Sakit Gigi yang Tak Kunjung Sembuh, Bukan Sakit Biasa, Penyebabnya pun Berbeda

Komentar

Sakit gigi via scpatriotclub.com

Sakit gigi penyebabnya bisa berbagai macam, mulai dari makanan hingga cara perawatan gigi yang salah, baik itu dari sikat gigi atau cara menyikat gigi.

Jika sakit gigi berkepanjangan, cek dulu penyebabnya berikut ini, agar Anda dapat memilih cara mana yang tepat untuk menyebuhkannya.

Sakit gigi adalah kondisi ketika muncul rasa nyeri di dalam atau sekitar gigi dan rahang. Tingkat keparahan nyeri tersebut bisa bervariasi, mulai dari ringan hingga parah. Tahukah Anda jika plak penyebab sakit gigi berlubang mulai terbentuk di gigi dalam waktu 20 menit setelah makan? Lalu, makanan apa saja yang membuat sakit gigi?

Cara mengobati sakit gigi bisa langsung menuju dokter atau Anda juga bisa mengobatinya sendiri secara alami, apa saja obat sakit gigi secara alami? Salah satu cara mengobati sakit gigi secara alami adalah dengan berkumur air garam, dan masih ada cara lain yang akan kami bahas seteah ini.

Penyebab gigi berlubang adalah jarang menggosok gigi, selain itu ada faktor lain yang menyebabkan sakit gigi. Apa saja penyebab sakit gigi?  Sakit gigi adalah masalah kesehatan yang umum terjadi. Mereka yang mengalaminya akan sangat terganggu. Jika Anda mengalami sakit gigi segera obati secara alami atau Anda bisa langsung berobat kedokter.

Penyebab Sakit Gigi

Gigi berlubang memang dapat dialami oleh siapa saja, baik anak-anak maupun dewasa hingga lansia. Banyak faktor yang dapat menyebabkan gigi berlubang.

Cara menyikat gigi yang salah
Jarang kita sadari bahwa kita menyikat gigi dengan cara yang salah. Mungkin ada sebagian yang beranggapan, Yang penting sikat gigi supaya mulut nggak bau. Hal ini tentu merupakan cara berpikir yang salah.

Karena jika Anda asal-asalan menyikat gigi, maka sisa makanan yang ada pada gigi Anda tidak akan terbasmi dengan sempurna. Hal ini akan menyebabkan kuman-kuman pada sisa makanan membuat gigi Anda berlubang. Maka dari itu, mulailah terapkan cara menyikat gigi dengan benar selama minimal 2 menit.

Jarang menyikat gigi
Penyebab gigi berlubang selanjutnya adalah jarang menggosok gigi. Ketika Anda jarang dan malas menggosok gigi Anda, maka bakteri dan kuman dari sisa-sisa makanan akan berkembang biak dengan cepat dan menyebabkan gigi Anda berlubang. Rajinlah menyikat gigi 2 kali sehari. Setelah sarapan dan sebelum tidur.

Alat menyikat gigi salah
Memakai sikat gigi dan pasta gigi yang tidak sesuai ternyata dapat menyebabkan lubang pada gigi Anda. Misalnya mulut Anda kecil namun memakai sikat gigi yang besar. Hal ini tentu akan membuat sikat gigi tidak dapat menjangkau semua gigi Anda dengan sempurna sehingga sisa makan yang tertinggal dalam mulut tidak terbasmi dengan baik.

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis
Rasanya hampir semua makanan mengandung gula atau perasa makanan manis. Ketika Anda terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman manis, bakteri justru semakin nyaman bersarang di mulut Anda. Bakteri yang berkembang akan mengubah zat-zat menjadi asam laktat yang kemudian mulai mengikis gigi secara perlahan.

Karies gigi
Penyebab gigi berlubang terakhir adalah karies gigi. Karies gigi merupakan penyakit infeksi pada gigi yang merusak struktur gigi. Jika tidak segera ditangani maka bisa jadi gigi Anda berlubang atau parahnya harus dicabut agar infeksi tidak menyebar. Karies gigi bisa disebabkan oleh enamel gigi yang tidak terbentuk sempurna, masuknya bakteri streptococcus mutans dan lactoballi ke dalam mulut.


Penyebab sakit gigi via intisari.grid.id

Makanan yang Menyebabkan Sakit Gigi

Kebiasaan menjaga kebersihan mulut dan gigi patut dipelihara seumur hidup. Namun akan jauh lebih bagus jika Anda mengimbanginya dengan tidak mengonsumsi minuman dan makanan yang bisa merusak gigi. Sejumlah makanan di bawah ini tanpa disadari bisa menyebabkan sakit gigi hingga gigi berlubang.

1. Permen asam
Tidak mengherankan jika permen menduduki peringkat pertama sebagai makanan penyebab sakit gigi dan gigi berlubang. Namun, ternyata tidak cuma permen manis bergula yang bisa merusak gigi. Permen asam pun efeknya bisa jauh lebih merusak.

2. Soda
Minuman soda mengandung gula yang sangat tinggi, yang pamornya sudah sangat terkenal sebagai penyebab sakit gigi berlubang. Selain itu, sifat sodanya dapat membuat mulut kering. Kondisi mulut kering adalah ladang bagi bakteri jahat untuk semakin melancarkan aksinya merusak gigi.

3. Es batu
Banyak orang yang hobi mengunyah es batu sembari menghabiskan minuman dinginnya. Namun, kebiasaan ini buruk bagi kesehatan mulut dan gigi. American Dental Association menyatakan bahwa mengunyah es bisa merusak email gigi sehingga gigi jadi lebih sensitif dan rentan patah atau retak. Memaksa mengunyah es batu yang keras juga bisa membuat gigi lama-lama melonggar dan rentan copot.

4. Buah kering
Meski namanya buah, tetapi buah kering tetap berbeda dengan buah segar. Kismis, aprikot, plum, sultana, dan buah lainnya yang dikeringkan memiliki tekstur yang sangat manis dan cenderung lengket. Tidak menutup kemungkinan buah tersebut bisa terjebak di sela-sela gigi dan menjadi makanan empuk bagi bakteri. Plak gigi yang menumpuk lama-lama dapat membuat sakit gigi bahkan gigi berlubang.

5. Acar
Acar menjadi makanan pelengkap yang sering dicari ketika Anda butuh sesuatu yang segar saat makan berat. Rasa asam cuka acar juga dapat membuat nafsu makan makin meningkat. Namun, sebuah studi pada tahun 2004 yang dilakukan terhadap lebih dari dua ribu siswa di Inggris membuktikan bahwa acar adalah makanan penyebab sakit gigi nomor satu dibandingkan dengan makanan lainnya.

6. Roti putih
Roti putih ternyata sama berbahayanya dengan permen. Roti putih kaya akan karbohidrat sederhana yang diubah oleh liur menjadi gula. Ketika terselip di gigi, sisa kunyahan roti bisa mengundang bakteri untuk bersarang dan berkembang biak. Lama kelamaan bakteri akan membolongi gigi dan menciptakan rasa sakit yang menusuk.

7. Alkohol
Minum alkohol membuat mulut kering dan dehidrasi. Padahal, air liur dibutuhkan mulut untuk membersihkan diri dari sisa-sisa makanan serta melindungi jaringan lunak di mulut dari iritasi dan infeksi.

Mulut yang kering menjadi sumber penyakit karena dapat menyebabkan kuman berkembang dengan subur. Kondisi ini lama-lama akan menjadi akar dari banyak masalah kerusakan gigi dan infeksi mulut lainnya, seperti penyakit gusi hingga lidah.

Oleh sebab itu, selalu jaga kesehatan mulut serta pola makan dan minum kita agar tidak sampai terkena sakit gigi. Kenapa sakit gigi berlubang? Kenapa sakit gigi bisa bengkak? Apa sakit gigi bisa menyebabkan sakit kepala?


Mengobati sakit gigi via hellosehat.com

Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami

Cara mengobati sakit gigi bisa langsung menuju dokter atau Anda mencoba cara mengobati sakit gigi secara alami. Berikut cara mengobati sakit gigi secara alami.

1. Garam
Garam dapat digunakan sebagai mengobati sakit gigi yang mujarab. Sodium yang tinggi dapat membasmi bakteri penyebab gigi berlubang. Garam menjadi antiseptic alami bau kesehatan mulut Anda. Masukkan 2 sdm garam ke dalam segelas air hangat. Aduk hingga larut. Gunakan sebagai obat kumur setiap kali Anda selesai sikat gigi agar bakteri dapat dibasmi sampai bersih.

2. Lemon
Asam dalam lemon berfungsi sebagai alkali alami agar kadar pH dalam mulut seimbang. Selain lemon juga merupakan antibakteri yang efektif untuk membasmi bakteri penyebab gigi berlubang. Peras 1 buah lemon, masukkan dalam segelas air hangat. Gunakan untuk berkumur 3 kali sehari agar bakteri benar-benar hilang.

3. jeruk nipis
Sama halnya dengan lemon, jeruk nipis juga efektif untuk membasmi bakteri dalam mulut sehingga kesehatan mulut terjaga. Peras 2 buah jeruk nipis, campurkan dengan segelas air hangat lalu gunakan untuk berkumur.

4. Bawang merah
Bawang merah mengandung antiseptic alami yang efektif membunuh kuman. Caranya adalah dengan menumbuk halus 1 siung bawang merah dengan sdt garam lalu tempelkan pada gigi yang sakit.

5. bawang putih
Bawang putih sama dengan bawang merah berguna sebagai antiseptic alami. Caranya adalah dengan menumbuk halus 1 siung bawang putih dengan sdt garam lalu tempelkan pada gigi yang sakit.

6. Jahe
Ada kandungan antibakteri yang berfungsi memberangus bakteri dalam mulut. Caranya adalah dengan memarut 1 buah jahe. Kemudian peras airnya. Gunakan air persan jahe untuk berkumur.

7. air kelapa
Air kelapa juga berguna sebagai antiseptic alami. Berkumurlah dengan menggunakan air kelapa alami setiap sesudah menggosok gigi.


Sakit gigi berlubang via dream.co.id

Gigi berlubang merupakan salah satu tanda gigi tidak sehat. Penyebabnya adalah  plak, yaitu zat lengket di mulut yang sebagian besar tercipta akibat adanya tumpukan kuman atau bakteri. Bakteri dalam mulut rajin mengubah makanan menjadi asam. Apabila bakteri, sisa makanan yang tertinggal, air liur, dan asam dalam mulut bergabung menjadi satu, bersiap-siaplah akan munculnya plak. Dan asam pada plak pun kemudian bisa merusak enamel pelindung gigi hingga membuat gigi berlubang.

Masalah atau gangguan pada gigi dapat menyebabkan peradangan pada jaringan sekitarnya termasuk gusi dan dinding mulut. Adanya peradangan pada dinding mulut dapat menyebabkan pembengkakan pada pipi jika dilihat dari luar. Kemungkinan besar pembengkakan ini berkaitan dengan sakit gigi yang Anda alami.

Gangguan gigi bisa menimbulkan efek nyeri alih / nyeri menjalar ke kepala. Hal ini diakibatkan karena saraf gigi yang berdekatan dan saling berhubungan dengan saraf otak. Sehingga jika terdapat peradangan pada gigi yang merangsang saraf untuk mengirimkan sinyal nyeri akan turut serta mempengaruhi saraf otak untuk merasakan nyeri tersebut.

Sebab lain adalah jika terjadi infeksi pada gigi maka infeksi akan merangsang saraf menghasilkan zat kimia tertentu dimana zat kimia ini bisa merangsang saraf daerah sekitar gigi yang sakit untuk merasakan nyeri yang sama.

Bagaimana sudah tahukan apa saja penyebab dan cara mengobati sakit gigi, jika Anda tidak ingin sakit gigi maka selalu jaga kesehatan dan kebersihan mulut Anda. Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda.
Top