Punya Anak Laki-laki Baik Memang Bangga, Tapi Punya Anak Perempuan Akan Dapat Keistimewaan ini

Komentar

Keistimewaan memiliki anak pertama perempuan (sumber via NU online.com)

Tak perlu iri jika tak punya anak laki-laki, karena Allah memberikan keistimewaan kepada para orang tua yang memiliki anak perempuan

Dari dekat Rasulullah hingga pelindung dari api neraka.


Kebanyakan orang tua beranggapan kalau punya anak perempuan itu ngga bisa jadi penopang untuk adik-adiknya nanti.

Ternyata semua itu salah, justru anak perempuan itu membawa keistimewaan bagi orang tua di dunia bahkan kelak di akhirat.

Kehadiran anak dalam rumah tangga muslim merupakan nikmat yang besar dari Allah Ta’ala. Namun, sebagian orang ada yang lebih mendambakan kehadiran anak laki-laki daripada anak perempuan. Anak laki-laki dianggap lebih mulia daripada anak perempuan. Mereka bangga dan bergembira tatakala dikaruniai anak laki-laki.

Sebaliknya, bagi sebagian orang kehadiran anak perempuan merupakan aib dan dianggap bencana. Mereka sedih dan kecewa jika dikaruniai anak perempuan. Padahal kehadiran anak perempuan juga termasuk nikmat dari Allah. Bahkan Islam secara khusus menjelaskan tentang keutamaan anak perempuan dan ganjaran bagi orangtua yang memelihara dan mendidik anak-anak perempuan mereka, seperti yang dilansir oleh muslim.or

Al Imam Muslim rahimahullah membuat sebuah bab dalam kitab shahihnya dengan judul
(باب فَضْلِ الإِحْسَانِ إِلَى الْبَنَاتِ) “Keutamaan Berbuat Baik kepada Anak-Anak Perempuan”. Beliau membawakan tiga hadits sebagai berikut :

Pertama. Hadits dari  ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau berkata,

جَاءَتْنِى امْرَأَةٌ وَمَعَهَا ابْنَتَانِ لَهَا فَسَأَلَتْنِى فَلَمْ تَجِدْ عِنْدِى شَيْئًا غَيْرَ تَمْرَةٍ وَاحِدَةٍ فَأَعْطَيْتُهَا إِيَّاهَا فَأَخَذَتْهَا فَقَسَمَتْهَا بَيْنَ ابْنَتَيْهَا وَلَمْ تَأْكُلْ مِنْهَا شَيْئًا ثُمَّ قَامَتْ فَخَرَجَتْ وَابْنَتَاهَا فَدَخَلَ عَلَىَّ النَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم- فَحَدَّثْتُهُ حَدِيثَهَا فَقَالَ النَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم- « مَنِ ابْتُلِىَ مِنَ الْبَنَاتِ بِشَىْءٍ فَأَحْسَنَ إِلَيْهِنَّ كُنَّ لَهُ سِتْرًا مِنَ النَّارِ »

“Ada seorang wanita yang datang menemuiku dengan membawa dua anak perempuannya. Dia meminta-minta kepadaku, namun aku tidak mempunyai apapun kecuali satu buah kurma. Lalu akau berikan sebuah kurma tersebut untuknya. Wanita itu menerima kurma tersebut dan membaginya menjadi dua untuk diberikan kepada kedua anaknya, sementara dia sendiri tidak ikut memakannya. Kemudian wanita itu bangkit dan keluar bersama anaknya. Setelah itu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam datang dan aku ceritakan peristiwa tadi kepada beliau, maka Nabi shallallhu ‘alaii wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang diuji dengan anak-anak perempuan, kemudia dia berbuat baik kepada mereka, maka anak-anak perempuan tersebut akan menjadi penghalang dari siksa api neraka” (H.R Muslim 2629)

Kedua. Diriwayatkan juga dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau berkata,

جَاءَتْنِى مِسْكِينَةٌ تَحْمِلُ ابْنَتَيْنِ لَهَا فَأَطْعَمْتُهَا ثَلاَثَ تَمَرَاتٍ فَأَعْطَتْ كُلَّ وَاحِدَةٍ مِنْهُمَا تَمْرَةً وَرَفَعَتْ إِلَى فِيهَا تَمْرَةً لِتَأْكُلَهَا فَاسْتَطْعَمَتْهَا ابْنَتَاهَا فَشَقَّتِ التَّمْرَةَ الَّتِى كَانَتْ تُرِيدُ أَنْ تَأْكُلَهَا بَيْنَهُمَا فَأَعْجَبَنِى شَأْنُهَا فَذَكَرْتُ الَّذِى صَنَعَتْ لِرَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فَقَالَ « إِنَّ اللَّهَ قَدْ أَوْجَبَ لَهَا بِهَا الْجَنَّةَ أَوْ أَعْتَقَهَا بِهَا مِنَ النَّارِ »

“Seorang wanita miskin datang kepadaku dengan membawa dua anak perempuannya, lalu  aku memberinya tiga buah kurma. Kemudian dia memberi untuk anaknya masing-masing satu buah kurma, dan satu kurma hendak dia masukkan ke mulutnya untuk dimakan sendiri. Namun kedua anaknya meminta kurma tersebut. Maka si ibu pun membagi dua kurma yang semula hendak dia makan untuk diberikan kepada kedua anaknya. Peristiwa itu membuatku takjub sehingga aku ceritakan perbuatan wanita tadi kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, : Sesungguhnya Allah telah menetapkan baginya surga dan membebaskannya dari neraka” (H.R Muslim 2630)

Ketiga. Diriwayatkan dari sahabat Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, dia berkata  bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ عَالَ جَارِيَتَيْنِ حَتَّى تَبْلُغَا جَاءَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَنَا وَهُوَ وَضَمَّ أَصَابِعَهُ


“Barangsiapa yang mengayomi dua anak perempuan hingga dewasa maka ia akan datang pada hari kiamat bersamaku” (Anas bin Malik berkata : Nabi menggabungkan jari-jari jemari beliau). (HR Muslim 2631)

Umumnya para suami istri menerima anak perempuan atau laki laki asalkan sehat dan kelak menjadi anak yang berakhlaq baik. anak laki laki dan anak perempuan tentu memiliki keistimewaan yang berbeda walaupun sama sama anugrah dari Allah. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai keutamaan memiliki anak perempuan dalam islam.

1. Pelindung dari Api Neraka



“Siapa yang diuji dengan kehadiran anak perempuan, maka anak itu akan menjadi pelindung baginya di neraka”. (HR Ahmad). Jika seorang pasangan suami diberi anugrah oleh Allah dengan titipan seorang anak perempuan dan mampu melewati ujian Allah dalam hal menuntun dan mendidik anak perempuan tersebut pada jalan Allah, maka akan menjadi pelindung kedua orang tuanya dari api neraka.

Baca Juga :
Anak perempuan yang dididik dengan kasih sayang hingga mampu menjadi anak yang sholehah seperti memiliki hati yang lembut, menutup aurat, dan berbakti menunjukkan keberhasilan orang tua dalam mendidik anak tersebut. orang tua dapat mengajarkan cara bergaul yang baik menurut islam agar kelak menjadi anak sholehah dan menjadi penghalang orang tuanya dari api neraka

2. Dekat dengan Rasulullah



Rasulullah juga memiliki anak perempuan yang amat disayangi dan sholehah, yakni Fatimah Az Zahra. Pada hari kiamat nanti, orang tua yang memiliki dua anak perempuan dan tulus menghidupi semata karena Allah, akan mendapat syafaat pada hari kiamat. kenikmatan tersebut merupakan salah satu wujud kasih sayang Allah kepada wanita.

3. Jalan Masuk Surga



Allah menjamin surga bagi orang tua yang memiliki anak perempuan dan memperlakukan anak tersebut dengan baik serta tidak membeda bedakan kasih sayangnya dengan anak laki laki. ciri ciri wanita penghuni surga ialah yang menerima anugrah Allah berupa anak perempuan dengan bahagia dan mendidiknya semata karena Allah.

4. Lebih Dekat Secara Hati Nurani



Harus dibiasakan dengan ilmu agama sejak kecil, sehingga ketika dewasa ia akan paham tentang ilmu agama dan memiliki kedekatan yang lebih dengan orang tuanya karena dididik nuraninya untuk menjadi anak yang berbakti. Tetap ada pula hak orang tua terhadap anak perempuannya yang sudah menikah sebab orang tualah yang mendidik menjadi wanita yang berbakti.

5. Pelindung di Hari Kiamat



Jelas dari hadist tersebut bahwa seseorang yang dianugrahi Allah 3 anak perempuan dan bersabar dalam mengurusnya serta bekerja keras untuk mendidiknya menjadi anak sholehah, kelak akan dilindungi ketika hari kiamat sebab kebaikannya pada ketiga anaknya. itulah salah satu perlindungan ketika hari kiamat menurut islam.

6. Cermin Kelembutan Hati



Anak perempuan memiliki hati yang lembut, umumya anak perempuan terbiasa bermain segala sesuatu yang berhubungan dengan keindahan, seperti boneka yang cantik atau bermain masak memasak.

Hal tersebut merupakan cermin kelembutan hati yang telah Allah tanamkan sejak kecil sebagai ciri khas anak perempuan. Orang tua harus mampu mengarahkannya menjadi orang yang berhati dan bersikap lembut terhadap orang tua dan sesama.

7. Mudah dalam Membantu Orang Tua



Anak perempuan seringkali lebih senang bermain di rumah daripada bepergian keluar. Hal tersebut dapat menjadi sisi positif jika kedua orang tua dapat mendidiknya.

Dengan demikian orang tua akan merasa sangat terbantu ketika anak perempuan tersebut sudah mampu membantu orang tuanya. Selain termasuk didikan agar anak menjadi berbakti, kebiasaan baik tersebut nantinya akan sangat bermanfaat untuknya ketika ia sudah dewasa, ia menjadi lebih mandiri dalam hal apapun.

8. Kabar Gembira dari Allah



Anak perempuan sesungguhnya adalah sebuah kabar gembira dari Allah, bagi orang yang menolaknya hal tersebut dipandang buruk oleh Allah sebab Allah amat memuliakan perempuan dengan berbagai syariatNya seperti wajib menutup aurat agar tidak digoda oleh lelaki.

9. Cermin Ibu



Anak perempuan merupakan cermin dari ibunya, jika seorang ibu mampu mendidiknya dengan cara yang islami dan menghindarkannya dari pengaruh buruk lingkungan, maka anak tersebut juga akan menjadi wanita yang sholehah seperti ibunya. Sebab itu sebagai orang tua harus memberi contoh yang baik terlebih dahulu baru mengajarkan pada anaknya.

10. Memberi Kebanggaan



Orang tua yang memiliki anak perempuan dan mmapu membesarkan hingga tumbuh dewasa dan memiliki sifat yang sholehah, tentu akan merasa bangga sebab mampu menjadian anaknya tersebut sukses dan memiliki kemampuan yang sama dengan anak laki laki.

11. Jalan untuk Berbuat Baik



“Tidaklah seorang muslim yang memiliki dua anak perempuan yang telah dewasa lalu dia berbuat baik pada keduanya kecuali akan dimasukkan ke surga”. (Shahih Al Adabil Mufrad).

Banyak tantangan memiliki anak perempuan yang semua itu merupakan jalan kebaikan untuk mendidik dan menyayangi, misalnya ialah tentang memberikan kesadaran untuk menjaga diri dengan menutup aurat dengan sempurna. Hal tersebut merupakan salah satu jalan kebaikan yang dapat orang tua terapkan untuk anak perempuannya agar dapat menggapai surgaNya.

12. Meningkatkan Kasih Sayang



“Aku pun melihat Abu Bakar mencium pipi putrinya sambil berkata, bagaimana keadaanmu putriku?”. (HR Bukhari).

Memiliki anak perempuan dapat menjadi sarana untuk meningkatkan kasih sayang, sehingga akan meningkatkan kasih sayang dan rahmat Allah pula bagi orang tuanya.

13. Dimuliakan Oleh Allah

Jelas dari berbagai ayat Al Qur’an dan hadist bahwa wanita selalu dimuliaka dan dilindungi, hal tersebut berlaku sejak kecil, selama masa dewasa, juga setelah anak perempuan tersbut berkeluarga. Sungguh keutamaan memiliki anak perempuan dalam islam ialah orang tuanya akan menjadi hamba yang beruntung sebab pintu amalan kebaikan terbuka dengan lebar.

14. Memiliki Derajat yang Sama

Anak perempuan memiliki derajat yang sama dengan anak laki laki. Anak perempuan tidak berbeda dalam hal kepandaian dalam pendidikan maupun dalam pekerjaan. Keutamaan memiliki anak perempuan dalam islam ialah anak perempuan tersebut tidak memiliki perbedaan di mata Allah, semua memiliki kesempatan yang sama untuk beribadah dan mendapat jalan berbuat baik yang sama pula.

15. Lebih Cerdas dalam Ilmu dan Menerima Nasehat

Anak perempuan yang cenderung menurut dan akan memudahkan orang tua dalam mmeberi ilmu dan memberi nasehat. Memang tidak semua anak perempuan baik dan penurut, hal itu tergantung dari cara orang tuanya mendidik sejak kecil dan bagaimana cara orang tuanya menanamkan kesadaran nurani islami di hati anaknya.

Anak perempuan yang sholeh, dalam pergaulan atau dalam lingkungan apapun akan tetap mengingat nasehat orang tuanya untuk menjaga diri dan melakukan yang terbaik dalam setiap urusannya, hal itu dapat terjadi jika orang tua berhasil menanamkan rasa bakti sejak dini.

Keutamaan memiliki anak perempuan dalam islam ialah ujian bagi orang tua untuk melakukan hal tersebut, orang tua memiliki tanggung jawab untuk mendidik anak perempuannya hingga anak perempuan tersebut menikah dan telah memiliki suami sebagai pemimpinnya. Ujian tersebut akan menjadikan orang tua lebih sabar ketika memberi ilmu dan memberi nasehat sehingga kelak anaknya bisa tumbuh menjadi wanita yang cerdas dan sholehah.

Demikian artikel mengenai keutamaan memiliki anak perempuan dalam islam, jangan lupa bersyukur dengan cara selalu mengajarkan kebaikan dan memberi yang terbaik untuk anak anda. ajarkan segala kewajiban untuk perempuan dan wawasan islami pada anak perempuan anda agar mampu tubuh menjadi anak yang sholeh dan kelak bisa membawa orang tuanya ke surga.

Semoga bermanfaat.
Top