Tahiyaatu lillaah, wash-Shalaatutuh thayyibaat, assalaamu 'alayka ayyuhannabiy warahmatullaahi wabarakaatuh, assalaamu 'alayna wa 'ala ibaadillaahish shaalihiin’. Jika kalian telah mengucapkan demikian, maka doa tersebut akan meliputi semua hamba yang shalih di langit dan di bumi, ataupun di antara keduanya. dan ucapkanlah juga 'asyhadu an laa ilaaha illaLLaah wa asyhadu anna muhammadan 'abduhu wa rasuuluh’. lalu dia memilih doa yang disukai lalu berdoa dengan doa yang disukainya tersebut." Hadist Riwayat: ahmad, abu Daud, al-Bukhari

Dalam riwayat lain juga disebutkan bahwa rosullullah shallallahu'alaihi wasallam bersabda :

ذَا صَلى أَحَدُكُمْ فَلْيَبْدَأْ بِتَحْمِيدِ اللهِ وَالثنَاءِ عَلَيْهِ ثُم لْيُصَلِّ عَلَى النبِيِّ صَلى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلمَ ثُم لْيَدْعُ بَعْدُ بِمَا شَاءَ 

Artinya : Bila salah satu di antara kalian sedang sholat hendaklah ia memulai dengan memuji Allah Ta'ala, Lalu bershalawat kepada nabi muhammad shallallahu'alihi wasallam kemudian dia berdoa dengan doa yang diinginkannya". Hadist Riwayat : Tirmidzi

Dari dua dalil diatas kita bisa menyimpulkan bahwsaannya kita di perbolehkan untuk membaca doa pada saat sholat atau tepatnya saat sebelum salam setelah tahiyat akhir. Adapun doa doa yang bisa di baca adalah sebagai berikut.

Baca Juga : Doa Meminta Keturunan dari Para Nabi Serta Al-Quran Insyaallah Mustajab

Doa Setelah Tahiyat Akhir Sebelum Salam 

Doa setelah tahiyat akhir merupakan salah satu sunnah dari beberapa bacaan bacaan sholat. Adapun doa yang umum di temukan di buku buku atau kitab sifat sholat nabi adalah sebagai berikut :

Doa Setelah Tahiyat Akhir 1

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِجَهَنَّمَ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيْحِ الدَّجَّالِ 

" ALLAHUMMA INNI 'AUDHUBIKAN MIN ADZABIL QUBRI WAMIN ADZABINNAAR WAMIN ADZABI JAHAANAM, WAMIN FITNATILMAHYA WAL MAMATI WAMIN FITNATILMASIIHIDDAJJAL "

Artinya : " Ya Rabb, aku berlindung pada-Mu dari siksa kubur dan dari siksa api neraka dan dari fitnah hidup dan fitnah setelah mati [kematian], dan dari fitnah Dajjal ." Hadist Riwayat Bukhaariy Muslim

Doa Setelah Tahiyat Akhir 2

Doa setelah tahiyat akhir yang kedua ini berasal dari Hadist Riwayat Ahmad, Abu Daud, an-Nasai, dan dishahihkan oleh syekh al-Albani, bahwas ada seorang lelaki yang dalam keadaan sholat lalu dia membaca doa setelah selesai tasyahud akhir, dia berdoa :

اللَّهمَّ إنِّي أسألُكَ يا اللَّهُ بأنَّكَ الواحدُ الأحدُ الصَّمدُ، الَّذي لم يَلِدْ ولم يولَدْ ولم يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ، أن تغفِرَ لي ذُنوبي، إنَّكَ أنتَ الغَفورُ الرَّحيم 

" ALLHUMMA INNI AS ALUKA YAA ALLAHU BIANNAKAL WAAHIDUL AHADUSAMADU, ALLADHI LAM YALID WA LAM YULAD WALAM YAKULLAHU KUFUWANAHADU, ANTAGHFIRLI DZUNUBII, INNAKA ANTAL GHOFURUURAHIIM "

Artinya : " Ya Allah, Sungguh hamba mohon pada-Mu ya Allah, Yang Maha Esa [tunggal] tempat bergantung seluruh makhluk [hidup maupun mati], Yang tak beranak, dan tidak pula diperanakkan, dan tiada yang sebanding dengan-Nya, agar engkau mengampuni dosa-dosaku. Sungguh Engkaulah yang Maha Pengampun dan yang Maha Penyayang "

Doa Setelah Tahiyat Akhir 3

Doa setelah tahiyat akhir berikut ini adalah doa yang sering kita dengar, dan juga doa setelah tahiyat akhir ini merupakan doa yang sering diucapkan oleh rosullullah shallallahu'alaihi wasallam. Berikut ini kalimat doa nya.

يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِى عَلَى دِينِكَ 

" YAA MUKOLLIBAL KULUB, TSABIT KOLBI 'ALADIINIK "

Artinya : " Ya Allah yang maha membolak balikkan hati, kuatkanlah hati hamba di atas agama islam. "
Baca Juga : Doa Sesudah Sholat Fardhu Berjamaah Maupun Sholat Munfarid

Itulah Bacaan doa setelah tahiyat akhir sebelum Salam yang dapat kami share, sebagaimana yang biasa kami amalkan saat shalat, tepatnya sesudah membaca tasyahud akhir dan/atau sebelum salam.
Top