Bacaan Doa Penutup Majelis yang Singkat dan Mudah Dihafal

Komentar

Penutup majelis via islamkafah.com

"Subhanaka Allahuma wabihamdika asyhadu alla", itu merupakan salah satu doa penutup majelis. Ada doa penutup majelis lagi yang disunnahkan Rasulullah ketika hendak menutup majelis. Bagaimana doa penutup majelis tersebut? Simak selengkapnya disini.

Setelah kita mendengarkan majelis kemudian akan membaca doa penutup majelis terlebih dahulu sebelum diakhiri dengan ucapan salam juga. Inilah doa penutup majelis atau doa kuffaratul majelis yang sesuai sunnah Rasululloh lengkap dengan latin, arab, dan artinya.

Bacaan Doa Penutup Majelis Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Doa Kaffaratul Majelis atau sering juga disebut Doa Penutup Majlis merupakan doa yang dibaca ketika kita atau suatu kelompok berada di majlis dan hendak beranjak atau meninggalkannya.

Salah satu alasan kenapa dianjurkan membaca doa penutup majelis atau doa kafaratul majlis yaitu dikhawatirkannya para jama'ah majelis telah berbuat atau berkata dengan perkataan yang tidak berguna, dan dengan membaca lafadz doa penutup majelis inilah mudah-mudahan Allah SWT menghapus segala kesalahan dan/atau semua hal yang tidak berguna selama dalam masjelis tersebut.

Dalam sebuah riwayat disebutkan, Abu Hurairah R.A berkata; bahwasanya Rasulullah saw bersabda yang artinya :

"Barangsiapa yang berada pada suatu majlis, kemudian pada majlis tersebut tedapat banyak perkataan yang tidak berguna, lalu sebelum beranjak meninggalkan majlis, mengatakan hal yang ini (Kaffaratul Majlis) , 'Mahasuci Engkau ya Allah dan segala puji bagi-Mu, aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau,,aku memohon ampun pada-Mu.' Kecuali telah diampuni baginya apa yang ada pada majlis tersebut." (HR. Tirmidzi).

Dan berikut adalah lafadz bacaan doanya secara lengkap bahasa arab, tulisan latin dan terjemahannya.

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

SUBHAANAKALLAAHUMMA WABIHAMDIKA ASYHADU AL-LAA ILAAHA ILLA ANTA ASTAGHFIRUKA WA-ATUUBU ILAIKA

Artinya :
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada tiada Tuhan melainkan Engkau, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.” (HR. Tirmidzi, Shahih)

Itulah lafadz doa kaffaratul majelis atau doa penutup majelis yang dapat kita amalkan ketika hendak meninggalkan suatu majelis, yang mana keutamaan dari doa tersebut yaitu sebagai penebus dosa dalam majelis.

Rasulullah SAW bersabda;

عَنْ أَبِى بَرْزَةَ الأَسْلَمِىِّ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَقُولُ بِأَخَرَةٍ إِذَا أَرَادَ أَنْ يَقُومَ مِنَ الْمَجْلِسِ سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ. فَقَالَ رَجُلٌ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّكَ لَتَقُولُ قَوْلاً مَا كُنْتَ تَقُولُهُ فِيمَا مَضَى. قَالَ كَفَّارَةٌ لِمَا يَكُونُ فِى الْمَجْلِسِ

Artinya :
Dari Abu Barzah Al-Aslami radhiyallahu ’anhu ia berkata: “Jika Rasulullah SAW hendak bangun dari suatu majelis beliau membaca: Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika. Seorang sahabat berkata: “Ya Rasulullah, engkau telah membaca bacaan yang dahulu tidak biasa engkau baca?” Beliau menjawab: “Itu sebagai penebus dosa yang terjadi dalam sebuah majelis.” (HR Abu Dawud)

Mudah-mudahan dengan mengamalkan doa penutup majelis tersebut diatas, Allah SWT mengampuni segala dosa-dosa kita semua para jama'ah majelis serta menjadikan pertemuan kita di majelis tersebut membawa keberkahan. Amin, semoga bermanfaat.
Top