5 Cara Menghilangkan Keputihan dan Tanda-Tandanya yang Wajib di Waspadai

Komentar

cara menghilangkan keputihan via waktuku.com

Tidak sedikit perempuan yang mengalami keputihan. Hal ini membuat beberapa dari mereka khawatir. Lantas, bagaimana cara menghilangkan keputihan?

Banyak wanita yang bingung bagaimana cara menghilangkan keputihan yang tepat. Sebab, meski sebenarnya sebagian besar keputihan adalah hal yang normal, namun kondisi ini sering membuat tidak nyaman dan resah, apalagi bila keputihan terjadi berulang.

Mengalami keputihan terus-menerus, bisa menyebabkan miss V menjadi gatal-gatal dan bau memang sangat menjengkelkan.

Keputihan bisa mengurangi rasa percaya diri, sebab terus menerus merasa nggak nyaman dan takut jika orang lain tahu bahwa Anda bau.

Resah dengan keputihan Anda? Ada cara mudah dan murah sebagai pertolongan pertama mengatasi keputihan yang tidak normal yakni dengan cara menghilangkan keputihan secara alami.

Baca Juga : Perbedaan Keputihan Tanda Hamil dengan Keputihan Karena Penyakit

Tanda-Tanda Keputihan Berbahaya yang Sering Disepelekan

ilustrasi tanda keputihan via grid.id

Keputihan memang hal lumrah yang dirasakan oleh semua kaum hawa. Namun jika keputihan terus-menerus dan menyebabkan miss V gatal-gatal dan bau memang nggak banget.

Hal ini dapat menyebabkan rasa percaya diri Anda berkurang karena terus merasa nggak nyaman dan takut orang tahu bahwa Anda bau. Nah jika ternyata keputihan Anda berbau, bisa jadi itu tanda bahwa keputihan Anda tidak normal. Tentu saja Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter terkait hal ini.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, berikut beberapa tanda-tanda keputihan tidak normal yang harus diperhatikan:

1. Berbau

Umumnya, keputihan yang normal tidaklah bau. Ketika keputihan Anda berbau bahkan menyengat dan hampir dikatakan seperti bau busuk, maka bisa jadi ada kuman yang bersarang dan berkembang biak di miss V Anda.

2. Berwarna

Ketika normal, warna keputihan adalah bening dan transparan. Jika berwarna putih susu masih tidak apa-apa. Namun jika sudah hijau pekat, kuning, atau bahkan disertai dengan darah, ini masuk dalam kategori keputihan yang tidak normal.

3. Menimbulkan gatal

Area V Anda gatal dan ketika mengalami keputihan? Ini juga merupakan salah satu ciri miss V dalam masalah.

4. Nyeri ketika kencing

Nyeri ketika kencing merupakan tanda bahaya ketika Anda sedang mengalami keputihan. Ini tanda bahwa kuman sudah sampai di kandung kemih Anda.

Jika hal-hal tersebut terjadi, jangan anggap remeh keputihan yang Anda alami. Segera tindak lanjuti dengan berkonsultasi pada dokter. Namun acap kali, wanita Indonesia masih malu jika harus pergi ke dokter kelamin. Lagi, Anda harus segera menemuka solusinya agar keputihan tak normal ini segera teratasi.

Anda bingung bagaimana harus mengatasinya? Ada cara mudah dan murah sebagai pertolongan pertama mengatasi keputihan yang tidak normal yakni dengan cara menghilangkan keputihan secara alami. Nyatanya, alam telah menyediakan tanaman yang berguna sebagai cara menghilangkan keputihan secara alami. Langsung saja simak di bawah ini.

5 Cara menghilangkan keputihan secara alami, tradisional, dan cepat pada wanita

Mengalami keputihan tentu tidak menyenangkan, apalagi jika terjadi dalam jangka waktu yang panjang. Selain membuat kepercayaan diri menurun, keputihan pun bisa berbahaya, khususnya jika disebabkan oleh penyakit.

Karena itu, perlu dilakukan pengobatan yang tepat untuk penyakit yang satu ini. Nggak perlu langsung panik, ada 5 cara menghilangkan keputihan dengan cepat dan alami yang bisa kamu coba.

1. Kunyit


ilustrasi kunyit via khasiat.co.id

Kandungan zat anti-bakteri pada kunyit dapat membantu menghilangkan keputihan membandel pada miss V. Anda hanya perlu meminum air perasan kunyit yang telah diparut setiap hari. Lebih jelasnya seperti ini:
  • Kuliti dan bersihkan 2 buah kunyit
  • Parut kunyit
  • Peras sarinya dengan menambahkan air
  • Tambahkan 1 sdm madu
  • Minum 2 kali dalam sehari. Rutin minum perasan kunyit setiap hari agar keputihan segera teratasi.

2. Biji fenugreek

Biji fenugreek mungkin masih terdengar asing di telinga Anda. Biji fenugreek berasal dari tanaman dengan nama yang sama yaitu fenugreek atau bisa juga disebut dengan klabet. Biji fenugreek dapat membantu meningkatan jumlah pH pada miss V Anda.

Caranya adalah dengan merendam 1 sdm biji fenugreek dalam air hangat seharian penuh. Lalu saring airnya kemudian minum. Minum air biji fenugreek secara rutin setiap hari setiap sebelum sarapan.

3. Bawang putih

ilustrasi bawang putih via butonpos.fajar.co.id

Bawang putih merupakan resep herbal turun temurun dikarenakan zat-zat yang mengandung sifat antibakteri dan antijamur. Mengkonsumsi bawang putih secara rutin bahkan dapat menghambat bakteri masuk pada area kewanitaan Anda.

Anda bisa mengkonsumsi bawang putih dengan cara apapun asalkan rutin dan teratur. Begitulah cara menghilangkan keputihan dengan bawang putih.

4. Daun Sirih

Cara menghilangkan keputihan dengan daun sirih juga sudah terkenal. Buktinya adalah dengan banyaknya produk pembersih miss V yang menggunakan ekstrak sirih. Zat dalam daun sirih juga bersifat sebagai antibakteri dan antijamur.

Caranya pun mudah. Anda hanya perlu merebus beberapa lembar daun sirih dengan 2 gelas air. Tunggu hingga air hanya tinggal setelah. Minum air rebusan daun sirih setiap hari.

5. Daun sambiloto

ilustrasi daun sambiloto via herbalogi.com

Daun sambiloto juga dapat menjadi cara menghilangkan keputihan secara alami. Caranya sama dengan mengkonsumsi daun sirih. Yaitu dengan merebus daun sambiloto dengan air lalu meminumnya.

Baca Juga : Apa Penyebab Keputihan yang Sering Dialami Wanita? Yuk Simak Penjelasannya

Setelah mengetahui tanda-tanda dan cara menghilangkan keputihan di atas. Jika Anda mengalami keputihan yang tak kunjung selesai, segeralah konsultasikan ke dokter. Makin cepat ditangani, masalah kesehatan yang ada akan makin mudah diobati.  Semoga bermanfaat.
Top