Awas!! Remaja 16 Tahun Meninggal Gara-gara Tidur Sambil Dengerin Musik

Komentar

Gambar dari facebook.com

Pelajaran buat semuanya yang suka dengerin musik sambil tidur. 

Jangan sampai terjadi seperti kejadian ini.

Seorang remaja 16 tahun meninggal gara-gara dengerin musik pakai earphone

Mirisnya lagi kejadian itu ia alami dalam keadaan tidur.

Seorang remaja lelaki berusia 16 tahun meninggal dunia selepas terkena aliran listrik rumahnya di Kampung Baru Gaing, Pedas, dekat sini semalam.

Ketua Polisi daerah, Deputi Superintenden Anuar Bakri Abdul Salam berkata, korban Mohd. Aidil Azzahar Zaharin ditemukan meninggal dunia dalam keadaan tengkurap di lantai bilik tidur oleh ibunya kira-kira pukul 12.45 tengah malam, seperti yang dilansir oleh utusan.com

"Ibu korban, Jamaiyah Amizah yang pulang dari bekerja terkejut melihat keadaan anaknya yang tidak bergerak dan seluruh badannya dingin. Pemeriksaan yang diperoleh, tubuh korban tidak ada bekas lebam ataupun luka tetapi di telinga sebelah kiri mengeluarkan darah"

"Selain itu sebuah telefon seluler yang sedang dicas ditemukan berdekatan dengan korban. Earphon telinga juga masih terpasang di telinga kiri dan terdapat kesan terbakar," katanya


Anuar Bakri berkata, mayat pelajar itu dihantar ke Hospital Tuanku Ja'afar di Seremban dan hasil bedah siasat mengesahkan mangsa meninggal dunia akibat terkena aliran listrik.

Baca Juga :

Tidur Sambil Mendengarkan Musik Lewat Earphone Ternyata sangat Berbahaya

Musik bisa menenangkan dan juga menghibur. Namun, jika salah cara mendengarkannya justru berakibat fatal. Contohnya, seperti kejadian di atas.

Menurut Staf Departemen Telinga Hidung dan Tenggorokan (THT) Bedah Kepala Leher RSCM-FKUI dr. Harim Priyono SpTHT-KL(K), menggunakan earphone dengan intensitas yang tinggi dapat merusak pendengaran seseorang akibat bising.

"Alat seperti itu (earphone) memompa energi suara besar pada sistem pendengaran kita. Sangat disayangkan, orang-orang mendengarkan earphone saat tidur. Kalau berlebihan menggunakan earphone, bisa menurunkan fungsi pendengaran," kata dr. Harim saat ditemui di RSCM Kencana, kawasan Salemba, Jakarta Pusat.

Saat tertidur, faktanya telinga semakin tertekan karena menerima gelombang suara yang besar dari earphone tersebut.

Apalagi kondisi rumah siput atau koklea yang cukup sensitif terhadap gelombang suara.

“Saat mendengarkan lagu semalaman hingga tertidur, sebenarnya saat itu telinga sudah tidak lagi mendengarkan,” imbuhnya.

Selain tidak dianjurkan mendengarkan musik dengan earphone semalaman, volume musik juga harus diperhatikan. Volume terlalu keras juga dapat membahayakan fungsi pendengaran.

Bila cermat, saat memutar musik menggunakan earphone, gawai akan memberikan peringatan batas volume maksimal. Ada baiknya, pengguna earphone memperhatikan peringatan tersebut.

“Kalau kita perhatikan jika kita mendengarkan musik pakai earphone, di layar gadget muncul warning volume maksimal. Itu harus benar-benar diperhatikan,” katanya lagi.

Perlu diwaspadai bila pendengaran rusak dengan cara demikian, koklea atau bagian telinga terdalam yang bertugas mengirim pesan ke syaraf dan otak tidak bisa menjalankan perannya secara maksimal.

Parahnya, pada kondisi seperti ini telinga tidak dapat diperbaiki melalui proses operasi.

Namun bisa diatasi dengan metode implan koklea atau implan rumah siput.

“Gangguan pendengaran ini tidak bisa diperbaiki dengan operasi, tapi bisa dipasang implan koklea," tambahnya.

Jadi, kalau sudah mengantuk, segera lepaskan earphone dan tidur nyenyak saja!
Top