4 Variasi Membuat Telur Dadar Yang Unik, Mudah dan Enak

Komentar

telur dadar via plukme.com

Cara membuat variasi telur dadar biar anak nggak bosen Bun.

Telur merupakan sumber protein hewani yang paling mudah didapat dan cukup ramah di kantung. Dalam mengolahnya, beberapa orang memilih menyajikan sebagai telur ceplok, telur dadar, atau telur rebus.

Yuk simak! Kali ini kita akan membaha telur dadar. Simak ya!

Telur dadar vs telur ceplok

telur dadar vs telur ceplok via iniotak.blogspot.com

Telur ceplok lebih baik daripada telur dadar. Karena gizi pada telur dadar berkurang karen aputih telur yang dikocok bersama kuning telur. Karena avidin-nya mengikat kuning telur. Namun tentu saja ketika memilih menyajikan telur dengan digoreng, gunakan minyak yang sehat, bukan minyak yang sudah terlalu sering dipakai.

Apakah telur dadar bagus untuk diet ?

Berapa kalori telur dadar serta apakah telur dadar bagus untuk diet akan kami bahas berikut ini!

Telur merupakan sumber protein yang sangat baik untuk kesehatan. Selain bernutrisi, telur juga termasuk ke dalam protein yang murah, maka tak heran kalau telur sering dijuluki dengan superfood. Selain kaya akan protein, telur juga mengandung zat besi, vitamin, asam folat dan lemak omega 3. Pada setiap butirnya, telur hanya mengandung 60-70 kalori.

Kandungan nutrisi ini sangat sulit ditandingi oleh makanan lainnya. Selain mengenyangkan, telur juga tidak akan membuatmu gemuk karena proteinnya mampu membuatmu merasa kenyang lebih lama.

1. Dengan diet telur, maka Anda tak perlu memaksakan diri untuk mengkonsumsi makanan yang tak ada rasanya, karena telur tetap enak walau tak dibumbui.

2. Menyiapkan diet ini juga simple, kamu hanya perlu merebus telur dan memakannya.

3. Sebagai salah satu protein yang mudah didapat, telur juga sangat enak untuk diolah menjadi aneka makanan lezat. Ada berjuta-juta cara mengolah telur agar makananmu makin nikmat.

4. Nutrisi yang terkandung pada telur sangat bagus untuk kulit tampak cerah dan bercahaya.

5. Diet telur sangat bagus untuk pembakaran lemak tubuh karena mengandung protein tinggi.

Boleh-boleh saja diet dengan mengonsumsi telur dadar. Telur dadar memiliki kalori 153,7 kcal setiap 100g nya. Namun, ingat gunakan minyak goreng yang sehat, bukan minyak goreng yang terlalu sering dipakai atau jelantah.

Berapa lama telur dadar bertahan ?

Makanan yang berkuah mudah basi daripada gorengan karena saat kamu merebus suatu bahan makanan dengan air, nutrisi bahan makanan akan larut ke air rebusannya.  Air rebusan menjadi kaya nutrisi dan menjadi medium sempurna untuk pertumbuhan bakteri dan jamur.

Gorengan tentu saja kebalikan dari makanan berkuah yang kandungan airnya sedikit, dan ini membuat mikroorganisme jadi susah hidup di gorengan termasuk telur dadar tersebut.

Cara membuat telur dadar variasi ?

Bagaimana cara membuat telur dadar enak dan anti mainstream. Simak berikut ini.

1. Telur dadar kentang, olahan praktis yang bisa memenuhi kebutuhan protein dan karbohidratmu sekaligus

telur dadar kentang via 365kitchen.net

Kalau bikin resep yang satu ini, kamu nggak perlu lagi masak nasi karena ada kentang sebagai penggantinya. Kebutuhan akan protein dan karbohidratmu jadi terpenuhi, deh! Begini cara membuatnya:

Bahan:
  • 3 btr telur ayam
  • 2 kentang (kupas, bersihkan, potong, lalu rebus)
  • 2 btg daun bawang (iris)
  • 1 btg daun seledri (cincang)
  • 2 sosis (iris melintang)
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt merica


Cara membuat:
1. Kocok telur dan campurkan semua bahan kecuali sosis.
2. Panaskan minyak, goreng sosis hingga matang.
3. Tuangkan campuran adonan ke wajan berisi sosis tadi.
4. Masak hingga menyatu dan kering, lalu balik.
5. Angkat, potong jadi beberapa bagian lalu sajikan.

2. Buatmu yang kurang suka sayur, mengolah telur dadar isi bayam ini bisa jadi solusi terbaik!

telur dadar bayam via cookpad.com

Bukan cuma bayam, kamu pun bisa menggantinya dengan sayuran lain seperti; wortel, tomat dan sawi hijau. Cara bikinnya juga gampang banget!

Bahan:
  • Seikat bayam
  • 3 btr telur
  • 3 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 2 cabai (sesuai selera)
  • Garam secukupnya

Cara membuat:
1. Iris semua bumbu dan tambahkan garam.
2. Cuci bayam lalu campurkan dengan bumbu.
3. Tambahkan telur dan aduk merata.
4. Panaskan minyak lalu goreng hingga berwarna keemasan.
5. Angkat dan sajikan

3. Nasi sisa jangan sampai dibuang percuma, karena bisa jadi bahan campuran telur dadar yang luar biasa enaknya

telur dadar isi nasi via hipwee.com

Punya nasi sisa kemarin yang masih bisa dikonsumsi paginya? Dibikin telur dadar isi nasi istimewa aja!

Bahan:
  • 100 gr nasi sisa
  • 6 telur ayam
  • 2 sosis (iris)
  • 1/4 buah wortel (potong dadu)
  • 1 btg seledri (cincang)
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt merica
  • 6 sdm minyak goreng

Cara membuat:
1. Kocok telur dan tambahkan garam serta merica.
2. Panaskan wajan, tuangkan minyak dan tumis bahan lain yang tersisa. Aduk rata.
3. Masukkan kocokkan telur, aduk rata, lalu balik.
4. Sajikan 🙂

Cuma butuh waktu kurang dari 10 menit saja, telur dadar isi nasi ini sudah bisa dinikmati

4. Kenalin nih telur dadar jamur yang rasanya nendang banget, bikin kamu nagih minta lagi dan lagi

telur dadar jamur via sajiansedap.grid.id

Awalnya sih dari telur dadar isi daging-dagingan. Tapi karena daging harganya mahal, jamur pun tak apa! Enaknya sama, kok.

Bahan:
  • 50 gr jamur merang (cincang)
  • 2 siung bawang putih (cincang)
  • 1 batang daun bawang (iris halus)
  • 50 gr wortel (parut)
  • 5 butir telur
  • 1 tomat (buang biji, potong kotak)
  • 3/4 sdt garam
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1 sdm minyak

Cara membuat:
1. Panaskan minyak. Tumis bawang putih sampai harum. Tambahkan jarum. Aduk sampai layu dan angkat.
2. Campurkan bumbu dan bahan lainnya ke dalam mangkuk. Aduk rata.
3. Tuang adonan dan jamur ke wajan, biarkan setengah matang lalu lipat jadi dua.

Demi meningkatkan skill memasakmu, tak ada salahnya variasi telur dadar tadi kamu coba sekarang juga! Murah, enak dan bergizi pastinya 🙂

Itulah artikel tentang telur dadar. Semoga bermanfaat!
Top