Beribu Manfaat Kayu Gaharu, yang Didengung-dengungkan Kayu dari Surga

Komentar

kayu gaharu via rejekinomplok.net

Beragam tumbuhan diciptakan oleh Allah SWT, salah satunya adalah Kayu Gaharu. Kayu Gaharu Merupakan sejenis kayu berwarna kehitaman yang mengandung sejenis resin khas (resin adalah kandungan dalam getah pohon). Resin tersebut ternyata dihasilkan dari mikroba berjenis fusarium sp, yang membuatnya bernilai jual tinggi. Pohon Gaharu mampu tumbuh sampai puluhan meter dan berdiameter rata-rata 40 hingga 60 cm.

Yuk kita simak selengkapnya tentang kayu gaharu berikut ini! apa kegunaan kayu gaharu , kayu gaharu fungsinya, apa manfaat kayu gaharu , efek kayu gaharu, sampai kayu gaharu dalam islam akan kami bahas. Simak ya!

Apa kegunaan kayu gaharu ?

fungsi kayu gaharu via unggul.co

Tahukah kamu kayu gaharu fungsinya apa ? Dan apa manfaat kayu gaharu untuk kehidupan ? Simak berikut ini

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan sarana kayu gaharu berupa Gelang atau Tasbih Gaharu. manfaat ini saya bedakan menjadi beberapa kategori, berikut ini selengkapnya:

Manfaat Secara Metafisik
  • Untuk kayu yang sudah dibentuk menjadi gelang atau tasbih, bisa digunakan sebagai media dzikir kepada Allah.
  • Energi kayu tersebut dapat membantu melemaskan dan merilekskan ketegangan saraf.
  • Menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh ilmu hitam atau sihir.
  • Bisa Digunakan sebagai sarana untuk mengobati kesurupan.
  • Mampu digunakan sebagai pagar gaib untuk melindungi penyakit karena santet dan ilmu hitam,
  • Aroma kayu gaharu asli bisa membantu Anda dalam ketengangan dan mengurangi rasa cemas yang berlebihan.
  • Membantu proses meditasi/ tafakur kepada Allah.

Manfaat Untuk Kesehatan
  • Menjaga kesehatan ginjal, yaitu dengan cara diseduh dan diminum secara teratur, bahkan teh batang pohon gaharu bahkan dapat mengobati penyakit ginjal yang sudah kronis seperti batu ginjal dan gagal ginjal.
  • Minyak hasil limbah kayu gaharu bisa dioleh sebagai minyak istiri. Minyak ini bermanfaat sebagai anti penuaan diri dan mencerahkan kulit.
  • Meningkatkan kekuatan otot tubuh
  • Membuat tubuh lebih kuat dan tidak mudah lelah.
  • Batang kayu gahayu bisa digunakan sebagai penyembuh tumor. Karena didalam batangnya mengandung flavonoid yang mampu menjaga kesehatan tingkat sel.
  • Membantu meningkatkan kinerja organ fisik
  • Membantu meringankan rasa sakit akibat cedera.
  • Aroma gaharu bisa digunakan sebagai obat penyembuh insomnia
  • Kandungan zat duritik dalam gaharu bisa digunakan sebagai herbal penyembuh racun dalam tubuh.


Itulah beberapa efek kayu gaharu asli. Bahkan aroma wangi kayu ini dikabarkan juga digunakan pada batu hajar aswad yang ada di ka’bah. Subhanallah.

Fakta kayu gaharu 

fakta kayu gaharu via dekoruma.com

Berikut ini fakta kayu gaharu yang tumbuh di Indonesia.

1. Resin dalam Gaharu yang membuat kayu ini unik
Kayu yang sudah tualah yang nantinya dapat menghasilkan resin atau gubal dan biasanya mulai terbentuk ketika pohon sudah berusia 25 tahun. Namun saat ini para pemilik sudah menemukan cara agar resin cepat tumbuh dengan menyuntikkan mikroba tersebut dalam batang pohon yang berusia minimal 5 tahun. Dan resin itu atau bagian yang berwarna hitam biasanya terdapat di bagian tengah pohon.

2. Kayu ini memiliki wangi yang khas dan harga mahal
Banyak negara yang menginginkan kayu ini adalah karena memiliki aroma khas yang dihasilkan dari resin atau gabulnya. Itulah sebabnya banyak produsen sampo, kosmetik, dan parfum yang menggunakan gaharu sebagai bahan dasarnya.

3. Kayu gaharu disebut-sebut berasal dari surga
Fakta tersebut ditafsirkan dari Hadist Riwayat Imam Bukhori yang berbunyi,

“Golongan penghuni surga yang pertama kali masuk surga adalah berbentuk rupa bulan pada malam bulan purnama, … (sampai ucapan beliau) …, nyala perdupaan mereka adalah gaharu, Imam Abul Yaman berkata, maksudnya adalah kayu gaharu.” Sabda Rasulullah dari Abi Hurairah Radliyalahu ‘anh.

4. Tumbuhan ini berkhasiat untuk kesehatan fisik maupun spiritual
Baik kayu maupun daun gaharu disebut-sebut menyimpan banyak sekali manfaat bagi kesehatan misalnya mengatasi masalah ginjal, sembelit, kembung, diare, sampai masuk angin.

Itulah fakta kayu gaharu yang unik.

Kayu gaharu dalam islam

Berikut ini merupakan kayu gaharu hadits yang menyebutkan bahwa kayu gaharu berasal dari surga. Benarkah kayu gaharu dari surga ? Simak kayu gaharu hadits ini.

هدس ١٤٢٩ حديڽُ اُّم ڤيس بنت محصن ڤا لت :سمغ النبي صل ل لله الايه وسلام : يقل : غلِكُم بهذا ِ الغود الهند يّ فاِ نّ فِ يْه سبغة اشفية يستغطُ به من الغذ ر ةِ ويلةُ به من د اتِ الجنب ( ا خرحه الخا ري في :٧٢ -كبِا ب لطب:١٠- باب السغوط با لقسط اطندي البحي وهو الكست. 

Artinya: Ummu qois binti mihsan ra berkata: Aku telah mendengar Rasulullah bersabda,pakailah( pergunakanlah) kayu gaharu itu sebab mengandung tujuh macam obat,untuk sakit tenggorokan,juga dapat dimakan untuk obat sakit pinggang ( bukhori muslim ) Dari hasil penelitian berbagai negara tentang kegunaan kayu gaharu selain untuk hio/dupa,kemenyan,parfum,kosmetik,campuran obat nyamuk bakar,untuk sarang(rumah) walet,terapi,untuk agama hindu buat bakar mayat,mandi Asap dan juga bisa untuk Obat.

Dan berikut keutamaan dan pahala yang akan di dapat bagi orang yang suka menanam tanaman bagi umat muslim,maaf saya kutib dari dalilnya umat muslim

Diriwayatkan dari anas bin malik ra : Rasulullah pernah bersabda “ akan di pandang sebagai melakukan sedekah,seorang muslim yang menabur benih dan menanam pohon kemudian manfaat di ambil oleh manusia,burung-burung,atau hewan lainya,( HR al Bukhory dlm kitab al muzaro’ah)

Dan atau : Tak ada seorang muslim yang menanam pohon atau menanam tanaman,lalu burung memakanya,atau manusia,atau hewan,kecuali dia akan mendapat sedekah karenanya ( Hr Bukhary dalam kitab al muzaro’ah 2320 dan muslim dalam kitab Al Musaqah 3950 )

Apakah kayu gaharu dilindungi ?

kayu gaharu dilindungi via alla.batlax.com

Semenjak dahulu kala...sebetulnya orang sudah mengetahui akan berharganya Gaharu ini.  Mereka datang ke hutan, mencari pohon penghasil gaharu, mereka tebang, mereka cari gaharu nya namun ketika tidak ditemukan maka batang pohon tersebut di tinggal begitu saja.

Bayangkan saja, menurut data penelitian pohon penghasil gaharu yang tumbuh di hutan secara alamiah, jarak masing2 pohon itu sekitar 500 m - 1 km. Jadi, kalo di sini ditemukan 1 pohon penghasil gaharu...maka kita baru bisa menemukan pohon penghasil gaharu lagi setelah menempuh jarak 500 m atau 1 km.

Berpuluh tahun ditebangin..akhirnya pada tahun 1995 PBB telah mencantumkan jenis pohon penghasil Gaharu dengan nama Aquilaria Malaccensis telah tercantum dalam CITES Lampiran II (berpotensi terancam punah) dan pada tahun 2004 semua jenis pohon Aquilaria tercantum dalam CITES Lampiran II.

Oleh karenanya, dari tahun ke tahun Jumlah Ekspor Gaharu ke luar negeri mengalami penurunan. Hal ini terjadi bukan karena sepi pembeli namun dikarenakan bahan utama penghasil Gaharu hampir punah. Itulah kenapa semenjak tahun 2000 pemerintah sudah mulai menggalakan pembudidayaan pohon gaharu ini dan mulai mengenalkannya kepada para petani-petani. Hal ini dikarenakan Gaharu adalah salah satu penyumbang devisa Negara dari sektor Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK).

Jadi demikianlah artikel tentang kau gaharu. Semoga bermanfaat!
Top