Bahaya Narkoba Bagi Anak Muda, Gangguan Saraf Hingga Timbulkan Kematian

Komentar
Stop narkoba via irvanviktorsh.blogspot.com

Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat/bahan berbahaya. Selain "narkoba", istilah lain yang diperkenalkan khususnya oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia adalah Napza yang merupakan singkatan dari narkotika, psikotropika, dan zat adiktif.

Bahaya narkoba sudah tidak diragukan lagi, khusunya bahaya narkoba bagi generasi muda. Sayangnya, penyalahgunaan obat-obatan terlarang makin marak di berbagai negara di seluruh Indonesia. Apa saja bahaya narkoba bagi generasi muda bangsa indonesia? Bahaya narkoba bagi generasi muda adalah gangguan psikologi, gangguan kesehatan, menghancurkan masa depan, melanggar UU, dan berdampak buruk bagi lingkungan sosial.

Kata narkotik berasal dari bahasa Inggris, yaitu narcotics yang berarti obat bius. Secara umum narkotik berarti suatu zat yang dapat menimbulkan perubahan kesadaran. Penyalahgunaan narkoba di Indonesia semakin memprihatinkan, dari hari ke hari terus meningkat tajam.

Bahaya Narkoba sudah menjadi momok yang menakutkan bagi masyarakat. Tak hanya menimbulkan bahaya, efek narkoba bagi kesehatan juga sangat menakutkan. Apa saja efek dan apa saja bahaya narkoba bagi kesehatan?


Dampak buruk via vonvon.id


Bahaya dan Efek Narkoba Bagi Kesehatan: 

Narkoba sesedikit apapun penggunaannya, sangat berbahaya bagi kesehatan. Karena penggunaan yang sedikit biasanya tidak akan bertahan lama. Secara umum, penyalahgunaan narkoba memberikan empat dampak bagi kesehatan, yaitu :

  1. Dampak depresan. Dampak yang menyebabkan pemakai tertidur atau tidak sadarkan diri. Dalam tahap ini, tidurnya pengguna narkoba tidak sama dengan tidur orang biasa. Tidurnya tidak berarti istirahat. Karena beberapa organ tubuh masih bekerja.
  2. Dampak halusinogen. Dampak ini menyebabkan pemakai narkoba berhalusinasi atau melihat sesuatu yang tidak ada. Halusinasi atau khayalan ini, bisa berupa sesuatu yang menakutkan baginya sehingga bisa berteriak-teriak histeris atau berupa sesuatu yang menyenangkan dan selama ini diinginkannya.
  3. Dampak stimulan. Dampak yang menyebabkan organ tubuh seperti jantung dan otak pengguna narkoba bekerja lebih cepat. Pada saat ini, orang tersebut akan merasa lebih bertenaga dan mempunyai energi tambahan untuk berpikir dan berkreasi. Dampak narkoba jenis ini biasanya digunakan oleh para pekerja kreatif, pebisnis, dan semua orang yang merasa bahwa dia hanya bisa berkarya jika di bawah pengaruh narkoba. Akibatnya, organ tubuh dan otak yang dipaksa bekerja terus menerus melebihi batas kemampuan akan rusak dan dapat mengakibatkan kematian.
  4. Dampak adiktif. Pada dasarnya, semua jenis narkoba menyebabkan dampak ketagihan atau kecanduan. Dalam waktu lama si pemakai tidak mengkonsumsinya, maka tubuh akan merasa sakit. Bahkan, tubuh bisa menjadi kondisi kritis (sakaw).

Selain empat dampak penyalahgunaan narkoba yang telah disebutkan di atas, secara spesifik narkoba dapat membahayakan kesehatan. Bahaya dan efek narkoba bagi kesehatan, yaitu :

1. Merusak sistem pernapasan
Ada beberapa jenis narkoba yang penggunaannya dihisap seperti ganja dan heroin. Penghisapan berarti melalui saluran pernapasan. Lewatnya zat-zat beracun melalui saluran pernapasan dapat mengakibatkan kondisi gangguan pada sistem pernapasan itu sendiri. 

Orang yang menggunakan narkoba jenis ini lebih mudah atau beresiko tinggi terserang sesak napas, bronchitis, infeksi paru-paru dan kanker paru-paru.

2. Perubahan fungsi otak
Mungkin di awal penggunaan narkoba, si pengguna merasa meningkat fungsi otaknya ; lebih kreatif, lebih mudah berpikir, dan lain-lain. Namun, ketika sudah sampai pada tahap kecanduan yang tinggi, fungsi tersebut tidak akan dirasakan lagi. 

Banyak penelitian yang menggunakan percobaan pada hewan akan menunjukkan bahwa penggunaan narkoba pada akhirnya akan merusak fungsi syaraf pusat, yaitu otak. Daya pikir akan menurun. Dan fokus tidak lagi pada pekerjaan dan lingkungan, tetapi kepada bagaimana cara mendapatkan narkoba.

3. Merusak sistem peredaran darah
Paru-paru dan jantung bekerja saling berhubungan. Ketika zat-zat kimia beracun memasuki paru-paru, maka zat-zat beracun tersebut akan masuk ke jantung dan peredaran darah secara keseluruhan. Dan karena darah beredar ke seluruh tubuh, maka akan menyebar pula zat-zat beracun yang dibawanya ke seluruh tubuh. 

Sistem peredaran darah menjadi rusak dan mudah terserang berbagai penyakit yang berhubungan dengan peredaran darah. Yang paling pertama dapat terlihat dari pengguna narkoba yang rusak sistem peredaran darahnya adalah mata yang memerah akibat melebarnya pembuluh darah mata.


Efek narkoba via alodokter.com

4. Gangguan sistem reproduksi
Penggunaan narkoba yang terus menerus mengakibatkan gangguan sistem hormon, terutama hormon yang berkaitan dengan reproduksi. Akibatnya, terjadi penurunan fungsi seksual pada wanita maupun pria yang menggunakan narkoba.  Narkoba dapat menjadi salah satu penyebab kemandulan.

5. Gangguan pada sistem syaraf pusat /otak
Ketika zat-zat narkoba sudah memasuki sistem pembuluh darah, hanya dalam hitungan menit, senyawa kimia beracun dan berbahaya dibawa menuju otak dan organ lainnya. Di otak, yang merupakan sistem syaraf pusat, senyawa narkoba / THC melepaskan doplamin dan menyebabkan pengguna merasa tenang atau”fly”.

Doplamin yang dikeuarkan sangat banyak sehingga pada tahapan lanjut atau pecandu akan menyebabkan pengguna tidak dapat mencerna informasi secara benar, maupun mengingat sesuatu. 

Akibatnya, halusinasi terus menurus sampai kehilangan kesadaran. Alih-alih akan menambah kreatifitas dan meningkatkan fungsi kerja otak, narkoba menyebabkan kerusakan pada otak.

6. Gangguan pada kulit
Gangguan pada kulit biasanya terjadi pada pengguna narkoba dengan jarum suntik. Suntikan yang terus menerus di daerah yang sama mengakibatkan infeksi kulit. Kulit pengguna narkoba jenis ini terlihat lebam atau kebiruan di daerah bekas suntikan terjadi.

7. Gangguan pada hati
Dalam sistem pencernaan organ hati berfungsi menawarkan racun. Segala jenis racun akan masuk ke dalam hati, terutama narkoba yang dikonsumsi melalui mulut dan pernapasan. Karena banyaknya racun yang masuk, hati bekerja berlebihan sehingga mengalami gangguan fungsi hati. 

Gejala awal / ciri-ciri gangguan hati pengguna narkoba adalah perasaan tersengat di mulut dan tenggorokan.

8. Merusak sistem kekebalan tubuh
Dengan masuknya berbagai jenis kimia sangat berbahaya ke dalam tubuh dan buruknya berbagai organ tubuh, otomatis pengguna narkoba mengalami kerusakan / penurunan sistem kekebalan / imun tubuhnya. 

Pengguna narkoba akan mudah sekali terserang penyakit. Apalagi ditambah pecandu narkoba yang sudah level tinggi tiak lagi memperhatikan hal lain selain cara mendapatkan narkoba kembali.


Awas narkoba via suarapemredkalbar.com

Itulah bahaya narkoba dan pencegahannya bisa Anda lakukan jika Anda mengikuti upaya pencegahan narkoba dibawah ini.


Upaya Pencegahan Narkoba

Upaya pencegahan terhadap penyebaran narkoba di kalangan pelajar, sudah seyogianya menjadi tanggung jawab kita bersama. Dalam hal ini semua pihak termasuk orang tua, guru, dan masyarakat harus turut berperan aktif dalam mewaspadai ancaman narkoba terhadap anak-anak kita. Ada tiga hal yang harus diperhatikan ketika melakukan program anti narkoba di sekolah. 

Yang pertama adalah dengan mengikutsertakan keluarga. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa sikap orangtua memegang peranan penting dalam membentuk keyakinan akan penggunaan narkoba pada anak-anak. Strategi untuk mengubah sikap keluarga terhadap penggunaan narkoba termasuk memperbaiki pola asuh orangtua dalam rangka menciptakan komunikasi dan lingkungan yang lebih baik di rumah. Kelompok dukungan dari orangtua merupakan model intervensi yang sering digunakan.

Kedua, dengan menekankan secara jelas kebijakan tidak pada narkoba. Mengirimkan pesan yang jelas tidak menggunakan membutuhkan konsistensi sekolah-sekolah untuk menjelaskan bahwa narkoba itu salah dan mendorong kegiatan-kegiatan anti narkoba di sekolah. Untuk anak sekolah harus diberikan penjelasan yang terus-menerus diulang bahwa narkoba tidak hanya membahayakan kesehatan fisik dan emosi namun juga kesempatan mereka untuk bisa terus belajar, mengoptimalkan potensi akademik dan kehidupan yang layak.

Terakhir, meningkatkan kepercayaan antara orang dewasa dan anak-anak. Pendekatan ini mempromosikan kesempatan yang lebih besar bagi interaksi personal antara orang dewasa dan remaja, dengan demikian mendorong orang dewasa menjadi model yang lebih berpengaruh.

Oleh sebab itu, mulai saat ini pendidik, pengajar, dan orang tua, harus sigap serta waspada, akan bahaya narkoba yang sewaktu-waktu dapat menjerat anak-anak sendiri. Dengan berbagai upaya tersebut di atas, mari kita jaga dan awasi anak didik dari bahaya narkoba tersebut, sehingga harapan untuk menelurkan generasi yang cerdas dan tangguh di masa yang akan datang dapat terealisasikan dengan baik.

Lantas bagaimana cara menghindari bahaya narkoba? Berikut 7 cara menghindari narkoba dan dampak negatifnya, Anda wajib tahu.


Hidari narkoba via harumsismamedika.com


Cara Menghindari Narkoba

Bagi anda yang g tidak ingin berakhir di pusat rehabilitasi atau kesehatan yang buruk akibat obat-obatan tersebut ada baiknya mengikuti tips menghindari narkoba yang berikut ini:

1. Ketahui beragam dampak negatif narkoba
Ada banyak sekali dampak buruk narkoba yang dapat anda jadikan sebagai pedoman supaya tidak coba-coba untuk menggunakannya. Beragam dampak buruk narkoba tidak hanya dirasakan secara fisik melainkan juga psikis. Sebagai contoh, seseorang yang ketahuan sebagai pengguna narkoba, akan menjadi perbincangan di masyarakat.

Mereka akan dijauhi serta digunjingkan. Jika sudah demikian, maka rasa tertekan akibat lingkungan membuat seseorang cenderung menutup diri dan merasa dikucilkan.

2. Jaga pergaulan anda
Cara menghindari narkoba juga tergantung pada pergaulan. Pergaulan yang salah memberi dampak buruk bukan hanya pada masa sekarang melainkan juga pada masa depan anda. Untuk itu diperlukan sebuah benteng yang kuat supaya anda tidak dapat dengan mudah terjerumus pada pergaulan bebas yang menyesatkan. 

Membentengi diri dapat dilakukan dengan cara memegang teguh agama yang dianut. Di dunia ini tentu tidak ada satupun agama yang membenarkan pergaulan bebas. Untuk itu perbanyak ilmu agama dan jadikanlah sebagai pegangan hidup anda.

3. Hadapi masalah anda
Narkoba merupakan salah satu jenis obat-obatan terlarang yang digunakan sebagai salah satu cara pelampiasan atas masalah yang tengah dihadapi. Beragam masalah yang ada membuat seseorang merasa depresi hingga berdampak pada kelakuannya sehari-hari. 

Banyak dari mereka yang tengah dilanda masalah berat terkadang melakukan hal buruk sebagai pelampiasan dan mulai coba-coba dengan mengonsumsi narkoba. Sebaik apapun seseorang, ketika dihadapkan pada sebuah masalah yang besar, perubahan perilaku dapat pula terjadi.

Ketika dilanda banyak masalah yang terkadang tidak dapat anda tangani sendiri, ada baiknya  jika anda meminta pertolongan dari orang lain. Beragam masalah yang tengah melanda terkadang memiliki penyelesaian yang cukup rumit sehingga membutuhkan pertolongan orang lain untuk menyelesaikannya

4. Lakukan kegiatan yang bermanfaat
Langkah jitu dalam menghindari narkoba adalah dengan cara melakukan kegiatan yang bermanfaat. Ada banyak sekali jenis kegiatan yang bermanfaat terutama bagi seorang remaja mulai dari melakukan bakti sosial atau melakukan hobinya. 

Melakukan kegiatan-kegiatan tersebut mampu menghindarkan anda dari waktu luang yang dapat membuat pikiran-pikiran negatif masuk dalam pikiran anda. Dengan beragam aktivitas yang tengah dijalankan dapat menghindarkan anda dari keinginan untuk mencoba narkoba.

5. Hindari dunia malam
Dunia malam identik dengan hal-hal yang negatif. Bagi para orang tua hendaknya memberikan batasan waktu bagi anak-anaknya supaya tidak keluar saat malam hari. 

Dunia malam terlebih pada klub malam ada banyak sekali orang-orang di dalamnya yang telah menjadi pemakai narkoba sehingga tidak menutup kemungkinan jika anda senang berada di tempat-tempat tersebut maka keinginan untuk mencoba-coba akan bertambah besar.


Jauhi narkoba via inspirasidata.com

6. Ingat tentang hukum narkoba
Di Indonesia terdapat hukum yang berlaku bagi para pengguna narkoba maupun pengedarnya. Hal ini dapat menyebabkan si pelaku atau si pengedar terkena hukuman penjara. Bagi anda yang tidak ingin berurusan dengan para aparat penegak hukum tentu ada baiknya jika anda menghindari barang terlarang yang satu ini.

Hingga sekarang telah banyak sekali orang yang direhabilitasi serta masuk kedalam penjara akibat pemakaian narkoba. Jika anda tidak ingin hal itu terjadi pada anda, tentu ada baiknya jika mulai sekarang anda bersikap anti pada jenis obat- obatan yang berbahaya satu ini.

7. Jangan mudah tergoda
Ketika anda memiliki rasa penasaran yang cukup tinggi terhadap sesuatu, akan lebih baik jika anda dapat menekannya. Pikirkan dulu apa dampak baik dan buruknya ketika anda hendak melakukan sesuatu. Saat dampak buruk ternyata lebih banyak jika dibandingkan dengan dampak baiknya, sebaiknya segera hilangkan pikiran-pikiran tersebut.

jangan mudah terkena bujukan oleh teman untuk mencoba obat terlaran yang satu ini. Sekalinya anda kena, maka rasa ingin mencobanya lagi dan lagi akan terus menerus muncul hingga berakhir dengan ketagihan.

Nah, diatas merupakan dampak buruk yang ditimbulkan oleh narkoba ini, selain itu anda juga bisa mengetahui cara mencegah narkoba. Jauhi narkoba ini, jangan sesekali mencobanya, pikirkan terlebih dahulu dampaknya bagi kehidupan kita selanjutnya. Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.
Top