Ramuan Ajaib Dari Kayu Manis, Sangat Ampuh Sembuhkan Penyakit Diabetes

Komentar

kayu manis via hellosehat.com

Banyak sekali rempah-rempah yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah kayu manis yang memiliki segudang manfaat. Apa saja manfaat kayu manis? Apakah ada kayu manis efek samping?

Kayu manis atau cinnamon merupakan
salah satu bumbu rempah yang populer digunakan dalam memasak karena memiliki aroma yang kuat, bersifat hangat, dan rasa yang manis. Tanaman ini merupakan tanaman yang sering dijumpai di daerah tropis.

Kayu manis terbuat dari apa? Tanaman yang menghasilkan kayu manis adalah tanaman dari genus Cinnamomum. Para petani kayu manis mengelupas bagian kulit luar pohon dan juga bagian kulit dalamnya untuk mendapatkan lapisan kayu manis. Selanjutnya, kayu manis pun dikeringkan.

Baca Juga : Manfaat Tomat, Selain Enak Dimakan Ternyata Bagus Untuk Perawatan Wajah

Apa saja manfaat kayu manis?

ilustrasi minuman kayu manis via lifestyle.okezone.com

Selain menambah rasa dan memiliki bau yang sedap, kayu manis ternyata memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Apa saja khasiat kayu manis? Berikut adalah manfaat dan khasiat kayu manis bagi kesehatan:

1. Menurunkan berat badan
Air rebusan kayu manis yang dicampur dengan madu adalah minuman terbaik untuk menurunkan berat badan. Sebab minuman ini membantu dalam mendetoksifikasi sistem tubuh, membuatmu cepat kenyang, serta menekan nafsu makan.

2. Meringankan kram menstruasi
Menurut National Center For Biotechnology, wanita yang tersiksa dengan kram menstruasi bisa meringankan kram yang mereka derita dengan minum air kayu manis. Sebabnya, kayu manis bersifat analgesik dan anti koagulasi yang membantu mengurangi rasa nyeri.

3. Meningkatkan imunitas
Air kayu manis kaya akan zat antioksidan seperti polifenol dan proanthocyanidins untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu air kayu manis juga memiliki sifat anti jamur, antibakteri, dan antivirus yang menurunkan risiko berbagai penyakit seperti masalah jantung atau penyakit pernapasan.

4. Mengurangi efek buruk PCOS
PCOS atau sindrom ovarium polikistik, adalah kelainan hormonal yang terjadi pada wanita yang menyebabkan ovarium membesar dengan kista yang berkembang di sisi luar. Minum air rebusan kayu manis diketahui bisa mengurangi efek buruk PCOS dan menurunkan resistensi insulin pada wanita yang sedang menderita PCOS.

5. Meningkatkan fungsi otak
Menurut penelitian, air kayu manis memiliki kemampuan untuk memperlambat perkembangan penyakit otak seperti penyakit Parkinson dan Alzheimer karena nutrisi di dalamnya akan meningkatkan konsentrasi dan fungsi otak.

6. Meredakan sakit gigi
Nyeri karena sakit gigi amatlah menyiksa. Kamu pun bisa mengobatinya dengan minum air rebusan kayu manis untuk mengurangi nyeri dan pembengkakan gusi.

7. Mencegah diabetes
Apakah kayu manis bisa menyembuhkan diabetes? Senyawa polifenol dan antioksidan di dalam kayu manis juga bermanfaat untuk mengatur kadar gula darah sehingga bermanfaat dalam mengobati diabetes tipe 2.

8. Mencegah kanker
Kayu manis mengandung senyawa anti karsinogenik yang terbukti bermanfaat untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker.

9. Meningkatkan pendengaran
Para manula bisa menjaga kesehatan pendengaran mereka dengan rajin minum air rebusan kayu manis. Sebab kayu manis begitu tinggi zat alami untuk mempertajam pendengaran.

10. Mempercantik kulit
Kayu manis adalah sumber serat yang sangat baik untuk menghilangkan racun dari dalam tubuh. Sebab, racun yang menumpuk bisa akan membuat kulit tidak bercahaya dan cantik lagi.

Lantas, apakah kayu manis aman untuk lambung? Mengkonsumsi kayu manis dalam batas wajar boleh saja dan tidak dilarang pada penderita maag. Para peneliti percaya kalau kayu manis dapat menurunkan kadar asam lambung dan pepsin di dalam usus, sehingga membantu aliran darah di dinding perut, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesehatan lambung dan usus. Selain itu, makan kayu manis dapat membuat suhu perut dan tubuh menjadi lebih dingin, sehingga membuat pencernaan bekerja dengan baik.

Apakah ada kayu manis asli dan tiruan? Jenis kayu manis ceylon dan cassia memiliki manfaat kesehatan dan kandungan nutrisinya yang sama. Namun kualitas cassia lebih rendah, karena mengandung banyak zat coumarin dibanding ceylon.

Coumarin adalah zat organik yang terkandung dalam kayu manis. Coumarin merupakan racun fitokimia, zat yang digunakan untuk membuat racun tikus. Aroma manis dari kayu manis berasal dari zat coumarin. Bahan kimia dari coumarin ini hadir dalam konsentrasi yang jauh lebih tinggi dan bersifat karsinogenik.


ilustrasi kayu manis via cairofood.id

Harga kayu manis jenis ceylon lebih mahal dibandingkan cassia. Permukaan kayu manis ceylon licin, tipis, lebih berserat, rapuh, lebih ringan, warna bercoklat muda atau kekuningan, bergulung penuh, tiada lubang ditengah, mudah digiling menjadi bubuk halus, beraroma lembut dan manis.

Jenis cassia bentuk tidak rata, teksturnya keras, padat, tidak mudah pecah, sulit digiling, rasa pedas, warna coklat kemerahan gelap, kasar dalam penampilan, berlipat kedalam dan kosong. Sebagian besar kayu manis yang dijual di super market adalah jenis cassia.

Kayu Manis Efek Samping

ilustrasi kulit gatal via hellosehat.com

Setiap obat tentu akan menimbulkan efek samping, apalagi jika dikonsumsi secara kurang tepat. Nah, berikut ini adalah beberapa kayu manis efek samping jenis cassia yang mungkin muncul akibat penggunaan yang berlebihan:

1. Penyakit Kulit
Efek samping pertama yang banyak dikeluhkan oleh pengguna kayu manis Cassia secara berlebih adalah gangguan pada kulit. Ada sebagian orang yang merasakan gatal-gatal atau alergi terhadap kayu manis Cassia. Ada pula yang kulitnya terdapat ruam setelah meminum kayu manis Cassia sebagai obat herbal. Jika Anda mengalami hal serupa, segera menghantikan penggunaan kayu manis Cassia, sebelum kondisi kulit semakin memburuk.

2. Gangguan Pernafasan
Selama ini yang Anda tahu, rokok adalah penyebab utama gangguan pernafasan. Ternyata, kayu manis Cassia bisa juga menimbulkan masalah serupa. Ada istilah khusus untuk gangguan ini yaitu dyspnea. Gangguan ini bisanya timbul setelah penggunaan kayu manis Cassia secara berlebihan.

3. Gangguan Jantung
Efek lain yang mungkin timbul akibat penggunaan kayu manis Cassia adalah terjadinya gangguan pada jantung. Jangan sampai Anda mengobati satu penyakit dan dalam waktu yang sama mengundang penyakit baru ke tubuh Anda. Apalagi jantung adalah organ vital tubuh. Kesehatannya sangat penting untuk dijaga. Biasanya gejala awal yang bisa dirasakan adalah denyut jantung yang lebih cepat dari biasanya.

4. Produksi Keringat
Selain pernafasan dan jantung, konsumsi kayu manis Cassia yang berlebih dapat meningkatkan jumlah keringat yang dikeluarkan tubuh. Biasanya, telapak tangan menjadi bagian tubuh yang akan benyak mengeluarkan keringat jika dosis kayu manis Cassia yang masuk tidak tepat.

5. Tangan Gemetar
Bukan hanya keringat yang terus mengucur deras, tangan dan tubuh menjadi gemetar seperti orang kelaparan juga menjadi efek lanjutan dari konsumsi kayu manis Cassia yang berlebih.

Baca Juga : Manfaat Susu Kedelai, Selain Mencegah Obesitas Ternyata Juga Baik Untuk Kesehatan Jantung


Nah, itulah informasi tentang kayu manis mulai dari khasiat sampai efek samping mengonsumsinya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua. Mohon maaf jika ada kekurangan ataupun kesalahan.
Top