Cara Menggunakan Mesin Cuci Manual Ataupun Otomatis

Komentar

cara menggunakan mesin cuci via orami.co.id

Ketika putra-putri Ibu sudah mulai memasuki masa remaja, tentu Ibu ingin mereka semakin mandiri. Tujuannya bukan hanya untuk membantu di rumah, melainkan juga sebagai bekal mereka sendiri ketika menjalani kehidupan sebagai orang dewasa nanti.

Salah satu tugas yang paling masuk akal untuk diserahkan kepada anak remaja adalah mencuci pakaian mereka sendiri.

Peran Ibu akan sangat berarti dalam mengajari mereka cara menggunakan mesin cuci. Cara menggunakan mesin cuci perlu mereka ketahui agar hasil cucian mereka bersih.

Petunjuk cara menggunakan mesin cuci  juga perlu mereka ketahui supaya mereka paham fungsi masing-masing tombol pada mesin cuci.

Mesin cuci ada untuk memudahkan proses pencucian baju. Sebelum ada mesin cuci, kegiatan mencuci baju bisa menjadi sangat melelahkan karena kita harus mengucek, membilas, dan memeras pakaian. Akan tetapi, mesin cuci sanggup melakukan tugas-tugas tersebut secara otomatis.

Sembari menunggu mesin cuci Anda mengerjakan tugas-tugas itu, Anda bisa melakukan pekerjaan rumah lainnya. Singkatnya, keberadaan mesin cuci memang sangat membantu kita untuk membersihkan pakaian sehari-hari.

Cara menggunakan mesin cuci  umumnya sangat mudah, tetapi tidak semua orang mengetahui cara menggunakan mesin cuci yang benar. Maka dari itu jika bunda ingin mengajarkan kemandirian kepada anak untuk dapat mencuci menggunakan mesin cuci ikuti petunjuk cara menggunakan mesin cuci berikut ini serta ajarkan panjan dasar mencuci menggunakan deterjen dan mesin cuci.

Mengajarkan Panduan Dasar Sesuai Petunjuk Pemakaian Mesin Cuci dan Deterjen

Beberapa hal yang penting Ibu tekankan sejak awal sebelum proses cuci-mencuci dimulai adalah sebagai berikut:
  • Cucian putih seharusnya dipisahkan dari yang berwarna, terutama kain yang mudah luntur.
  • Petunjuk perawatan yang tertera pada setiap label pakaian perlu dibaca dan diikuti untuk mencegah kerusakan dan menjaga keawetan pakaian. Ibu bisa menjelaskan arti setiap simbol perawatan pakaian.
  • Baca label pada kemasan deterjen untuk mengetahui takaran yang sesuai dengan jumlah cucian. Pemakaian deterjen yang melebihi takaran tidak berarti membuat cucian lebih bersih karena takaran yang dianjurkan sudah diperhitungkan agar optimal.
  • Menjejali tabung mesin cuci dengan terlalu banyak pakaian hanya akan mengakibatkan hasil cucian kurang optimal. Minta anak-anak remaja Ibu mengikuti petunjuk menggunakan mesin cuci pada buku panduan untuk mengetahui kapasitas optimal mesin cuci Ibu.

Mengajarkan Cara Menggunakan Mesin Cuci

Cara paling mudah untuk mengajari anak-anak remaja cara menggunakan mesin cuci adalah dengan mempraktikkannya langkah demi langkah di hadapan mereka. Untuk mempermudah Ibu melakukan hal ini, berikut ini kami sajikan langkah-langkah menggunakan mesin cuci yang bisa Ibu jadikan pedoman.

Cara Menggunakan Mesin Cuci Otomatis

mesin cuci otomatis via bacaterus.com

Jika ini adalah pengalaman pertama mereka mencuci dengan mesin cuci, Anda bisa mengikuti panduan cara menggunakan mesin cuci  berikut ini. Pertama-tama, kami akan memberikan panduan cara menggunakan mesin cuci otomatis yang dapat anda ajakan kepada anak anda.

Berikut langkah-langkahnya:
  1. Lakukan instalasi mesin cuci agar tersambung dengan sumber air untuk mencuci. Anda bisa menghubungkan mesin cuci dengan keran atau pompa air terdekat. Mesin cuci otomatis umumnya mampu mengisi air sendiri secara otomatis
  2. Masukkan pakaian kotor ke dalam mesin cuci
  3. Tuangkan deterjen khusus untuk mesin cuci. Sesuaikan jenis deterjen dengan mesin cuci yang Anda gunakan, entah itu top load maupun front load
  4. Tutup pintu mesin cuci dan nyalakan tombol “Start”, lalu pilih siklus pencucian sesuai dengan jenis pakaian yang dicuci
  5. Tunggu sampai mesin cuci menyelesaikan siklus pencucian, pembilasan, dan pengeringan
  6. Keluarkan pakaian dari mesin cuci, lalu jemur kembali pakaian di tempat yang berangin

Cara Menggunakan Mesin Cuci Manual

mesin cuci manual via bacaterus.com

Mesin cuci otomatis memang banyak meringankan pekerjaan, namun karena beberapa alasan, masih banyak orang yang lebih suka menggunakan mesin cuci manual. Nah, jika Anda termasuk salah satu di antaranya, berikut adalah langkah-langkah dalam menggunakan mesin cuci manual:
  1. Lakukan instalasi agar mesin cuci tersambung dengan sumber air untuk mesin cuci. Hubungkan dengan keran atau pompa air terdekat. Apabila tidak ada sambungan air, Anda bisa mengisi mesin cuci ini secara manual degan menuang air dari ember
  2. Masukkan pakaian kotor ke dalam mesin cuci
  3. Tambahkan deterjen khusus untuk mesin cuci. Pada umumnya, mesin cuci manual adalah mesin cuci 2 tabung dengan bukaan atas, maka dari itu pilih deterjen khusus untuk mesin cuci top load
  4. Tutup pintu mesin cuci dan nyalakan tombol untuk mencuci. Pilih siklus mencuci sesuai dengan kebutuhan Anda
  5. Setelah siklus pencucian selesai, buang air di mesin cuci dengan menekan tombol pembuangan air. Pastikan selang pembuangan sudah berada di dekat lubang pembuangan air
  6. Isi kembali mesin cuci dengan air, lalu jalankan siklus pencucian untuk membilas residu deterjen
  7. Setelah itu, pindahkan pakaian dari tabung pencucian ke dalam tabung pengeringan, lalu jalankan siklus pengeringan pakaian
  8. Apabila siklus pengeringan telah selesai, angkat pakaian dan jemur di tempat yang berangin

Petunjuk cara menggunakan mesin cuci ini umumnya ada di dalam katalog yang terlampir ketika Anda membeli mesin cuci baru. Bahkan, jika Anda membeli mesin cuci otomatis dengan teknologi mutakhir, Anda akan menemukan katalog berisi panduan tombol-tombol penting yang terdapat pada mesin cuci.

Nah, itulah cara menggunakan mesin cuci bagi bunda yang akan mengajarkan cara menggunakan mesin cuci  kepada anak. Dengan menggunakan mesin cuci, Anda bisa mencuci pakaian dengan lebih mudah dan hemat waktu. Biarkan mesin cuci yang mengerjakan tugas mencuci pakaian, sedangkan Anda dapat mengerjakan pekerjaan rumah yang lain.
Top