5 Kebiasaan yang Membuat Seorang Bunda Rentan Pendek Umur

Komentar

Gambar ilustrasi dilansir dari hipwee.com

Wajib di simak bagi para bunda...

Ini kebiasaan para ibu rumah tangga yang membuat mereka rentan pendek umur alias cepat meninggal.

Bisa jadi saking sibuknya ngurus anak-anak dan suami...

Punya umur panjang menjadi harapan bagi banyak orang. Oleh karena itu, beberapa orang membentuk kebiasaan sehat seperti menjaga pola makan, rajin berolahraga, dan sebagainya.

Namun, hal tersebut tidaklah mudah bagi seorang ibu rumah tangga.

Alih-alih olah raga, makan saja kadang telat karena repot dengan anak-anak dan suami.

Mulai sekarang bunda perlu waspada! Menurut berbagai penelitian, ini 5 hal yang mebuat wanita cepat meninggal.

1. Mengemil tengah malam

Saking sibuknya hingga ngemil saja nunggu anak tidur.

Kebiasaan mengemil di tengah malam dapat meningkatkan risiko penyakit jantung atau diabetes, menurut penelitian dari National Autonomous University of Mexico di Mexico City.

"Kebiasaan ini meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes karena Anda akan memiliki tingkat trigliserida yang tinggi setelah makan malam," kata penulis studi Ruud Buijs, Ph.D.

Trigliserida adalah lemak berbahaya yang menumpuk di jaringan lemak, kebanyakan di sekitar perut.

Tak hanya itu, lemak ini tidak dapat dibuang dengan mudah, ia menjelaskan.

"Hal terbaik untuk dilakukan adalah makan sesedikit mungkin di malam hari dan jangan makan sekitar 11 hingga 12 jam antara makan malam Anda dan makan berikutnya (sarapan)."

2. Kurang tidur

Ini kebiasaan yang hampir pasti semua bunda rasakan. Efek kurang tidur, sangat berbahaya. Terlebih jika hal tersebut dilakukan terus menerus.

"Bahkan satu malam kehilangan tidur dapat menyebabkan kantuk di siang hari yang berlebihan, yang membuat Anda jauh lebih mungkin terlibat dalam kecelakaan kendaraan bermotor yang mematikan atau kecelakaan di tempat kerja," kata Ilene M. Rosen, MD, MSCE, presiden American Academy of Sleep Kedokteran dan profesor kedokteran klinis di Perelman School of Medicine di University of Pennsylvania di Philadelphia.

"Performa setelah kurang tidur, bahkan untuk satu malam, mirip dengan kinerja individu yang mabuk, sehingga mendorong pesta sambil minum-minum seperti mendorong mengemudi dalam keadaan mabuk," tambahnya.

Risiko satu malam kehilangan tidur menjadi lebih buruk karena kebanyakan orang sudah kurang tidur secara kronis.

American Academy of Sleep Medicine merekomendasikan orang dewasa tidur teratur tujuh jam atau lebih untuk meningkatkan kesehatan yang optimal.

3. Cuci tangan tidak benar-benar bersih

Saking bingungnya, kadang bunda tak cuci tangan dengan bersih. Mencuci tangan yang tidak benar dapat membuat rentan terhadap kuman.

Tidak hanya banyak penyakit bawaan makanan yang disebarkan oleh tangan yang tidak dicuci.

Tetapi mencuci tangan dengan sabun dan air dapat mengurangi kematian terkait penyakit diare, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS.

Mencuci tangan yang tepat bisa mencegah banyak kasus penyakit pernapasan yang berbahaya.

4. Menggigit kuku

Banyak bunda yang setres mengurus rumah tangga kemudian duduk termenung dan menggigit kuku, padahal hal tersebut sangat berbahaya.

Menggigit kuku dapat membuat Moms terekspose bakteri mulut.

Seperti eikenella corrodens, atau bakteri kulit, biasanya streptococcus atau staphylococcus, ke dalam kulit, jelas Adam Friedman, MD, seorang profesor dermatologi di George Washington School of Medicine dan Rumah Sakit di Washington DC.

"Di sini mereka dapat berkembang biak menyebabkan paronikia infeksi di sekitar lipatan kuku, infeksi strep pada pad jari yang sangat nyeri), atau bahkan infeksi yang lebih dalam yang melibatkan struktur jari yang lebih dalam," katanya.

Dalam pengaturan yang tepat, bakteri dapat masuk ke aliran darah dan akhirnya dapat menyebabkan sepsis, infeksi darah yang berpotensi mengancam jiwa.

5. Melewatkan sarapan

Nah ini juga, mulai sekarang hilangkan pedoman "makan setelah anak-anak selesai".

Ini benar-benar paling penting, kata ahli gizi berbasis di Boston Dana Greene, RD.

"Sarapan mengatur nafsu makan Anda sepanjang hari sehingga ketika melewatkannya membuat Anda makan lebih banyak di siang hari. Akibatnya, membuat berat badan Anda bertambah," jelasnya.

Bunda tentu sudah tahu bahwa kelebihan berat badan atau obesitas meningkatkan risiko penyakit jantung dan kematian.

Nah bunda, mulai sekarang hati-hati. Jangan sampai mempreoritaskan keluarga, namun buda lupa dengan kondisi kesehatan bunda.

Yang baik adalah, atur waktu hingga semuanya bisa jalan beriringan. Keluarga ok, bunda juga ok.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Baca Juga Artikel Rumah-tanggga Lainya:
Top