Parenting Quotes Islami Agar Selalu Menjadi Orang Tua yang Baik

Komentar

parenting quotes via id.theasianparents.com

Ketika orang tua mendidik anak akan merasakah lelah dan membutuhkan motivasi. Nah inilah motivasi dan parenting quotes agar orang tua selalu semangat dalam mendidik anak. Simak terus yuk!

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan beberapa kumpulan kata bijak nasehat tentang mendidik dan mengasuh anak. Kumpulan kata bijak dalam mendidik anak.

Kata mutiara untuk mendidik anak harus benar-benar diperhatikan oleh orang tua karena anak itu salah satu anugerah terindah yang diberikan oleh Allah.

Motivasi akan menjadi semangat bagi kita untuk melakukan banyak hal. Berikut ini kumpulan parenting quotes yang dapat membangkitkan semangat dalam mendidik anak.

Ketika sedang mendidik anak di kelas maupun di rumah kadang seorang guru atau orang tua membutuhkan sebuah kata-kata yang indah untuk menumbuhkan semangat baru pada diri kita.

Parenting quotes terbaik adalah yang berasal dari Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam dan para sahabatnya Radiallahuanhum. Sehingga nanti kami di sini juga akan menulis beberapa perkataan nabi dan para sahabat yang sangat bijak dalam mendidik anak.

Parenting quotes Islami bertebaran di banyak karya para ulama karena mereka adalah penjaga ilmu Islam dan pewaris para nabi. Mereka meninggalkan banyak sekali kata mutiara.

Rasulullah bersabda dalam sebuah hadis, “Dan, sesungguhnya para ulama itu adalah pewaris para nabi. Dan, sungguh para nabi tidaklah mewariskan dinar maupun dirham, mereka hanya mewariskan ilmu. Maka, barang siapa yang mengambilnya (ilmu tersebut) berarti dia telah mengambil bagian ilmu yang banyak,” (H.R. Abu Dawud). Oleh karena itu, kita perlu menghormati ulama karena keilmuan mereka. Namun, jangan sampai kita memuja-muji ulama secara berlebihan.

Ulama Islam telah banyak mendidik umat dan menulis banyak buku. Karya-karya mereka bertebaran, salah satunya tentang parenting Islami. Dalam buku dan ceramah mereka, pembicaraan tentang parenting Islami kadang-kadang dilakukan.

Kami telah mengumpulkan  parenting quotes islami. Baiklah langsung saja berikut parenting quotes ketika mendidik anaknya. Selamat menyimak!

Parenting Quotes Islami

Berikut ini parenting quotes islami yang telah kami rangkum.

1. Being patient with our children is an act of worship. – Mufti Ismail Menk
Bersabar dalam mendidik anak-anak kita adalah sebuah amal ibadah. – Mufti Ismail Menk

2. Don’t tell your child, “Go and pray, otherwise you’ll go to hell.” But tell him/her, “Come and pray with me, so we can enter Jannah together.”
Jangan katakan kepada anakmu, “Berangkatlah untuk shalat, kalau tidak, kamu akan masuk neraka.” Tapi katakan padanya, “Ayo berangkat shalat bersama, supaya kita bisa masuk surga bersama-sama.”

3. And know that your properties and your children are but a trial, and that Allah has with Him a great reward. – (Q.S Al-Anfal: 28)
Dan ketahuilah, bahwa harta dan anak-anakmu hanyalah sebagai cobaan, dan sesungguhnya di sisi Allah-lah pahala yang besar. – (Q.S Al-Anfal: 28)

4. Children want your time more than anything else. Play with them, teach them, and cherish them. Because they are an amanah to you from your Lord.
Anak-anak menginginkan waktumu lebih dari segalanya. Bermainlah bersama mereka, ajari mereka, dan sayangi mereka. Karena mereka adalah amanah dari Tuhanmu.

5. There is no gift a parent can give his child that is better than good manners. – Hadits
Tidak ada pemberian yang lebih utama dari orangtua kepada anaknya, selain akhlak yang mulia. – Hadis

6. Teach your children surah al-Fatihah before anyone else does. It will be a part of their prayers for rest of their lives.
Ajari anak-anakmu membaca surat al-Fatihah sebelum orang lain mengajarkannya banyak hal. Karena itu akan menjadi bagian dari shalat di sepanjang hidup mereka.

7. We always think what will happen to my children after i die, but we should really think what will happen to my children after they die.
Kita selalu memikirkan “Apa yang akan terjadi pada anak-anakku setelah aku meninggal”, tapi seharusnya kita juga harus benar-benar memikirkan “Apa yang akan terjadi pada anak-anakku setelah mereka meninggal”.

8. Be Responsible parents. Make du’a for your child. – Dr. Bilal Philips
Jadilah orang tua yang bertanggung jawab. Jangan lupa memanjatkan doa untuk anak-anakmu. – Dr. Bilal Philips

9. The best gift from a Father to his child is education and upbringing.
Hadiah terbaik dari seorang Ayah kepada anaknya adalah pendidikan dan pengasuhan.

10. The work will wait while you show the child the rainbow, but the rainbow won’t wait while you do the work.
Pekerjaan masih bisa menunggu saat kamu menunjukkan keindahan pelangi kepada si anak, tapi pelangi tidak akan menunggu saat kamu lebih memilih mendahulukan pekerjaanmu.

11. Do not force your children to behave like you, for surely they have been created for a time which is different to your time. – Ali bin Abi Thalib
Jangan memaksa anakmu untuk menjadi seperti kamu, karena mereka tidak terlahir di zamanmu. – Ali bin Abi Thalib

12. O Lord, give us comfort in our spouses and children, and make us paragons of those who follow the straight path. – (Q.S Al-Furqan: 74)
Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami isteri-isteri dan keturunan yang menyejukkan hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa. – (Q.S Al-Furqan: 74)

13. Give due respect and regard to your children, and decorate them with the best of manners. – Hadits
Muliakanlah anak-anakmu dan didiklah mereka dengan baik. – Hadis

14. Your child will follow your example, not your advice.
Seorang anak akan mengikuti contoh darimu, bukan nasehatmu.

15. Your children need your presence more than your presents.
Anak-anak membutuhkan kehadiranmu lebih dari sekedar hadiah darimu.

16. Whoever fails to show mercy to our children and honor to our elders, is not one of us. – Hadits
Bukan termasuk golongan kami, orang yang tidak menyayangi anak-anak dan tidak menghormati orang yang dituakan diantara kami. – Hadis

17. Do not raise your children to provide for you. Raise them to worship Allah and provisions will always come. – Ibnu Utsaimin
Jangan membesarkan anak-anak supaya mereka menghasilkan rezeki untukmu. Akan tetapi besarkan mereka untuk beribadah kepada Allah, maka rezeki pun akan datang mengikuti. – Ibnu Utsaimin

18. Teach your kids Quran, and Quran will teach them everything. – Dr. Bilal Philips
Ajarkanlah alquran kepada anak-anakmu, maka alquran akan mengajarkan segalanya kepada mereka. – Dr. Bilal Philips

Akhirnya itu saja kumpulan parenting quotes untuk orang tua dalam mendidik anaknya. Lagi-lagi anak adalah generasi masa depan dan semua yang ada pada mereka ada di pundak kita. Jadi didiklah anak kita dengan sebaik-baik pendidikan dan sebaik-baik kurikulum.

Sekian dari kami semoga kata bijak untuk orang tua supaya termotivasi mendidik anak diatas dapat membuka mata para penyidik untuk terus semangat dan berjuang demi generasi Gemilang.
Top