Mengulas Fakta Batu Akik, Benarkah Ada Penunggunya?

Komentar

batu akik via tabloidbintang.com

Kepopuleran batu akik dulu bak seorang artis yang tengah naik daun. Tak terbatas dari kalangan tertentu, batu akik menyihir berbagai kalangan, dari rakyat biasa sampai para pejabat pun ikut menyemarakkan hiruk pikuk bisnis batu akik. Tidak berbanding lurus dengan ramainya bisnis batu akik, masih banyak pelaku bisnis batu mulia ini tidak membekali diri dengan keilmuan yang mumpuni di bidan per akik an.

Hal ini tak jarang menimbulkan masalah yang tidak sedikit. Tak sedikit para konsumen yang merasa dirugikan oleh penjual batu akik. Baik disebabkan karena kurangnya pengetahuan dari konsumen sendiri maupun kekurangtahuan penjual batu itu sendiri. Nah, untuk menghindari masalah nantinya, sebaiknya Anda pelajari terlebih dahulu dengan benar ciri-ciri batu akik asli yang bisa Anda cek dan lihat dengan kasat mata.

Batu akik asli

Berikut ciri batu akik asli seperti apa :

1. Periksa Suhu Batu Akik
Batu akik yang asli cenderung memiliki suhu yang dingin (jawa: anyep), untuk mengeceknya bisa Anda coba tempelkan pada pipi, leher atau pada kulit yang sensitif lainnya, jika berasa dingin kemungkinan itu batu asli.

2. Periksa Berat Batu Akik
Batu akik yang asli lebih berat dari pada batu akik yang terbuat dari plastik atau bahan yang lain.

3. Perhatikan Serat Batu Akik
Perhatikan serat yang ada di dalam batu akik. Batu akik asli dari alam memiliki serat alami, batu akik dari bahan sintetis atau dari kaca meskipun memiliki serat namun tidak sama dengan serat alami. Untuk akik palsu sering tampak gelembung di dalamnya akibat proses pembuatan yang terdapat udara terperangkap di dalamnya.

4. Perhatikan Struktur Batu Akik
Sebagian besar batu akik yang mempunyai struktur sangat kuat yang ketika digoreskan pada kaca tidak akan mengalami lecet. Jadi kekerasan struktur pada batu akik juga menjadi salah satu ciri batu tersebut asli.

Apakah batu akik bisa berubah warna ?

Ada beberapa jenis batu akik yang bisa berubah warna. Perubahan warna pada batu akik disebabkan oleh kandungan Chalcedony. Chalcedony sendiri adalah bentuk kriptokristalin dari silika, terdiri dari mineral kuarsa dan moganit yang saling bertumpuk . Kuarsa dan moganit merupakan mineral silika, namun kuarsa memiliki struktur trigonal sedangkan moganit bersifat monoklinik . Istilah Chalcedony dikenal luas oleh masyarakat kita sebagai batu mulia yang tembus cahaya .

Batu akik yang tembus cahaya disebutkan lebih mudah mengalami perubahaan warna . Perubahaan warna sendiri bisa diakibatkan oleh suhu , reaksi kimia , dan lain-lain . Oleh sebab itu , beberapa batu akik yang akan kami sebutkan dibawah ini pastilah memiliki struktur batu yang tembus cahaya .

Batu Giok Solar Aceh

batu giok solar aceh via theakik.blogspot.com

Batu Giok Solar awalnya akan terlihat berwarna hijau kehitaman . Namun , jika sudah berubah warna maka batu ini akan terlihat berwarna hijau kekuningan dan bercampur coklat.

Batu Bacan

batu bacan via bukalapak.com

Batu bacan sendiri juga bisa berubah warna . Biasanya , perubahaan warna pada batu bacan terletak pada warnanya yang lebih kuat . Perubahan dari warna batu bacan dapat anda amati setiap hari .

Batu Akik Sungai Dareh

batu akik sungai dareh via batu-akik.org

Perubahaan warna pada batu akik sungai dareh terlihat dari warna motif atau lumut yang terpendam didalamnya . Biasanya , jika perubahaan warna telah terjadi , maka batu akik sungai dareh milik anda akan terlihat lebih transparan atau memiliki kekristalan yang indah .

Batu akik untuk kewibawaan

batu akik kecubung via rocketmanajemen.com

Bagi anda para penggemar batu permata, tentu tidak asing dengan batu akik kecubung. Batu Akik Kecubung atau Amethyst ini dipercaya memiliki khasiat untuk pengasihan. Konon, pemakai batu ini bisa tampak lebih menarik dan mempesona. Selain tampak lebih menarik dan mempesona, energi Batu Kecubung juga dipercaya mampu membantu meningkatkan kewibawaan dan kharisma seseorang.

Setidaknya ada 5 Jenis Cincin Batu Akik Kecubung, yang dipercaya memiliki energi kewibawaan yang kuat.

1.Cincin Batu Akik Kecubung Ungu
Cincin Batu  Kecubung ungu ini dipercaya mampu menumbuhkan kharisma seseorang. Sehingga pengguna batu ini lebih mudah dikagumi dan disayangi.

2.Cincin Batu Akik Kecubung Wulung
Cincin Batu Kecubung Wulung ini, dipercaya mampu menumbuhkan kewibawaan. Sehingga menjadi lebih dihormati dan disegani.

3. Cincin Batu Akik Kecubung Es
Energi Batu Akik Kecubung Es ini, lebih tenang. Sehingga wibawa yang muncul dari pengguna Batu Akik Kecubung Es ini lebih tenang, nyaman dan menyenangkan.

4. Cincin Batu Akik Kecubung Tanduk
Jika Batu Akik Kecubung Es Lebih Tenang, maka sebaliknya Batu Akik Kecubung Tanduk memunculkan energi yang tegas.

5. Cincin Batu Akik Kecubung Tali Emas
Energi Kewibawaan Batu ini, membuat penggunanya menjadi sosok yang lebih suple dan akrab dengan siapapun.

Benarkah batu akik berkhasiat

Batu akik memiliki khasiat namun dengan penjelasan ilmiah, kata Ketua Komunitas Batu Akik Mulia Sumatera Barat (Sumbar), Attila Majidi.

"Batu mulia memiliki khasiatnya tersendiri, namun dengan penjelasan secara ilmiah. Bukan hal-hal yang berbau mistis," katanya saat konfrensi pers kontes Gebyar Pesona Batu Akik Mulia Nusantara di Padang, Senin

Salah satu yang dicontohkannya adalah jenis Moss Agate (Suliki). Dimana batu itu memiliki kandungan mineral yang berpengaruh terhadap tubuh manusia.

"Moss Agate adalah akik mengandung mineral yang menyerupai lumut. Mineralnya itu berpengaruh terhadap tubuh manusia," jelasnya.

Selain itu, tambahnya, warna batu juga akan mempengaruhi perasaan pemakainya, sejalan dengan teori warna. Karena masing-masing warna juga kesannya sendiri.

Dengan hal tersebut, ia mengatakan beberapa khasiat yang sering dikatakan oleh pemakai batu tidak sepenuhnya salah. Namun kesalahan terjadi karena membawa hal tersebut ke ranah mistis.

Apakah batu akik ada penunggunya ?

batu akik khodam via batuakikbertuahampuh.blogspot.com

Beberapa orang yang memakai batu akik memberikan penunggu/khodam pada batu akik tersebut. Inillah ciri-ciri batu akik yang ada khodamnya.

1. Batu Lebih Berat
Batu akik / batu mustika yang mengandung khodam biasanya memiliki bobot yang lebih berat daripada batu biasa dengan ukuran yang sama. Cara pertama ini adalah cara yang lazim di gunakan dan bisa di praktekan oleh siapa saja.

2. Memiliki Pamor
Batu mustika / batu akik yang mengandung tuah / khodam biasanya memilik pamor. pamor itu adalah semacam cahaya, atau bias dan juga bisa berupa gumpalan yang menonjol yang terdapat pada batu akik (atau pada benda pusaka lainnya seperti keris bertuah).

3. Seperti Ada tekanan Di Perut Kiri Saat di Pegang
Dari pengalaman admin, batu akik yang bertuah atau mengandung khodam, saat kita pegang, maka akan ada tekanan di perut sebelah kiri bawah.

4. Terasa Panas
Pada kasus tertentu, ada jenis batu akik yang terasa hangat / panas saat di sentuh, dan biasanya batu akik yang seperti ini mengandung khodam yang kurang bagus, karena pembawaan atau energi dalam batu akik tersebut bisa dirasakan secara langsung.

5. Dibawa Tidur
Cara ke 5 untuk mengenali ciri-ciri batu akik yang mengandung khodam atau tuah adalah dengan membawanya tidur. Caranya yaitu dengan meletakkan batu akik dibawah bantal, ambilah air wudhlu sebelum tidur dan bacalah syahadat sebanyak 11x. Niatkan untuk berkomunikasi dengan khodam batu akik tersebut. Jika batu akik tersebut mengandung khodam biasanya Anda akan bermimpi.

Akankah batu akik booming lagi

TREN batu akik kian lesu. Tapi beberapa kalangan yakin bahwa semua itu bukan karena booming telah selesai, melainkan daya beli masyarakat yang menurun. Sejumlah kalangan tetap meyakini bahwa tren batu akik kembali berulang sebagaimana dua tahun terakhir ini.

Berikut ada lima alasan yang mendasarinya. Pertama, setiap tren yang berkaitan dengan gaya hidup atau lifestyle akan selalu berulang.

Kedua, ketika daya beli meningkat, di situlah tren bakal kembali booming. Sekarang orang masih memikirkan untuk membeli beras.

Ketiga, banyak orang yang telah memiliki batu akik. Di sisi lain, batu akik mempunyai daya tahan yang tinggi. Karena itu, orang belum membeli lagi karena batunya belum rusak.

Keempat, saat seseorang terkenal di dunia maupun di Indonesia yang menjadi panutan atau memiliki banyak pengikut kembali mengenakan batu akik tertentu, ketika itulah tren batu akan kembali memuncak.

Kelima, sejarah membuktikan bahwa batu akik adalah tren zaman dulu sampai sekarang dan tidak akan pernah hilang. Trennya berlangsung ribuan tahun silam hingga masuk Imperium Persia, Romawi, dan sampai saat ini.

Lima argumen tersebut tidak bisa terbantahkan. Sebab, banyak orang yang mempunyai pamor dan pengaruh menggunakan batu akik dari zaman dahulu kala.

Mereka memakai batu akik sejak lama. Mereka sudah puluhan tahun berkutat dengan batu akik. Bahkan, sebagian warga rela membelinya dengan harga mahal karena hobi.

Jadi itulah artikel tentang batu akik ynag sempat boominng beberapa tahun yang lalu. SEmoga bermanfaat!
Top