Sampai Kapanpun Islam Tidak Akan Turun Tahta Jadi Ideologi, Begitu Pula Sebaliknya!

Komentar

Foto: KH M. Luqman Hakim, (NU.or.id)

Pesan Pemgasuh Ponpes Raudhatul Muhibbin Caringin, Bogor, Jawa Barat, KH M. Luqman Hakim.

Sampai kapan pun Islam tidak akan turun tahta jadi ideologi, begitu juga ideologi tidak akan pernah naik tahta jadi agama Islam.

Berikut penjelasan beliau!

KH M. Luqman Hakim menjelaskan, ideologisasi Islam adalah neo-Qodariyah, sedangkan Islamisasi ideologi adalah neo-Jabariyah.

Ahlussunnah wal Jama’ah di antara keduanya, tapi bukan dua-duanya,” ungkapnya.

Direktur Sufi Center Jakarta ini menerangkan, hal tersebut berkaitan dengan gerakan kelompok Islam politik yang tidak henti-hentinya berupaya menjadikan Islam sebagai ideologi khilafah.

Sampai kapan pun Islam tidak akan turun tahta jadi ideologi. Begitu juga ideologi tidak akan pernah naik tahta jadi agama Islam,” ucap Kiai Luqman, dikutip dari NU Online, Sabtu (27/10)

Kiai Luqman menerangkan, bahkan Khulafaur Rasyidin saja bukan Khilafah. Bani Umayah dan Abbasiyah adalah dinasti, Utsmaniyah juga dinasti.

Sayyidina Abu Bakr tidak mau disebut Khalifatullah tapi Khalifah Nabi. Umar, Utsman, dan Ali malah hanya mau disebut Amirul Mukminin. Khalifatullah fil Ardhi itu bukan sistem,” tegasnya.

Dalam Al Qur'an maupun Hadits Nabi Muhammad SAW, sambung Kiai Luqman, tidak pernah sama sekali disebutkan sistem tata negara Islam.

Coba mana ayatnya atau haditsnya walaupun hadits dho'if sekalipun. Nabi Muhammad saja menyebut negaranya Al-Madinah Al-Munawwaroh. Bukan Negara Islam,” tandas penulis buku Jalan Hakikat ini.
Baca Juga:
Top