Menguak Misteri Pohon Beringin yang Sering Dianggap Angker dan Mistis

Komentar

pohon beringin via satujam.com

Fakta!!!
Meski zaman telah modern masih ada yang menganggap pohon beringin bertuah...

Apa benar pohon pohon seperti ini angker? Bagaimana hal itu menurut Islam?

Beringin merupakan tanaman yang memiliki kemampuan hidup dan beradaptasi dengan bagus pada berbagai kondisi lingkungan. Beringin juga merupakan tanaman yang memiliki umur sangat tua, tanaman tersebut dapat hidup dalam waktu hingga ratusan tahun.

Fakta pohon beringin yaitu sering kali mata air atau sumber muncul disela-sela akar pohon beringin atau disekitar pohon beringin, sehingga oleh masyarakat pohon ini sering ditanam untuk menjaga keberadaan mata air. Rindangnya pohon beringin menjadi tempat atau rumah burung-burung kecil dan kalau di hutan biasanya rumah bagi primata.

Beringin yang bernama latin Ficus benyamina L, memiliki ketinggian sekitar 20 - 25 m. Batangnya tegak, bulat, dengan permukaan kasar. Pada bagian batang ini keluar akar gantung (akar udara). Pohon yang disebut waringin pada masyarakat Jawa dan Sumatera ini, memiliki bentuk daun tunggal, bertangkai pendek, dengan letak bersilang berhadapan. Bunganya tunggal, keluar dari ketiak daun, sementara buahnya buni bewarna hijau saat masih muda dan merah setelah tua.

Baca Juga : Menguak Fakta Legenda Danau Toba, yang Terkenal Angker dan Sering Minta Tumbal

Pohon Beringin Menurut Islam

ilustrasi pohon beringin via news.detik.com

Allah Ta’ala telah menumbuhkan berbagai macam pohon supaya jin dan manusia mengambil manfaat darinya, minimalnya mereka menjadikan pohon tersebut sebagai tempat berteduh, dahulu Rosululloh Shollallohu ‘Alaihi wa Sallam bersama para shohabatnya ketika sampai di bumi Hudaibiyyah mereka berteduh di bawah pohon Ridhwan, ketika disampaikan berita kepada mereka bahwa Utsman bin Affan telah dibunuh maka para shohabat bergegas membai’at Rosululloh ‘Alaihishsholatu Wassalam di bawah pohon Ridhwan tersebut, Alloh Ta’ala telah katakan di dalam Al-Qur’an:

(لَقَدْ رَضِيَ اللَّهُ عَنِ الْمُؤْمِنِينَ إِذْ يُبَايِعُونَكَ تَحْتَ الشَّجَرَةِ فَعَلِمَ مَا فِي قُلُوبِهِمْ فَأَنْزَلَ السَّكِينَةَ عَلَيْهِمْ وَأَثَابَهُمْ فَتْحًا قَرِيبًا)

“Sungguh benar-benar Alloh telah ridho kepada orang-orang yang beriman, ketika mereka membai’atmu (wahai Ar-Rosul) di bawah pohon, Alloh telah mengetahui apa-apa yang ada di dalam hati mereka, maka Dia menurunkan ketenangan pada mereka dan membalas mereka dengan balasan kemenangan yang dekat”.

Ketika Umar Al-Faruq menjabat sebagai amirul mu’minin setelah wafatnya Ash-Shiddiq maka beliau menebang pohon Ridhwan yang bersejarah tersebut, beliau lakukan karena khawatir akan dijadikan sebagai tempat mencari berkah atau akan disembah dikemudian hari.

Dengan melihat perbuatan Al-Faruq tersebut maka kita bisa mengambil pelajaran dan boleh bagi kita mengikuti sunnahnya untuk menebang pohon yang dijadikan sebagai tempat bersemedi oleh kaum musyrikin, Al-Faruq menebang pohon tersebut dalam keadaan pohonnya belum sampai disembah maka lebih boleh lagi kalau menebang pohon yang sering dijadikan sebagai tempat bersemedi atau berbuat kesyirikan.

Adakah pohon beringin filosofi? Pohon beringin punya filosofi yang kokoh kuat dan mengayomi. Beringin tidak tumbuh ke atas namun tumbuhnya melebar, mengembang dan terkadang kembali ke bawah menjuntai. Itu juga berarti orang harus mengenal asal usulnya, darimana dia berasal. Pohon beringin pun selalu menjernihkan mata air yang ada di sekitarnya. Tanaman beringin memiliki kemampuan sebagai tanaman konservasi mata air dan penguat lereng alami.

Pohon beringin sangat identik dengan segala sesuatu yang berbau mistis. Banyak orang menganggap pohon besar ini suci dan tempat kekuatan magis berkumpul. Tak jarang pula orang yang berpikir kalau lokasi di sekitar pohon beringin adalah tempat yang angker.


ilustrasi ciri pohon beringn via dokumen.tips

Bagaimana pohon beringin dan ciri khususnya? Pohon beringin memiliki ciri khas berupa akar gantung yang menjulur dari atas ke bawah dalam jumlah banyak, sehingga tampak seperti garis-garis vertikal yang menopang pohon tersebut (Hemmer et al. 2004).

Akar gantung yang berasal dari cabang pohon beringin ini bervariasi diameternya menjuntai menutupi batang utama. Akar gantung yang semula berdiameter kecil ini tumbuh berkembang menjadi besar menutupi batang utama. Akar yang berada paling dekat dengan batang utama berdiameter lebih besar dibandingkan dengan akar gantung yang tumbuh kemudian dan terletak jauh dari batang utama (Boer & Sosef 1998).

Akar gantung yang besar dan terletak  dekat  batang  utama  ini  kadang  menempel dan menyatu dengan batang utama, sehingga dalam pertumbuhannya menyatu dengan batang utama, sehingga batang utama pohon beringin tampak tidak beraturan.

Apakah pohon beringin berhantu? 

ilustrasi pohon beringin angker via 7besar.zone.id

Misteri di pohon beringin seringkali dikaitkan dengan penampilan pohon yang rindang dan terkesan horor tersebut didukung dengan berbagai macam mitos yang beredar di masyarakat. Tak diketahui sejak kapan rumor tentang pohon tersebut mulai eksis. Kenapa pohon beringin angker? Yang jelas, lima kepercayaan ini memang selalu melekat pada beringin.

1. Pohon beringin tidak boleh ditebang
Seperti kita ketahui, pohon beringin merupakan salah satu lambang negara Indonesia. Jika melihat pancasila, kita bisa melihat pohon beringin ada di bagian sisi atas perisai garuda. Makna dari pohon beringin tersebut adalah persatuan Indonesia.

Selain itu, pohon beringin juga identik dengan lambang salah satu partai politik masa orde baru yang dianggap sebagai penguasa yang melindungi masyarakat. Orang-orang pun mulai percaya bahwa mereka tidak boleh menebang pohon yang merupakan simbol terhormat tersebut apapun yang terjadi. Jika sampai berani menebang pohon beringin, dipercaya mereka akan tertimpa kesialan.

2. Pohon beringin merupakan rumah bagi genderuwo
Pohon beringin memang kental dengan nuansa mistik yang cukup kuat. Rindangnya pohon tersebut, dan juga akar-akar panjang yang menjuntai dari batang pohon menyajikan kesan menakutkan bagi orang-orang yang melihatnya. Terlebih, orang-orang zaman dulu juga terbiasa menyampaikan cerita soal pohon beringin yang menjadi rumah bagi para makhluk halus, khususnya genderuwo.

Banyak yang percaya bahwa di mana pohon beringin tumbuh akan memberikan ruang tersendiri bagi makhluk gaib. Hingga saat ini, tentu kita sering mendengar cerita tentang pohon beringin yang dicap sebagai istana bagi makhluk gaib. Banyak orang yang mengaku tidak berani melewati pohon beringin di malam hari karena takut melihat penampakan makhluk penghuni pohon tersebut.

3. Dilarang kencing di pohon beringin
Mitos satu ini masih berhubungan dengan kepercayaan masyarakat bahwa pohon beringin merupakan rumah bagi para makhluk halus. Kita sebagai manusia, tentu marah jika ada yang ‘mengencingi rumah’. Begitu pula orang-orang menganggap bahwa para penunggu pohon beringin juga pasti akan marah jika ada orang yang kencing di rumahnya.

Orang Jawa juga mengatakan jika kencing di bawah pohon beringin bisa bikin sawanen, sejenis penyakit yang disebabkan oleh gangguan makhluk halus. Jika sakit biasa mungkin bisa pergi ke dokter, namun kalau sakit disebabkan oleh ‘serangan’ makhluk halus yang balas dendam karena huniannya dicemari air kencing, memang lebih ribet sembuhnya. Itulah kenapa orang-orang tua kerap berpesan agar tidak kencing sembarangan, terlebih di bawah pohon beringin.

4. Mitos beringin kembar di Yogyakarta, konon bisa bikin ketemu jodoh
Yogyakarya yang dikenal sebagai kota modern, ternyata tak bisa menggerus mitos yang ada sejak lama di kota tersebut. Salah satunya mitos tentang beringin kembar yang ada di alun-alun Kidul yang konon bisa mempertemukan seseorang dengan jodohnya.

Bukan hanya terkenal di telinga masyarakat setempat, para pelancong yang datang dari luar kota juga kerap penasaran dengan mitos tersebut. Saat mendatangi alun-alun kidul, biasanya pelancong akan bergantian melewati beringin kembar. Tradisi melewati pohon beringin tersebut dikenal dengan ‘Masangin’. Mereka yang melewati pohon beringin dengan mata tertutup boleh menyebutkan apapun harapan di masa depan termasuk soal jodoh pada yang Maha Kuasa. Meski masih dipertanyakan soal kebenaran tentang mitos mendapatkan jodoh, namun para pengunjung menganggap melewati beringin tersebut merupakan hal yang menyenangkan.

5. Dilarang gelantungan di akar-akar beringin yang menjulur
Jika pernah melihat film Tarzan, mungkin kita nggak asing dengan adegan di mana pemuda kekar yang tinggal di hutan tersebut kerap bergelantungan di antara akar-akar pohon yang menjulur di batangnya. Permainan tersebut terlihat sangat seru, namun banyak pendapat yang mengatakan bahwa kita tidak boleh mempraktekkan adegan tersebut pada pohon beringin.

Seperti yang kita ketahui, pohon beringin memang memiliki akar kuat yang menjulur dari batang pohon dan memungkinkan kita untuk bergelantungan di sana. Namun, orang dulu mengatakan jika bergelantungan di pohon beringin bisa membuat nasib seseorang jadi bergantung pada orang lain, alias tidak mandiri.

Manfaat Pohon Beringin


ilustrasi manfaat pohon beringin via kaskus.co.id

Namun, dibalik semua rahasia yang tersimpan, pohon ini ternyata memiliki manfaat besar dalam menyembuhkan sejumlah penyakit. Apa saja manfaat pohon beringin? Berikut ini informasinya.

1. Mengatasi kejang
Khasiat daun beringin yang pertam adalah mengatasi kejang. Kejang yang tiba-tiba datang merupakan reaksi tubuh Anda terhadap serangan penyakit ke tubuh. Reaksi ini biasanya sering menyerang anak-anak yang mudah terserang penyakit.

2. Mencegah penyakit bronchitis
Khasiat daun beringin untuk mencegah penyakit bronchitis bisa Anda andalkan manfaatnya. Daun ini punya kandungan alami yang dapat melindungi bronkeolus Anda, sehingga tidak mudah terserang penyakit.

3. Menyehatkan sistem pernapasan
Khasiat daun beringin sangat baik untuk menjaga kesehatan sistem pernapasan. Daun ini akan membuat pernapasan Anda lancar. Tentunya Anda juga akan lebih terlindungi dari udara kotor seperti asap kendaraan dan rokok.

4. Baik untuk paru-paru
Khasiat daun beringin juga mempengaruhi kesehatan organ pernapasan. Daun ini sangat baik untuk dijadikan daun herbal dalam meningkatkan kesehatan paru-paru agar tidak terjangkit penyakit paru-paru yang berbahaya.

5. Meredakan asma
Khasiat daun beringin bisa digunakan sebagai daun herbal yang meredakan asma. Daun ini ampuh untuk meredakan asma yang kambuh pada penderitanya dan membuat pernapasan Anda lebih mudah untuk diatur.

6. Mengatasi disentri
Disentri adalah penyakit yang menyerang organ pencernaan, terutama usus. Untuk melindungi usus Anda dari penyakit ini, gunakanlah daun beringin. Daun ini akan menjaga kesehatan usus dengan lebih baik dan alami.

7. Obat diare
Penyakit diare bisa Anda obati dengan menggunakan daun beringin. Daun ini mengandung banyak senyawa sehat yang baik untuk menyembuhkan diare. Pencernaan Anda pun bisa bebas dari kuman dan bakteri diare.

8. Menyehatkan pencernaan
Pencernaan yang sehat akan membuat tubuh Anda juga menjadi lebih sehat. Jika Anda memerlukan tambahan lain selain makanan bergizi untuk pencernaan, Anda dapat mencoba daun beringin. Daun ini akan membantu pencernaan Anda sehat dan juga lancar.

9. Mencegah maag
Telat makan akan membuat Anda terjangkit penyakit maag. Cegahlah maag sejak dini dengan daun beringin. Selain itu, Anda juga perlu mengatur pola makan dengan lebih baik agar asam lambung Anda tidak naik.

10. Menyehatkan usus
Usus yang sehat bisa Anda peroleh dari daun beringin. Kandungan dalam daun ini mampu menyehatkan usus dan membuatnya berfungsi lebih baik dalam menyerap nutrisi makanan yang dikonsumsi oleh tubuh.

Baca Juga : Viral, Bocah Digigit Makhluk Mengerikan Saat Kasih Makan Ikan! Berikut Fakta-Faktanya

Nah, itulah penjelasan tentang pohon beringin mulai dari fakta hingga manfaatnya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua.
Top