Setelah Gunung Anak Krakatau Meletus, Kini Gunung Gamalama di Maluku Ikut Meletus

Komentar

Sumber gambar simomot.com

Tiada henti-hentinya musibah melanda bumi indonesia.

Sebelumnya gunung soputan meletus di Sulawesi Utara dan disusul kembali gunung Krakatau di Lampung.

Sekarang gunung gamalama di maluku ikut meletus dengan melontarkan abu valkanik yang berbahaya.


Gunung Gamalama kini ditetapkan dalam status 'waspada,' menurut Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG). Sementara Gunung Soputan yang meletus sehari sebelumnya, ditetapkan dalam status siaga.

Sebelumnya lagi, Gunung Anak Krakatau sudah terlebih dahulu meletus, melontarkan material pijar dalam radius 2 km dari pusat erupsi. Abu vulkanik juga menyebar ke area sekitar sesuai arah dan kecepatan angin.

Baca juga Kebiasaan Inilah Ciri-ciri Orang yang Tidak Takut Dengan Azab Allah

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Gamalama Darno Lamane menuturkan, status gunung masih tetap waspada tingkat II. Pihaknya masih terus mengamati perkembangan aktivitas vulkanik gunung tersebut. Menurut dia, Gamalama didominasi gas hidrotermal sehingga statusnya belum perlu dinaikkan.

Sekitar 1 jam sebelum kejadian erupsi, lanjut dia, terekam delapan gempa vulkanik dengan kemungkinan mekanisme yang disebut steam-driven eruption atau ledakan hidrotermal.

Muncul berbagai spekulasi tentang hubungan antara rangkaian letusan dan aktivitas tinggi berbagai gunung berapi itu dengan gempa di Palu dan Dongala yang diakibatkan oleh bergeraknya patahan Palu Koro.

Namun itu kemungkinan besar hanya kebetulan, kata Juru Bicara BNPB, Sutopo Purwo Nugroho.
Top