Cara Cepat Belajar Bahasa Korea

Komentar
Bahasa korea via youtube.com

Bisakah belajar bahasa korea dengan mudah? bagaimana belajar bahasa korea dengan cepat? Karena belajar Bahasa Korea lebih mudah daripada belajar Bahasa China. Berikut belajar bahasa korea dasar untuk pemula.

Nah, bagi kalian yang masih pemula dan ingin mempelajari Bahasa Korea berikut ada beberapa tips dan belajar bahasa korea cepat dan praktis, cocok bagi Anda yang masih pemula, Anda bisa mengikuti caranya disini.

Kecanggihan teknologi dan juga kemajuan zaman yang semakin canggih membuat kita belajar bahasa asing menjadi lebih mudah, ada juga teori dasar belajar bahasa korea yang harus Anda ketahui sebelum memperdalam ilmu bahasa korea ini. Bagaimana caranya? Dibawah ini merupakan penjelasannya.


Korea aecsemarang.com


Cara Belajar Bahasa Korea dengan Mudah

Sebagai langkah awal, disarankan bagi pemula untuk mengenal dan memahami terlebih dahulu huruf korea atau disebut Hangeul. Hangeul keseluruhan berjumlah 24 buah huruf. Terdiri atas 10 huruf vokal dasar dan 14 huruf konsonan dasar. 

Selanjutnya dari vokal dasar dan konsonan dasar tersebut dikembangkan lagi menjadi vokal rangkap dan konsonan rangkap. Agar lebih mudah mempelajarinya akan disertakan pula beberapa tabel dari masing-masing huruf tersebut.

1. Daftar tabel huruf vocal dasar beserta cara bacanya :

Vocal dasar via futurloka.com

2. Daftar tabel huruf konsonan dasar beserta cara bacanya :

Konsonan dasar via futurloka.com

3. Daftar tabel huruf vocal rangkap beserta cara bacanya :

Vocal rangkap via futurloka.com

4. Daftar tabel huruf konsonan rangkap beserta cara bacanya :

Konsonan via futurloka.com

Setelah anda sudah mengenal dan memahami semua huruf Korea yang terdiri dari Vokal & Konsonan Dasar serta Vokal & Konsonan Rangkap, langkah berikutnya yaitu mempelajari cara penulisan dan cara membacanya.

Adapun cara penulisan huruf Korea yaitu persuku kata. Jadi, kosakata bahasa Korea terdiri dari suku kata atau  terdiri dari beberapa gabungan suku kata. Dari suku kata tersebut dapat kita potong menjadi suku kata Konsonan dan Vokal (KV) atau Konsonan, Vokal, Konsonan (KVK).

Jika penerapan huruf Korea vokal yang berdiri sendiri penulisannya, maka huruf ㅇ masih berfungsi. Artinya huruf ㅇ tidak dihilangkan. Kecuali jika huruf vokal digabungkan dengan huruf konsonan maka huruf ㅇ dihilangkan.

Contoh :

우유 dibaca ‘uyu’ artinya ‘susu’

Dalam huruf Korea juga terdapat 4 pola dasar penggabungan vokal dan konsonan yang harus dipahami.

1. Bila Konsonan bergabung dengan Vokal vertikal, maka berpola susun kesamping.
Contoh :

다리미 dibaca ‘tarimi’ artinya ‘setrika’

2. Bila Konsonan bergabung dengan Vokal horizontal maka berpola susun kebawah.
Contoh :

포도 dibaca ‘phodo’ artinya ‘anggur’

3. Bila Konsonan bergabung dengan Vokal vertikal dan ada Konsonan akhir (bachim), maka ditulis seperti berikut :
Contoh :

신발 dibaca ‘sinbal’ artinya ‘sepatu’

4. Bila Konsonan bergabung dengan Vokal horizontal maka berpola susun tindih.
Contoh :

공장 dibaca ‘kongjang’ artinya ‘pabrik’

Nah, jika sudah mahir menulis dan membaca huruf Hangeul, kemudian anda bisa belajar bahasa korea lanjutan agar lebih mahir lagi. Diatas tadi merupakan teori pertama dalam belajar bahasa kora, ternyata anda juga bisa belajar bahasa kora secara otodidak lho! Bagaimana caranya?


Bahasa kora pemula via apk-dl.com


Belajar Bahasa Korea Otodidak

Masih berbicara mengenai Bahasa korea, tips berikutnya yang akan kami share yaitu bagaimana cara mempelajari Bahasa korea secara otodidak.

1. Kuatkan niat dan tekad
Dengan niat tekad dan kemauan yang kuat pastinya anda akan serius untuk mempelajarinya.

2. Berlatih mengucapkan kata dasar
Berlatih mengucapkan kata sederhana seperti Angka, kata kerja, kata benda, kata tanya dan juga ungkapan sederhana lainnya dalam bentuk bahasa korea sangat baik untuk memperlancar pengucapan Bahasa korea anda.

3. Perbanyak kosakata
Memanfaatkan media seperti melalui film, lagu, atau internet juga dapat anda lakukan sebagai cara untuk memperkaya kosakata anda.

4. Mempelajari tata bahasa
Bila dirasa sudah cukup menguasai bbebrapa kosakata, mulailah berlatih merangkai kata – kata hingga menjadi sebuah kalimat. Lakukan secara bertahap dan berkesinambungan.

5. Membiasakan membaca tulisan berbahasa Korea
Cobalah membiasakan mata dengan membaca artikel berbahasa Korea ataupun berita online atau mungkin buku asli bertuliskan HanGeul korea. Berbekal kosakata yang telah dihafal, paling tidak ada beberapa kata yang dimengerti.  

Dengan sering membaca artikel bertuliskan HanGeul dimaksudkan mendapat gambaran bagaimana susunan kalimat yang baik dan benar dalam bahasa korea.

6. Mempraktekkan Bahasa korea yang telah dipelajari
Percuma rasanya jika sudah melakukan semua tapi tidak mempraktekannya secara langsung. Cara ini dimaksudkan agar anda dapat dengan lancar berbicara Bahasa korea, selain itu cara ini juga bagus melatih keberanian anda jika nantinya bertemu langsung dengan orang korea.

7. Konsisten
Seperti ilmu pelajaran yang lain, bila ilmu Bahasa korea yang telah didapat tidak diasah atau dipakai, lambat laun akan pudar. Untuk menjaga agar ilmu tetap tersimpan rapi dalam ingatan, tetap berlatih dan bila perlu mengulang materi pelajaran yang sudah pernah dipelajari.

Apakah belajar bahasa korea itu sulit? Sebenarnya belajar korea tidaklah sulit jika anda mengikuti tips yang sudah dijelaskan tadi, anda akan segera bisa berbahasa kora jika mempunyai niat dan tekad yang kuat, selain itu anda juga harus memiliki konsisten yang tinggi.


Demikian yang bisa kami sampaikan, semoga informasi ini bisa sangat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba, seoga berhasil.
Top