Jika 4 Pertanda ini Terjadi, Islam Sudah Mulai Redup

Komentar

Image from islami.co

Sebagai umat muslim, wajib untuk menjaga ajaran Islam. Karena islam adalah agama rahmatan lil 'alamin.

Ketahuilah, ini 4 pertanda ajaran islam mulai redup seperti yang dikatakan Rasulullah, hati-hati!!!

Islam diturunkan ke dunia sebagai rahmatan lil 'alamin. Ajaran yang terkandung di dalamnya membawa rahmat bagi semesta alam.

Agama ini telah tersebar ke seluruh penjuru dunia. Pemeluknya pun begitu banyak, menjadikan Islam sebagai agama terbesar kedua di dunia.

Meski begitu, kehidupan berjalan ada pasang surutnya. Sepanjang perjalanan sejarah, kisah kejayaan dan kemunduran terjadi silih berganti.

Perubahan ini terjadi karena banyak faktor. Bisa dari dalam maupun dari luar.

Demikian pula dengan Islam yang bisa saja meredup.  

Dikutip dari Islami.co, Imam Al Qusyairi dalam kitab Risalah-nya, mengatakan dia pernah mendengar Muhammad bin Husain yang mendengar dari Abu Bakar Ar Razi berkata demikian, " Saya telah mendengar dari Muhammad bin Fadl menjelaskan Islam mulai meredup bila sudah ada empat tanda ini."

Baca Juga :

Apa Saja Tanda-tandanya?

Pertama, apabila umat Islam sudah tidak mau menjalankan ajaran yang mereka ketahui. Saat kondisi ini terjadi, Islam hanya sebatas menjadi simbol semata lantaran umat tak mau menjalankanm syariat.

Kedua, apabila umat mengamalkan ajaran Islam namun tidak dilandasi ilmu. Dalam hal ini, ilmu merupakan imamnya amal.

Ketiga, apabila umat Islam tak mau lagi belajar sesuatu yang tidak diketahui. Padahal, setiap kewajiban yang dijalankan umat harus dilandari ilmu.

Keempat, apabila orang melarang orang lain yang berniat belajar tentang sesuatu yang menjadi kewajibannya baik terkait ibadah maupun muamalah.

Dari penjelasan di atas, empat hal itu merupakan pertanda Islam mengalami kemunduran. Secara tersirat, penjelasan ini harus menjadi pemicu bagi setiap Muslim untuk selalu belajar dan menerapkan ilmu yang didapatnya dalam kehidupan sehari-hari.

Wallahu A'lam.
Top