7 Alasan Mengapa Surah Ar Rahman Sering Kali Dijadikan Mahar Nikah

Komentar

Calon suami melantunkan surah ar rahman sebagai mahar nikahnya (sumber dari dodiaul4ever.blogspot.com)

Buat cowok jomblo


Sudahkah hafal Ar Rahman?

Mungkin ada yang penasaran, kenapa mulai banyak pria yang menggunakan mahar hafalan surat Ar Rahman...?

Berikut penjelasannya agar lebih paham...

Menurut survey yang dilakukan oleh akhwat fillah bahwa setiap pernikahan para aktivis dakwah ternyata kebanyakan calon istrinya memilih surat Ar-Rahman sebagai mahar pernikahan.

Betapa istimewanya surah Ar-Rahman, meskipun masih banyak surat-surat yang lain yang seperti surat an nur umpamanya atau surat lain yang lebih erat kaitannya dengan moment pernikahan.

Inilah beberapa alasan dari survey yang dilakukan para istri aktivis dakwah yang memilih surah Ar-Rahman sebagai mahar:

1. Ada yang mengatakan karena surah Ar-Rahman penuh dengan pertanyaan dari Allah tentang nikmat manakah lagi yang akan manusia dustakan.

Karena pernikahan adalah menyempurnakan separuh din dan mungkin masih banyak akhwat yang  belum dikaruniakan Allah seorang pendamping, maka sebagai rasa bersyukur akan sebuah pernikahan, mahar surat Ar-Rahman rasanya sangat tepat sebagai pengingat supaya selalu mensyukuri nikmat Allah yang sangat banyak, Seperti yang dilansir oleh 30harihafalquran.com

2. Ada yang mengatakan karena ingin meringankan calon suami,karena kata Rosulullah bahwa sebaik-baik mahar itu yang memudahkan (meskipun si akhwat belum hafal ) jadi sepertinya mahar surat Ar-Rahman  bisa jadi solusi.

Baca Juga :

3. Alasan selanjutnya yang simple tapi lucu. Terinspirasi dari novelnya kang abik Ayat-Ayat Cinta.

4. Ada yang memang sangat menyukai surah Ar-Rahman yang bercerita tentang bidadari yang di pingit, bahkan ada akhwat yang mengatakan dia tidak mau di hargai dengan apapun,baik cincin,uang atau materi apapun sebagai mahar tapi dia akan sangat bahagia kalau dirinya dibeli dengan surah Ar-Rahman, Subhanallah.

5. Surat Ar-Rahman ayatnya pendek-pendek dan juga diselingi dengan pertanyaan Allah akan nikmat-nikmatnya yang mana lagi yang kita ingkari,dan pengulangan kata-kata itu tidak terdapat pada surah yang lain,terdapat sekitar 31x pengulangan kata fa biayyi ‘alaa irobbikumaa tukazziban(maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?)

6. Alasan lain yang di terima akhwatfillah adalah akhwat memilih surah Ar-Rahman sebagai mahar untuk memotivasi hafalan Qur’an sang suami, karena ada bebrapa akhwat yang kadang membuat target berapa juz minimal hafalan calon pendampingnya,maka salah satu permintaannya mahar hafalan surah Ar-Rahman.

7. Alasan akhwat yang lain karena dalam surah Ar-Rahman Allah memberikan deskripsi tentang surga dan kenikmatannya, berupa buah-buahan,warna surga yang hijau juga bidadari yang sangat cantik disurga, yang katanya memotivasi para calon suami dan istri untuk senantiasa menjalankan roda rumah tangga dengan orientasi akhirat, yang akhwat terinspirasi menjadi istri terbaik yang menyaingi bidadari surga,yang ikhwannya terinspirasi berjihad tiada henti sampai syahid menjemput dan mendapatkan bidadari surga.

Terlepas dari semua alasan di atas, bagaimana seandainya akhwat minta mahar surat Al-Haqqoh. yang ayatnya pendek-pendek dan banyak menggambarkan kondisi akhirat,  tapi dari sisi kengeriannya alias neraka.

Kenapa kok nggak surah al haqqoh saja buat mahar nikah yang ayatnya pendek-pendek dan banyak menggambarkan kondisi akhirat,  tapi dari sisi kengeriannya alias neraka

jawabannya mungkin momennya kurang tepat karena para undangan akan menangis tersedu-sedu, maka kelembutan Allah yang menegur hamba-hambanya dalam surat Ar-Rahman mungkin bisa jadi merupakan inspirasi calon istri minta mahar hafalan surah Ar-Rahman.

Jadi untuk para ikhwan, sudahkah anda hafal surah Ar-Rahman? Kalau belum mungkin baiknya undur dulu proposal anda karena survei membuktikan akhwat kebanyakan meminta hafalan surah Ar-Rahman sebagai mahar pernikahan mereka, dan hafalannya di bayar tunai di depan para undangan pernikahan.

Sudahkah anda siap?
Top