Cari Tahu Dulu Faktanya! Amankah Minyak Kemiri Untuk Rambut Bayi?

Komentar

Minyak kemiri untuk menumbuhkan rambut bayi (Aulia Dian Permata/intisari.grid.id)
Rupanya, banyak orang yang percaya bahwa minyak kemiri berkhasiat untuk mempercepat tumbuh rambut bayi.

Banyak sekali ibu-ibu muda yang rutin mengoles minyak kemiri pada kepala dan alis bayi mereka.

Lantas amankah hal tersebut? Yuk bun simak faktanya...

Apakah minyak kemiri bisa digunakan untuk penumbuh rambut bayi? Amankah minyak kemiri untuk kepala bayi?

Dikutip wajibbaca dari Alodokter.com, dr. Nadia Nurotul Fuadah mengatakan, Pertumbuhan rambut bayi dipengaruhi oleh beragam faktor, terutama genetik (keturunan) dan asupan gizi.

Tidak hanya itu, perawatan kulit kepala yang tidak tepat, dan beberapa jenis penyakit, seperti kelainan kelenjar tiroid, infeksi jamur kepala, riwayat cidera di kulit kepala, dan sebagainya juga bisa mempengaruhi pertumbuhan rambut bayi.


Banyak sumber menyebutkan bahwa minyak kemiri bisa membantu meningkatkan pertumbuhan rambut, termasuk pada bayi.

Hal ini memang tidak sepenuhnya salah. Banyak studi telah membuktikan bahwa minyak kemiri (Aleurites moluccana) mengandung banyak protein dan mineral yang sangat baik fungsinya untuk meningkatkan pertumbuhan rambut baru sekaligus mencegah kerontokan.

Namun, agaknya, Anda perlu berhati-hari menggunakan minyak kemiri ini. Karena, kulit bayi masih sangatlah sensitif, sehingga kontak dengan substansi yang ringan sekalipun bisa menyebabkan kulitnya meradang.

Terlebih bila minyak kemiri yang Anda gunakan tidak Anda olah sendiri sehingga tidak diketahui dengan jelas apa saja penyusun minyak kemiri tersebut.

Peradangan pada kulit kepala bayi akibat penggunaan minyak kemiri yang tidak tepat bisa mengakibatkan kulit kepala memerah, gatal, perih, bengkak, mengelupas, berair, dan muncul beragam keluhan lainnya. Kondisi ini tentu bisa memperburuk pertumbuhan rambut bayi Anda nantinya.

Baca Juga:

Sebab itu, dr. Nadia menyarankan Anda tidak sembarangan menggunakan minyak kemiri untuk merangsang pertumbuhan rambut bayi yang masih berusia kurang dari 1 tahun.

Konsultasikan dulu hal tersebut ke dokter spesialis anak yang memeriksa bayi Anda secara langsung agar dievaluasi, apakah aman atau tidak bagi Anda melakukan tindakan tersebut.

"Untuk membantu melebatkan petrumbuhan rambut bayi, sebaiknya Anda beri bayi Anda ASI yang cukup guna menunjang kebutuhan gizinya, termasuk gizi yang berperan penting dalam meregulasi pertumbuhan rambut. Hindari penggunaan tutup kepala yang kotor. Gunakan produk perawatan kulit kepala khusus bayi yang aman, termasuk shampo dan minyak rambutnya", tutup dokter Nadia dalam tulisannya.

Nah, memiliki bayi dengan rambut tebal tentu terlihat lucu. Namun jangan pernah asal, meskipun merupakan bahan alami, kita tetap mesti berhati-hati.

Demikian, jangan lupa bagikan artikel ini pada bunda lain jika Anda rasa bermanfaat.
Top