Cara Ampuh Menghilangkan Polusi Asap di Dalam Paru Paru Kita

Komentar

paru paru via sains.kompas.com

Perokok aktif, dan apalagi yang pasif, pasti tumpukan polusi asap sudah menggetah di dalam paru-paru mereka.

Bagi perokok aktif mungkin dasarnya memang mereka tak peduli kesehatan, tapi kasihan bagi perokok pasif, yaitu orang-orang di sekitar mereka, misal istri dan anak anak mereka. 

Nah, bagi Anda perokok pasif, lakukan hal ini untuk membersihkan asap rokok dari paru-paru Anda.

Paru-paru merupakan salah satu organ vital bagi kehidupan manusia. Khususnya berfungsi pada sistem pernapasan. Bertugas sebagai tempat pertukaran oksigen dan mengeluarkan karbondioksida yang merupakan hasil sisa proses pernapasan harus dikeluarkan dari tubuh, sehingga kebutuhan tubuh akan oksigen tetap terpenuhi.

Udara sangat penting bagi manusia, tidak menghirup oksigen selama beberapa menit dapat menyebabkan kematian. Itulah peranan penting paru-paru. Organ yang terletak di bawah tulang rusuk ini memang mempunyai tugas yang berat, belum lagi semakin tercemarnya udara yang kita hirup serta berbagai bibit penyakit yang berkeliaran di udara.

Yuk kita simak selengkapnya tentang paru paru berikut ini!

Apa saja fungsi paru-paru ?

fungsi paru paru via go-dok.com

Berikut adalah berbagai macam fungsi paru-paru.


  • Respirasi. Manusia menghirup udara karena memerlukan oksigen. Oksigen sangat dibutuhkan untuk membantu perombakan bahan makanan dalam tubuh. Jadi, paru-paru tentu saja merupakan bagian dari sistem pernapasan pada manusia.
  • Ekskresi. Saat manusia menghembuskan napas, manusia mengeluarkan gas karbondioksida dan uap air. Jadi, paru-paru merupakan bagian dari sistem ekskresi pada manusia.
  • Mengendalikan pH darah dengan cara mengubah tekanan karbon dioksida.
  • Menyaring gumpalan darah yang terbentuk dalam vena.
  • Mempengaruhi konsentrasi beberapa zat biologis dan obat-obatan yang digunakan dalam pengobatan dalam darah.
  • mengubah angiotensin I menjadi angiotensin II oleh enzim angiotensin-converting.
  • Dapat berfungsi sebagai lapisan pelindung hati dari guncangan.
  • Menyediakan aliran udara untuk menciptakan suara vokal.
  • Paru-paru berfungsi sebagai reservoir darah dalam tubuh. Volume darah paru-paru adalah rata-rata sekitar 450 mililiter, sekitar 9 persen darah total volume seluruh sistem peredaran darah. Kuantitas ini dapat dengan mudah berfluktuasi antara setengah dan dua kali volume normal. Kehilangan darah dari sirkulasi sistemik oleh perdarahan dapat sebagian dikompensasi oleh darah dari paru-paru ke dalam pembuluh sistemik
  • Aksi siliaris eskalator adalah sistem pertahanan yang penting terhadap infeksi ditanggung udara. Partikel debu dan bakteri di udara yang dihirup terperangkap dalam lapisan lendir hadir pada permukaan mukosa saluran pernapasan dan naik menuju faring oleh berirama ke atas pemukulan Silia.

Itulah apa saja fungsi paru paru. Lalu apa saja penyakit paru paru ? Simak berikut ini.

Apa saja penyakit paru paru ?

penyakit paru paru via wajibbaca.com

Berikut ini apa saja penyakit paru paru serta apa saja gejala paru paru yang terserang penyakit.

ASMA
Salah satu macam penyakit paru-paru yang cukup populer adalah Asma. Penyakit yang satu ini akan terjadi karena radang paru-paru yang dapat menimbulkan rasa sesak nafas bagi para pengidapnya. Biasanya serangan sesak nafas ditandai dengan pernafasan yang mengeluarkan suara secara berulang-ulang. Asma sendiri memiliki beberapa tingkatan mulai dari tingkat rendah sampai dengan asma yang berada pada tingkat tertinggi.

PNEUMONIA
Pneumonia atau yang biasa disebut juga dengan penyakit radang paru-paru, penyakit ini termasuk  dalam kategori yang cukup berbahaya, karena tidak hanya menular, tetapi bila tidak segera diobati bisa menyebabkan kematian. Penyakit pneumonia bisa menyerang kaum dewasa maupun anak-anak.

Penyakit pneumonia merupakan salah satu penyakit paru-paru basah yang disebabkan oleh adanya peradangan di salah satu atau pada kedua bagian paru-paru. Penyebab utama infeksi bakteri, sering kali dari jenis streptococcus pneumoniae. Gejala utama yang bisa dialami adalah demam tinggi, batuk dahak berdarah, sesak napas, dan nyeri dada.

LEGIONNARIES
Penyakit legionnaries disebabkan oleh bakteri bernama legionella pneumophilia yang sering ditemukan pada sebagian sumber air, khususnya pada saluran pipa ledeng dan dimanapun lokasinya yang ada air yang menggenang. Pertumbuhan bakteri tersebut cukup cepat dan bisa berkembangbiak di dalam air. Kebanyakan bakteri ini muncul saat musim hujan. Gejala legionnaries mirip pneumonia atau radang paru-paru khususnya gangguan saluran napas. Namun, legionnaries juga bisa mengalami diare, nyeri perut, atau ikterus.

PNEUMOTORAKS
Macam penyakit paru-paru lainnya, yakni pneumotoraks yang ada pada selaput paru atau yang disebut pleura. Penyakit ini disebabkan karena satu atau kedua membran pleura tertembus dan udara masuk ke dalam rongga pleura sehingga menyebabkan paru-paru mengempis. Penyebab lain dari pneumotoraks adalah patah tulang rusuk dan luka dada. Biasanya, gejala yang terjadi yakni dada sesak, nyeri, dan sesak napas.

TUBERKULOSIS
Penyakit paru-paru yang terakhir adalah Tuberkulosis. Penyakit ini termasuk yang cukup banyak diidap oleh masyarakat, termasuk bisa menyerang anak-anak yang memiliki sistem imun yang belum stabil. Gejala pada penyakit ini, yakni demam dan batuk terus-menerus, nafsu makan menurun, dan tubuh yang melemah.

Paru paru dalam al quran

Paru paru merupakan karunia Allah yang harus kita jaga.

Dalam al-qur’an surat ibrahim ayat 34 Allah berfirman:

وَإِنْ تَعُدُّوا نِعْمَةَ اللَّهِ لَا تُحْصُوهَا إِنَّ الْإِنْسَانَ لَظَلُومٌ كَفَّار

“Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, tidaklah dapat kamu menghinggakannya. Sesungguhnya manusia itu, sangat zalim dan sangat mengingkari (nikmat Allah).” (QS. Ibrahim: 34)

 وَمَا بِكُمْ مِنْ نِعْمَةٍ فَمِنَ اللَّهِ

“Dan apa saja nikmat yang ada pada kamu, maka dari Allah-lah (datangnya)” (QS. An Nahl : 53).

Paru-Paru(Pulmo) selain berfungsi sebagai alat pernapasan juga bisa dikategorikan sebagai alat dalam sistem eksresi karena paru-paru juga berfungsi untuk mengeluarkan zat-zat sisa metabolisme yaitu CO2 dan uap air.

Bayangkan jika kita tidak memiliki paru-paru, bisa kah kita huidup ?

Benarkah penyakit paru paru menular ?


penyakit paru paru menular via klikdokter.com

Karena penyakit paru-paru basah disebabkan terutama oleh mikroba infeksi, penyakit paru-paru bisa menular. Penyakit ini disebabkan oleh asap kimia atau racun lain yang tidak dibuat oleh agen infeksi tidak menular.

Banyak penyakit paru-paru basah menular memiliki nama, seperti pneumonia bakteri, viral pneumonia, Mycoplasma pneumonia, dan MRSA (methicillin-resistant Staphylococcus aureus) pneumonia, yang menunjukkan jenis patogen menginfeksi paru-paru. Beberapa pneumonia memiliki nama yang tidak jelas (misalnya, “pneumonia berjalan,” yang menunjukkan bentuk yang lebih ringan dari Mycoplasma pneumonia).

Ada banyak istilah deskriptif lainnya, seperti pneumonia yang didapat masyarakat, pneumonia yang didapat di rumah sakit, dan pneumonia aspirasi (contoh yang menunjukkan sumber organisme yang menyebabkan pneumonia). Mereka semua berpotensi menular tetapi tidak semudah menular seperti flu, misalnya.

Pembersih paru paru untuk perokok 

Diperlukan pembersihan paru-paru secara menyeluruh agar tidak menimbulkan penyakit serius di masa mendatang. Namun, ada bahan alami yang bisa dikonsumsi untuk meminimalisir risiko tersebut.

Bahan alami itu adalah jahe, bawang merah, dan kunyit, yang kemudian diracik menjadi ramuan minuman.

Kombinasi ketiga bahan alami ini dinilai efektif untuk orang yang baru berhenti merokok dan ingin membersihkan paru-paru dengan cara natural.

Jahe dikenal karena khasiatnya sebagai obat, karena bisa membantu menghilangkan kelebihan lendir di paru-paru. Sedangkan bawang merah dianjurkan untuk pengobatan infeksi paru-paru dan juga membantu membersihkan lendir dan racun.

Bawang merah juga sangat efisien dalam mencegah berbagai macam penyakit pada saluran pernapasan dan membersihkan jalan pernapasan.

Sementara itu, kunyit kaya akan vitamin dan mineral serta mengandung asam lemak omega-3 yang sempurna untuk tubuh.

Yang harus dipersiapkan untuk membuat ramuan ini adalah 400 gram bawang merah, 1 liter air, 400 gram madu, 2 sendok makan kunyit, dan potongan jahe seukuran jempol.

Berikut langkah-langkah sederhana untuk membuat ramuan tersebut:

1. Tambahkan madu ke dalam air, panaskan api dan biarkan hangat tanpa dididihkan.

2. Potong bawang merah menjadi empat bagian lalu tambahkan ke dalam air madu bersama dengan jahe.

3. Ketika campuran telah mendidih, tambahkan kunyit dan kecilkan nyala api.

4. Biarkan semua campuran mendidih hingga jumlah air berkurang menjadi setengahnya.

5. Setelah mendidih, saring dan tuangkan ke dalam stoples kaca.

6. Ketika sudah benar-benar dingin, letakkan di kulkas dan biarkan selama beberapa jam.

Ramuan ini bisa diminum setiap pagi dan sore hari, dua jam setelah makan.

Selain ramuan tersebut, benarkah susu bisa membersihkan paru paru ? Simak berikut ini.

Benarkah susu bisa membersihkan paru paru ?

Jika kita ingin menjaga kesehatan organ paru-paru dan saluran pernafasan, mau tidak mau kita harus menghindari asap rokok yang berarti tidak boleh menjadi perokok aktif maupun perokok pasif. Sebagaimana kita ketahui, asap rokok memang bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan paru-paru, jantung, ginjal, otak, dan organ penting lainnya. Tak hanya itu, ada baiknya kita juga sebaik mungkin mencegah paparan buruk dari polusi udara yang memang cukup banyak jika kita sedang berada di luar rumah. Cara lain yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru dan organ pernafasan adalah dengan rutin berolahraga dan menerapkan gaya hidup yang sehat.

Hingga saat ini, belum ada penelitian yang mendukung fakta bahwa meminum susu akan membuat paru-paru menjadi lebih bersih. Hanya saja, bukan berarti kemudian kita malas untuk minum susu. Minuman ini bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Berapa lama paru paru bersih dari asap rokok ?

paru paru perokok via aryanto.id

Dalam 3 bulan setelah berhenti morokok, kemampuan paru-paru untuk menarik dan menghembus udara jadi sangat meningkat.

Sedangkan celia, yaitu bulu-bulu halus di dalam paru-paru, akan menjadi semakin baik dalam membuang lendir dan membersihkan paru-paru, setelah anda berhenti merokok selama 1 tahun.

Gangguan-gangguan kesehatan misalnya napas pendek dan batuk-batuk juga menjadi semakin berkurang setelah 1 tahun anda tidak lagi merokok.

10 tahun setelah berhenti merokok, sebuah laporan dari  U.S. Surgeon General menyatakan bahwa resiko anda untuk terkena kanker paru-paru jadi menurun secara drastis, yaitu menjadi setengah kali lebih kecil dibanding seseorang yang masih menjadi perokok aktif.

Bisakah paru paru perokok sembuh ?

Bisakah paru paru perokok sembuh dengan sendirinya ? Simak berikut ini.

Ya. Sama seperti berbagai jenis penyalah-gunaan lainnya, tubuh anda bisa sembuh dengan sendirinya begitu anda mulai memberikannya kesempatan. Dan itu termasuk paru-paru anda!

Asap rokok itu sama seperti suatu kuman, yang membuat anda menjadi sakit, batuk, dan demam. Tapi jika anda bisa menyingkirkan kuman tersebut dengan obat yang tepat, maka paru-paru anda akan mampu untuk menyembuhkan dirinya sendiri.

Seiring waktu, proses perbaikan ini akan terus berlanjut. Tapi, paru-paru anda mungkin tidak bisa lagi se-efektif saat sebelum anda mulai merokok.

Kemampuan paru-paru untuk pulih dari dampak merokok itu sangat tergantung dari berapa lama dan berapa banyak anda merokok. Tapi para ahli mengatakan bahwa kesehatan paru-paru mulai meningkat begitu perokok mulai melemparkan rokok terakhir mereka.

Itu berarti bahwa semakin lama anda merokok, semakin besar pula kerusakan yang anda berikan pada paru-paru anda, hingga pada satu tahap, kerusakan tersebut tidak bisa lagi diperbaiki.

Dengan segera berhenti merokok, akan sangat memperkecil peluang anda untuk mengalami gangguan paru-paru, baik dimasa kini, maupun dimasa yang akan datang.

Demikianlah artikel tentang paru paru. Semogabermanfaat dan selalu jaga kesehatan ya!
Top