Khasiat Ampuh Petai Cina, Selain Enak Jadi Lalapan Ternyata Bisa Jadi Obat 20 Penyakit

Komentar

petai cina via bundakonicare.com

Apa namanya lalapan ini di daerah Anda?

Umumnya di sebut petai Cina.., bisa dibuat lalapan atau dicampur ketika masak sayuran, dan rasanya enak dan gurih...

Selain itu ada 20 penyakit yang bisa di sembuhkan dengan petai ini

Adakah yang mengetahui petai cina? Di daerah Jawa, petai cina sering disebut dengan lamtoro. Tanaman yang memiliki nama latin Leucaena leucocephala L. ini sering dijadikan kudapan yang dikenal dengan nama trancam. Paduan dari berbagai sayuran seperti mentimun, kemangi, lamtoro, daun kenikir dan parutan kelapa dengan sambal membuat makanan ini sering dijadikan teman berbuka puasa.

Yuk kita membahas selengkapnya tentang petai cina atau lamtoro ini.

Kenapa disebut petai cina ?

Saya kurang mengerti,tapi sebenarnya nama nya ada 3 yaitu Lamtoro,petai cina,petai selong yg berasal dari suku Fabaceae(Leguminosae,polong-polongan)     Berasal dari amerika tropis,tumbuhan ini sudah ratusan tahun diperkenalkan di Jawa untuk kepentingan dan kehutanan,dan kemudian menyebar pula kepulau-pulau yg lain di Indonesia.Tanaman ini di Malaysia dinamai petai belalang

Petai cina obat apa ?Makan petai cina dapat menyembukan beberapa penyakit. Berikut ulasannya.

Apa manfaat petai cina ?

manfaat petai cina via bukalapak.com


  • Sayuran – Petai cina baik daun maupun bijinya sering digunakan sebagai sayuran yang enak untuk dimakan.
  • Pakan Ternak – Tanaman petai cina biasanya dimanfaatkan sebagai pakan ternak terutama kambing. Bagian yang dimanfaatkan adalah ranting dan daunnya.
  • Furniture – Batang pohon dari petai cina dapat digunakan sebagai kayu bakar atau bahkan dijadikan sebagai bahan untuk membuat furniture rumah yang cantik.
  • Pengganti Kopi – Biji petai cina dapat dikeringkan kemudian disangrai dan digiling. Bubuk ini merupakan pengganti dari bubuk kopi. Selain sebagai pengganti kopi, terkadang petai cina juga dijadikan campuran kopi. 
  • Mencegah Osteoporosis – Penyakit ini merupakan suatu penyakit yang disebabkan hilangnya kepadatan tulang. Petai cina mengandung kalsium dan fosfor yang berperan dalam menjaga kepadatan tulang.
  • Menguatkan Gigi – Selain menguatkan tulang, kandungan kalsium dan fosfor dalam petai cina juga mampu menjaga atau bahkan menguatkan kepadatan gigi. 
  • Mengurangi Insomnia – Di era modern sepersi sekarang ini insomnia menjadi salah satu penyakit yang menjadi momok bagi seseorang. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk meringankan insomnia adalah mengkonsumsi petai cina.
  • Meningkatkan Mood – Jika tubuh seseorang kekurangan vitamin C dapat menyebabkan moodnya tidak stabil. Untuk meningkatkannya maka diperlukan asupan makanan yang mengandung vitamin C seperti petai cina. 
  • Mencegah Hipertensi – Vitamin C di dalam petai cina dapat membantu mengkontrol tekanan darah manusia sehingga dapat digunakan untuk mencegah hipertensi.
  • Mencegah Stroke – Sebuah penelitian telah mengungkapkan bahwa jika di dalam tubuh seseorang memiliki kandungan vitamin C yang cukup maka akan menekan resiko stroke pada orang tersebut. Dengan demikian petai cina dapat mencegah stroke karena terdapat vitamin C di dalamnya. 
  • Menjaga Kesehatan Mata – Siapa yang tidak suka jika matanya sehat? Vitamin A dan vitamin C yang dikandung oleh petai cina terbukti mampu menjaga kesehatan mata.
  • Menghindari Trombus – Petai cina mengandung flavonoid dimana zat ini membantu sel darah merah mengalir dengan lancar tanpa terjadi penggumpalan. Dengan kata lain dapat digunakan untuk menghindari trombus. 
  • Mencegah Penuaan Dini – Vitamin C dan flavonoid di dalam petai cina mampu membantu dalam meregenerasi dan mengencangkan kulit. Sedangkan zat tanin berperan dalam menghaluskan kulit . Dengan demikian petai cina mencegah terjadinya penuaan dini.
  • Mencegah Diare – Diare membuat rasa tidak nyaman bagi penderitanya karena membuat mereka harus bolak-balik ke kamar mandi sambil menahan perut yang sakit. Kandungan flafonoid dan tanin di dalam petai cina dapat mengeraskan dinding lambung sehingga mengurangi keluar masuknya cairan dalam usus seperti diare.
  • Melancarkan Haid – Haid yang lancar merupakan salah satu hal yang diinginkan oleh para wanita. Petai cina ini ternyata memiliki kemampuan dalam membantu melancarkan haid. Selain itu vitamin A yang dikandungnya dapat berperan dalam membersihkan darah.
  • Meningkatkan Kecerdasan – Fungsi tubuh seperti sistem saraf membutuhkan vitamin B1 dalam nenjalankan aktivitasnya. Sistem saraf yang baik diindikasikan dengan baiknya pula kecerdasan seseorang. Dengan kata lain vitamin B1 dapat berperan unuk meningkatkan kecerdasan seseorang. Salah satu makanan yang mengandung vitamin ini adalah petai cina. 
  • Mencegah Diabetes – Diabetes atau tingginya kadar gula dalam darah dapat diatasi dengan mengkonsumsi petai cina dimana makanan satu ini mengandung saponin yang dapat mencegah diabetes khususnya diabetes tipe 2.
  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh – Ternyata, flafonoid dan vitamin A maupun C si dalam petai cina juga mampu meningkatkan sistem imum atau kekebalan tubuh sehingga tanaman ini baik dikonsumsi oleh orang yang sering menderita alergi.
  • Antioksidan – Vitamin A dan C, flavonoid, saponin, dan tanin di dalam petai cina dapat bertindak sebagai antioksidan. Zat ini dapat berperan dalam menangkal radikal bebas.
  • Penawar Racun – Tanin juga dapat digunakan sebagai penawar racun, salah satu makanan yang mengandung tanin adalah petai cina. 
  • Anti Bakteri – Tanin juga berperan sebagai anti bakteri sehingga penyakit yang disebabkan oleh bakteri dapat diringankan gejalananya dengan mengkonsumsi petai cina karena tanaman ini mengandung tanin.
  • Anti Virus – Zat yang dikandung oleh petai cina seperti vitamin C dan flavonoid dapat mengusir virus yang hinggap di tubuh. Dengan kata lain, petai cina dapat disebut sebagai anti virus. 
  • Anti Kanker – Penyakit seperti kanker dan tumor banyak diakibatkan oleh radikal bebas. Oleh karena petai cina mengandung vitamin A dan C, flavonoid, saponin, serta tanin sehingga makanan ini juga dapat disebut sebagai anti kanker yang mana zat-zat tersebut dapat melawan radikal bebas.
  • Anti Radang – Salah satu zat yang dikandung oleh petai cina adalah saponin yang bersifat sebagai anti inflamasi atau anti radang. Zat ini mampu meringankan penyakit yang diakibatkan oleh peradangan. 
  • Anti Nyeri – Penyakit yang mengalami peradangan biasanya menimbulkan rasa nyeri. Karena saponin bertindak sebagai anti radang maka zat ini tentunya bertindak juga sebagai anti nyeri.


Woww banyak sekali ya manfaat petai sina ini. Apa manfaat petai cina untuk ginjal manusia ? Simak berikut ini.

Baca Juga : 10 Manfaat Coklat, Dari Anti Depresan Hingga Solusi Utama Cegah Penyakit Jantung

Manfaat petai cina untuk ginjal ?

Ternyata bukan petai cina yang memiliki manfaat untuk ginjal. Namun petai itu sendiri bermanfaat untuk ginjal.
Berikut ini manfaat petai
  • Mengandung Antioksidan Tinggi
  • Memiliki Kandungan Vitamin C Tinggi
  • Meningkatkan Kinerja Ginjal
  • Mencegah Infeksi
  • Mencegah Kanker Ginjal
  • Mengatasi Penyempitan Pembuluh Darah
  • Mencegah Obesitas
  • Mencegah Radikal Bebas


Setelah mengetahui apa saja menfaat nya. Yuk kita membahas bagaimana cara pengolahannya. Berikut ini manfaat petai cina dan cara pengolahannya yang dapat anda lakukan.

Manfaat petai cina dan cara pengolahannya

petai cina cara pengolahan via resepkulinerenak.com

1. Disentri 
Mungkin banyak orang yang kurang menyukai buah petai cina ini, namun siapa yang menduga ternyata petai cina ini sangat bermanfaat untuk kesehatan kita. Tidak hanya kulit manggis saja yang mempunyai fungsi sebagai obat tradisional penyakit disentri, nyatanya petai cina ini dapat bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit disentri. Caranya : Rebus 15 gr biji lamtoro, 30 gr krokot dengan 400 cc air sampai tersisa setengahnya. Setelah dingin saring serta minum airnya satu hari dua gelas (pagi segelas serta sore hari segelas).

2. Cacingan, Bengkak (Oedem) serta Radang Ginjal 
Rebus atau seduh 3-5 gr serbuk biji tanaman lamtoro kering dengan 1 cangkir air panas, lalu minum air rebusan atau seduhannya. Lakukan penyembuhan tiga kali satu hari dengan dosis yang sama.

3. Bisul, Abses Paru, Luka Terpukul, Insomnia 
Sederet penyakit diatas bisa kita atasi dengan manfaat lamtoro atau petai cina yang bisa kita dapatkan di lingkungan sekitar. Cara membuat ramuan herbal dari petai cina untuk pengobatan sebagian jenis penyakit diatas tidaklah susah, kita hanya cukup merebus 10 gr semua sisi tanaman lamtoro dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum sekaligus satu kali satu hari waktu hangat.

4. Meluruhkan Ha*id 
Rebus segenggam akar tanaman lamtoro dengan 3 gelas air hingga tersisa satu gelas. Minum air rebusan 2 x sehari masing-masing 1 gelas. Lakukan dengan cara teratur, sampai pergantian serta reaksi kesembuhan bisa anda capai.

5. Diabetes 
Diabetes atau penyakit kencing manis yaitu salah satu jenis penyakit yang termasuk susah dalam proses penyembuhannya. Untuk menurunkan kadar gula darah dengan cara alami kita bisa menggunakan biji lamtoro untuk memulihkan kemampuan pankreas untuk menghasilakan hormon insulin yang bertindak dalam menstabilkan kandungan gula dalam darah. Gunakan 5 gr bubuk biji tumbuhan lamtoro diseduh dengan 100 cc air panas, lalu diminum hangat-hangat 1/2 jam sebelum makan. Lakukan 2 kali satu hari.

6. Cacingan 
Pakai biji lamtoro tua serta kering ditumbuk halus jadi bubuk. Ambil 5 gr bubuk itu lalu seduh dengan 100 cc air panas lalu diminum.

7. Tertusuk 
Bahkan apabila anda tertusuk kayu, bambu, dan sebagainya gunakan daun lamtoro yang muda seperlunya dihaluskan lalu ditempelkan di bagian yang sakit. Untuk menyembuhkan luka baru serta bengkak, pakai daun lamtoro secukupnya dihaluskan lalu ditempelkan di bagian tubuh yang luka.

8. Herpes 
Untuk menyembuhkan penyakit herpes dengan menggunakan 30 gr daun lamtoro ditambah 1 siung bawang putih ditumbuk halus lalu ditempelkan di bagian yang sakit.

9. Menghaluskan kulit 
Petai cina ini ternyata bukan hanya berperan untuk menyembuhkan beragam jenis penyakit atau untuk menjaga kesehatan tubuh saja. Kenyataannya, lamtoro juga dapat memberi manfaat sebagai penghalus kulit yang alami. Untuk memperoleh kulit yang halus dengan menggunakan petai cina ini, ambillah 5 atau 6 daun petai cina. Lalu remas-remas sampai keluar airnya. Kemudian gosokkan pada seluruh badan ketika anda mandi. Diamkan 1 menit serta bersihkan tubuh dengan air. Lakukan 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Bila badan anda merasa gatal, jangan teruskan, karena mungkin tak cocok dengan jenis kulit anda.

Selain buah nya ynag bermanfaat daun lamtoro pun juga bermanfaat. Apa manfaat daun petai cina bagi tubuh ?

Apa manfaat daun petai cina ?

daun petai cina via id.wikipedia.org

1. Mencegah diabetes
Khasiat daun lamtoro yang pertama adalah mencegah diabetes. Daun ini cukup ampuh dalam menahan gejala diabetes di tubuh Anda karena kandungan senyawanya dapat mengontrol banyaknya kadar gula dalam darah.

2. Pereda nyeri
Khasiat daun lamtoro yang kedua yaitu sebagai pereda nyeri. Daun ini memiliki sifat analgesic, yaitu sifat kesehatan yang ampuh untuk menghilangkan rasa nyeri sehingga tidak akan mengganggu kesehatan Anda.

3. Anti radikal bebas
Khasiat daun lamtoro juga baik untuk melawan radikal bebas. Daun ini mempunyai sifat anti oksidan yang cukup tinggi sehingga ampuh untuk menghalangi paparan radikal bebas yang akan membahayakan kesehatan tubuh.

4. Mencegah kanker
Selain mencegah radikal bebas, khasiat daun lamtoro juga diikuti dengan kegunaannya dalam mencegah kanker. Daun ini merupakan jenis daun yang ampuh untuk merawat kesehatan sel di dalam tubuh Anda sehingga tidak memicu sel kanker.

5. Mengatasi radang ginjal
Khasiat daun lamtoro untuk ginjal yaitu mencegah dan mengatasi radang. Peradangan pada ginjal biasanya diakibatkan dari beberapa faktor. Radang ini pun akan menimbulkan rasa nyeri yang terkadang tida tertahankan.

6. Obat disentri
Kelebihan dari daun lamtoro akan membantu Anda untuk menyembuhkan penyakit disentri. Daun ini mempunyai jenis senyawa yang baik untuk mengatasi penyakit disentri dan mencegahnya menyerang tubuh Anda kembali.

Selain manfaat dan khasiat daun lamtoro untuk kesehatan, ada lagi 5 manfaat lainnya dari daun ini yang perlu Anda ketahui. Berikut ini manfaat lainnya:
  • Anti hipertensi
  • Menguatkan tulang
  • Menyehatkan gigi
  • Mencegah pikun
  • Menyehatkan mata

Namun, jangan sering mwngonsumsi lamtoro ya guys! Karena petai cina ini memiliki efek. Berikut ini efek petai cina yang wajib diketahui.

Baca Juga : Puluhan Khasiat Daun Salam, Selain Ampuh Mengusir Tikus Hingga Tak Berani Mendekat Lagi

Efek Petai Cina

Berikut efek negatif mengkonsumsi lamtoro, antara lain ;

1. Bau Mulut
Mengkonsumsi lamtoro juga menyebabkan bau mulut yang tidak sedap sebagaimana makan jengkol namun tidak separah jengkol.

2. Sakit Kepala
Efek negatif yang langsung bisa dirasakan mengkonsumsi lamtoro apabila mengkonsumsinya dalam jumlah banyak adalah timbulnya rasa pusing kepala.

Jadi, tetap konsumsi petai china dalam kadar wajar ya. Demikianlah artikel tentang petai cina. Semoga Bermanfaat!
Top