Doa Selamat Dunia Akhirat yang Sering Diucapkan Rasulullah

Komentar

doa selamat via youtube.com

Doa selamat dunia akhirat yang diajarkan oleh Nabi Muhammad saw yang dijamin mujarab. Inilah doanya.

Berikut ini adalah DOA SELAMAT, Doa memohon keselamatan di dunia dan di akhirat, Doa yang mustajab, Doa yang di ajarkan oleh rasulullah saw.

Keselamatan baik di dunia maupun di akhirat semuanya adalah milik Allah, tak ada sesuatupun yang dapat menolak karena semua yang ada di alam semesta berjalan atas kehendak-Nya.

Ada banyak bacaan kumpulan doa selamat yang biasa kita amalkan setiap hari, misal setelah melaksanakan ibadah sholat dan biasanya doa selamat dunia akhirat yang ada berikut ini dibacakan di penghujung doa.

Doa selamat ini diambil dari doa-doa yang ada di dalam Al Qur'an, hadits dan ulama.

Doa selamat yang akan kami share dibawah ini merupakan kumpulan doa doa selamat yang biasanya dibaca disetiap akhir doa, seperti Doa Selamat Dunia Akhirat dan berbagai Doa Selamat lainnya.

Anda dapat menambahkan Doa doa selamat ini disetiap penghujung doa. Misalnya Doa setelah Shalat Fardhu 5 Waktu, Doa setelah Sholat Hajat, dan Doa-doa setelah sholat lainnya.

Dan berikut adalah kumpulan doa doa selamat dalam bahasa arab, tulisan latin lengkap dengan terjemahannya.Silakan Anda pelajarai dan hafalkan, karena doa ini sangat bagus sekali dan hampir setiap waktu mayoritas orang muslim memanjatkan doa selamat ini.

Baca Juga : Doa Setelah Sholat Wajib yang Singkat Tapi InsyaAllah Ilmu dan Rezeki Barokah

Doa Selamat Dunia Akhirat

Walaupun sekali, tentunya anda pernah mendengar yang disebut dengan Doa Sapu Jagad. Disebut dengan sapu jagad karena meskipun pendek, doa tersebut sangatlah dahsyat. Dalam sebuah hadits diriwayatkan;

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau berkata;

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَسْتَحِبُّ الْجَوَامِعَ مِنْ الدُّعَاءِ وَيَدَعُ مَا سِوَى ذَلِكَ 

Artinya: Rasulullah SAW menyukai doa-doa yang singkat padat dan meninggalkan selain itu. (HR. Abu Daud:1482)

Dalam hadits lain dijelaskan, Dari Anas bin Malik, beliau mengatakan;

كَانَ أكثرُ دعاءِ النبيّ – صلى الله عليه وسلم – : (( اللَّهُمَّ آتِنَا في الدُّنْيَا حَسَنَةً ، وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً ، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ )) متفقٌ عَلَيْهِ 

Artinya: Doa yang lebih sering diucapkan Rasulullah SAW adalah Allahumma aatinaa fid-dunyaa hasanah, wa fil-akhirati hasanah, wa qinaa 'adzaban-naar (Ya Allah, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari adzab neraka). (Muttafaqun 'alaih)

Sudah dijelaskan bahwa Rasulullah menyukai doa yang singkat seperti diatas. Dapat disimpulkan doa sapu jagad (bacaan doa selamat dunia akhirat) yaitu:

رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ 
Robbana aatinaa fid-dunyaa hasanah, wa fil-akhirati hasanah, wa qinaa 'adzaban-naar

Artinya : Ya Allah ya Tuhan Kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka (adzab neraka).

Selain doa selamat pendek diatas, ada juga doa selamat panjang yang sering diucapkan baik setelah selesai sholat maupun dalam sebuah majelis. berikut doanya;

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِى سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ رَبَّنَا لاَتُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ اِذْهَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً اِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ 

ALLOOHUMMA INNAA NAS-ALUKA SALAAMATAN FID DIINI WA 'AAFIYATAN FIL JASADI WA ZIYAADATAN FIL 'ILMI WA BAROKATAN FIR RIZQI WA TAUBATAN QOBLAL MAUTI WA ROHMATAN 'INDAL MAUTI WA MAGHFIROTAN BA'DAL MAUT. ALLOOHUMMA HAWWIN 'ALAINAA FII SAKARAATIL MAUTI WANNAJAATA MINAN NAARI WAL 'AFWA 'INDAL HISAAB. RABBANAA LAA TUZIGH QULUUBANAA BA'DA IDZ HADAITANAA WAHAB LANAA MIL LADUNKA RAHMA, INNAKA ANTAL WAHHAAB. RABBANAA AATINAA FIDDUNNYAA HASANAH, WA FIL AAKHIRATI HASANAH, WAQINAA ‘ADZAA BAN NAAR.

Artinya: Ya Allah sesungguhnya kami memohon kepadamu keselamatan dalam agama, kesehatan dalam tubuh, bertambah dalam ilmu, dan keberkahan rizki, taubat sebelum mati, mendapat rahmat sebelum mati, dan mendapat pengampunan sesudah mati, Ya Allah ringankanlah saya dari sakaratul maut, lepaskan dari api neraka, Dan mendapat maaf ketika dihisab, Ya allah janganlah engkau goyahkan kami ketika kami sudah mendapat petunjuk, beri kami rahmatmu yang maha pengasih. Ya allah berikan hamba kebaikan didunia dan di akhirat, dan jauhkanlah kami dari api neraka

Baca Juga : Kandungan Doa Dalam Surah Al Insyirah, yang Jauh Jadi Dekat, yang Sulit Jadi Mudah

Itulah kumpulan Doa doa Selamat Lengkap dalam bahasa arab, tulisan latin dan terjemahannya yang dapat Anda panjatkan disetiap waktu dan/atau minimal setelah sholat. Semoga kita semua diberi kesalaman baik di dunia maupun di akhirat. Amin.
Top