Bukti Kekejian ISIS, Ditemukan 7 Kuburan Massal Mengerikan di Bekas Wilayah Mereka di Suriah

Komentar

Sebanyak tujuh kuburan massal korban keganasan ISIS ditemukan di dekat Abu Kemal, bekas markas ISIS di Suriah timur. Foto/Istimewa

Ngeri...

Ratusan jenazah yang tak teridentifikasi ditemukan di bekas wilayah kekuasaan kelompok ISIS di Suriah. Media pemerintah Suriah menyebut jasad-jasad itu tampaknya merupakan "korban penyiksaan".

Berikut penampakannya...

Kantor berita Suriah, SANA melaporkan, setelah melakukan penggalian di tujuh kuburan massal dekat Albu Kamal di bagian timur Suriah, sejauh ini petugas Bulan Sabit Merah telah menemukan lebih dari 100 jenazah.

Sebagian besar dari jasad-jasad itu tampaknya "telah mengalami penyiksaan dan penganiayaan sebelum dieksekusi", lapor kantor berita SANA, seperti dikutip dari detik.com.

Kelompok milisi ISIS dituduh telah melakukan berbagai kekejaman di Irak dan Suriah.


Kantor berita Sana merilis foto para ahli forensik yang memeriksa kuburan massal tersebut. (AFP/Getty)

Salah seorang petugas Bulan Sabit Merah Suriah menuturkan kepada kantor berita AFP, diantara yang tewas terdapat jenazah perempuan, dan beberapa dari mereka yang tewas dalam keadaan "mata ditutup dan diborgol".

Tahun lalu pasukan Suriah memukul kelompok ISIS tersebut keluar dari Albu Kamal di provinsi Deir al-Zour yang berbatasan dengan Irak.

Saat berada di puncak kejayaannya, ISIS menguasai wilayah yang dihuni sekitar 10 juta orang.

Di Suriah, kelompok milisi itu masih bertahan di kantung-kantung kecil di bagian selatan dan timur.


Kuburan massal lainnya ditemukan di wilayah yang pernah dikuasai oleh kelompok ISIS. (Reuters)

Berbagai bukti kekejaman kelompok tersebut terungkap setelah pasukan mereka dipukul mundur.

Bulan lalu, kantor berita Associated Press melaporkan penemuan kuburan massal yang berisi lebih dari 500 jasad di sebelah utara kota Raqqa.

Baca Juga: Terungkap! Australia Pasok Senjata Militer ke Negara yang Terlibat Dalam Perang Yaman

Dan setelah pasukan Suriah merebut Palmyra pada tahun 2016, sebuah kuburan massal yang berisi banyak jasad laki-laki, perempuan dan anak-anak ditemukan di timur laut kota tersebut.


Foto dokumentasi pada 3 Februari 2015 ini memperlihatkan seorang pria Irak memeriksa, sisa-sisa kerangka anggota minoritas Yazidi yang dibunuh oleh kelompok milisi ISIS setelah pasukan Kurdi menemukan kuburan massal dekat desa Sinuni, di daerah Sinjar barat laut, Sabtu (3/11).[AFP]

Misi Bantuan PBB untuk Irak (UNAMI) dan Kantor Hak Asasi Manusia PBB bulan lalu melaporkan bahwa lebih dari 200 situs kuburan massal telah ditemukan di daerah Irak utara yang dikendalikan oleh ISIS, mencatat mungkin ada lebih banyak lagi.
Top