Belajar Alat Musik Bonang yang Sudah Kalah Trend

Penulis anisa nurfadila | Ditayangkan 22 Dec 2018
Belajar Alat Musik Bonang yang Sudah Kalah Trend
bonang via wacana.co

Setiap daerah di Indonesia memiliki alat musik tradisional. Bonang contohnya, alat musik ini berasal dari Jawa Timur. Yuk kita melestarikan alat musik bonang dengan menyimak artikel ini!

Gamelan adalah ensembel musik yang biasanya menonjolkan metalofon, gambang, gendang, dan gong. Penjelasan alat musik Bonang yang berasal dari jawa dan bali. Bonang merupakan salah satu alat musik yang digunakan dalam gamelan.

Sebagai salah satu instrumen yang termasuk dalam macam-macam Gamelan. Bonang ini dapat dimainkan dengan cara dipukul. Ada dua macam bonang, dibeda-bedakan menurut ukuran, wilayah oktaf, dan fungsinya dalam ansambel.

Bonang adalah salah satu alat musik tradisional yang digunakan sebagai susunan ansambel kesenian musik Gamelan yang hingga saat ini sudah dikenal di daerah Jawa Timur dan sekitarnya. Bonang juga dikenal sebagai salah satu alat musik tradisional Jawa Timur.

Jika dilihat dari jenisnya, alat musik Bonang terbagi menjadi 2 jenis, yaitu Bonang Barung dan Bonang Penerus.

Jika dilihat dari ukurannya, Bonang Barung memiliki ukuran yang lebih pipih dibanding Bonang Penerus dan memiliki nada oktaf yang cukup tinggi.

Untuk teman-teman yang sedang berkunjung ke daerah Jawa seperti datang ke Keraton Jogjakarta atau melihat pementasan gamelan, sempatkanlah waktu untuk melihat alat musik tradisional yang dipukul ini.

Cara memainkan alat musik Bonang adalah dengan cara dipukul menggunakan alat pukul yang terbuat dari kayu berukuran pendek yang dililit dengan kain. Bonang menghasilkan suara semacam berdengung namun nyaman didengar telinga.

Bonang cukup sulit dimainkan karena kita harus terfokus untuk memukul sehingga tidak meleset. Adapun pemainnya biasanya orang yang sudah berpengalaman dalam dunia gamelan.

Baca Juga : Mengenal Alat Musik Kenong, Gamelan Jawa yang Kurang Disukai Ketambang Orkes Melayu

Alat musik Bonang

Alat musik bonang adalah alat musik tradisional yang dipukul pada bagian yang bentuk fisiknya mirip dengan gong yang ditidurkan. Adapaun bagian-bagian dari alat musik Bonang, seperti:
  • Soko, bagian yang berperan sebagai penyangga waditra
  • Benang tali, yang berfungsi sebagai tali penyangga penclon
  • Papalayu, bagian depan dan belakang dari waditra
  • Pongpok, Ujung pangkal dari ancak
  • Palipid, Bilah kayu yang terdapat di atas pongpok dan juga penghalang penclon
Bagian-bagian ini setidaknya harus kita kenali agar kita tahu.

Cara Memainkan Alat Musik Bonang

Dalam memainkan Bonang, dipergunakan alat pemukul yang terbuat dari bahan dari kayu kemudian dibulatkan dan dibungkus oleh kain yang dililit benang-benang. Kedua alat pukul dipegang pada tangan sebelah kiri dan sebelah kanan. Alat pukul ditabuhkan pada bagian tengah penclon Bonang, untuk mendapatkan bunyi yang tepat.

Kali ini kami menampilkan video cara memainkan bonang yang telah kita ambil dari youtube.


Fungsi Bonang

Ketika Bonang dimainkan dalam sebuah ansambel musik, alat musik ini sering digunakan sebagai alat musik penuntun dan pembawa melodi pokok dan mengatasi pola nada yang akan datang.

Pada beberapa teknik tabuhan tertentu (Imbal-imbalan), alat musik Bonang Barung tidak berfungsi sebagai lagu penuntun. Ia membentuk pola lagi yang saling berkait-kaitan dengan Bonang Panerus.

Pada aksen penting, boneng juga boleh digunakan untuk membuat sekaran (lagu-lagu hiasan). Biasanya sekaran ini ada di akhir kalimat lagu.

Struktur Alat Musik Bonang

Belajar Alat Musik Bonang yang Sudah Kalah Trend
fungsi bonang via youtube.com

Banyaknya penclon pada alat musik Bonang biasanya antara 14 sampai dengan 16 buah, dimulai dengan nada 1 (da) tertinggi sampai nada 1 (da) terendah sebanyak 3 oktaf. Penclon-penclon ini disusun di atas penyangga, dengan menempatkan penclon terkecil (nada tertinggi) di ujung sebelah kanan pemain, berurutan hingga penclon terbesar (nada terendah) di ujung sebelah kiri pemain. Hal ini disesuaikan dengan urutan nada pada laras (tangga nada) Degung.

Pembuatan Bonang

Belajar Alat Musik Bonang yang Sudah Kalah Trend
pembuatan bonang via qlapa.com

Jika dilihat secara langsung, ada 2 bagian yang dapat kita lihat dari alat musik Bonang yaitu Penclong dan Ancak.

1. Penclong

Bagian ini yang menjadi sumber bunyi. Seperti bagian lainnya, penclon terbuat dari logam besi, tapi umumnya terbuat dari perunggu

2. Ancak

Bagian ini terbuat dari kayu yang diikat dengan benang-benang. Ancak dibuat sebaik mungkin agar penclon-penclon Bonang dapat diletakkan dengan baik dan pas.

Jadi begitulah sedikit pembahasan tentang cara memainkan Bonang dari saya, semoga dapat menambah wawasan kita semua, sekian dan terima kasih.
SHARE ARTIKEL