7 Tragedi Kecelakaan Maut Pesawat Terbang di Indonesia yang Menelan Banyak Korban

Komentar

Image from beritasatu.com

7 deretan kecelakan maut pesawat terbang yang terjadi di Indonesia..

Indonesia kembali di landa dengan musibah setelah terjadinya gempa dan tsunami di NTT, Donggala, dan Palu. Kini selanjutnya musibah itu menimpa dunia penerbangan, salah satunya adalah maskapai penerbangan swasta Lion Air JT 610 rute Jakarta - Pangkal pinang, Kepulauan Bangka Belitung yang terjatuh di Tanjung karawang, Jawa Barat, seperti yang dilansir oleh kangaladin.com

Peristiwa kecelakaan mengerikan ini tidak hanya terjadi pada kali ini saja, namun dalam kurun waktu beberapa tahun kebelangkang. Banyak sekali kecelakaan yang menimpa dunia penerbangan di indonesia. Untuk mengulang lagi memori pahit itu semua di sini kami akan mengupas 7 tragedi kecelakaan pesawat terbang di indonesia. Yuk kita simak penjelasan selanjutnya yang di bawah ini.

Baca Juga :

Berikut 7 tragedi maut kecelakaan pesawat terbang di Indonesia yang menelan banyak korban :

1. Pesawat merpati Mz_8968 jatuh di papua



Kecelakaan yang pertama adalah pesawat merpati Mz_8968. Tujuan penerbangan dari sorong menuju kaimanan dan biak. Namun naas pada ketinggian 500 meter dari badar udara utarom, kaimana papua barat terjatuh dengan mengenaskan. Pesawat yang membawa penumpang kurang lebih 21 orang dan kru awak pesawat tewas di tempat. Kejadian ini di picu akibat adanya kerusakan pada bagian mesin dan kejadian ini terjadi pada pukul 13.45 WIT.

2. Pesawat Adam air Yang Terjatuh Di Laut Majene



Kisah naas yang selanjutnya ada pesawat boeing 737- 400 miliki dari Adam Air yang lepas landas dari bandara Juanda Surabaya pada pukul 12.55 WIB. Yang di jadwalkan harus mendarat di bandara Sam Ratulangi Manado pukul 16.44 WITA.

Kondisi cuaca yang tidak bersahabat serta adanya kerusakan pada navigasi pesawat dan tidak mempunyai seorang pilot menghadapi kondisi darurat. Membuat pesawat boing ini terjatuh dengan kecepatan tinggi yang mengakibatkan pesawat hancur menjadi 2 bagian. Sontak semua penumpang yang ada di dalamnya tidak ada yang selamat.

3. Pesawat Garuda Indonesia Jatuh Ke Bengawan Solo



Tahun 2001 pada tanggal 16 januari, pesawat garuda indonesia terjatuh di sungai bengawan solo. Pesawat yang tujuan penerbangan dari Nusa Tenggara Timur menuju Yogyakarta, tiba-tiba di tengah perjalanan mengalami peristiwa mesin mati mendadak.

Sontak sang pilot pun panik dan mencoba dengan berusaha keras menghidupkan pesawat sebanyak 3 kali namun gagal. Di tengah situasi yang darurat itu sang pilot memberikan sinyal bahwa pesawat akan mendarat di sungai bengawan solo.

4. Pesawat Sukhoi Super jet 100 Terjatuh Di Gunung Salak 



Memang gunung salak ini terkenal akan cerita-cerita mistisnya yang mengakibatkan beberapa kejadian aneh. Ya salah satunya adalah terjadinya kecelakaan pesawat sukhoi menabrak gunung salak. Tidak hanya terjadi pada pesawat sukhoi saja, ada beberapa pesawat lainnya yang terjatuh dan menelan korban jiwa di gunung salak tersebut. Namun untuk terjatuhnya pesawat sukhoi sendiri akibat dari adanya cuaca yang buruk.

5. Pesawat Air asia Jatuh di selat karimata 



Selat karimata, dekat pangkalan Bun, Kaliteng pada tanggal 28 desember 2014. Menjadi saksi atas terjadinya peristiwa mengenaskan jatuhnya pesawat air asia. Pesawat ini mengangkut kurang lebih 162 penumpang, namun sayangnya semua penumpang tersebut tidak ada yang terselamatkan. Untuk penyebabnya sendiri adalah terputusnya aliran listrik. Sehingga kondisi ini mengakibatkan pesawat mengalami kecelakaan.

6. SilkaAir Terjatuh di sungai musi, Palembang, Sumatera Selatan. 



Tujuan penerbangan jakarta menuju singapura, mengalami kejadian tragis yang jatuh ke sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan. Akibatnya seluruh penghuni silkAir meninggal dunia termasuk kru awak pesawat. Penyebab terjatuhnya pesawat ini tentu sangat mencengangkan yaitu adanya tindakan di luar batas yakni sengaja menjatuhkan pesawatnya ke laut.

7. Pesawat Lion Air Jt 610 Jatuh di perairan karawang




Tentunya tragedi yang terakhir adalah kecelakaan yang menimpa dunia penerbangan di indonesia. Sempat hilang kontak pada pukul 06.30 WIB. Pesawat dengan tujuan penerbangan jakarta - pangkal pinang di jadwalkan harus sudah mendarat pada pukul 06.10 WIB.

Namun ada kisah mengharukan dan menarik dari kejadian terjatuhnya pesawat Lion Air yaitu atas selamatnya pegawai kantor yang bernama Sony setiawan. Hal ini karena beliau terjebat macet di jalanan jakarta sehingga ia lolos dari tragedi tersebut.

Demikian yang diatas 7 tragedi kecelakaan pesawat terbang di indonesia. Sejatinya maut pasti akan dan kita hanya menunggu waktu saja. Oleh karena itu mari kita persiapkan bekal kita nanti untuk di akhirat nanti. Sekian dari kami, terima kasih
Top