Orang Tua Harus Tetap Waspada Kasus Penculikan Anak, Tapi Jangan Mudah Terpengaruh Berita Hoax

Komentar
Orang Tua Harus Tetap Waspada Kasus Penculikan Anak, Tapi Jangan Mudah Terpengaruh Berita Hoax
Sumber gambar facebook/orangtuateladan

Banyak orangtua yang termakan Isu kasus penculikan Anak, hingga ada yang menjadi korban fitnah sampai meninggal karena dikeroyok warga.


Ini penting bagi orangtua untuk terus mengawasi anaknya yang berada diluar rumah.

Dalam beberapa waktu yang lalu, media sosial mendapati banyaknya penyebar kasus penculikan anak yang disertai dengan foto-foto dan video hingga viral, namun ada beberapa orang yang mengatakan jika kejadian tersebut hanyalah hoax.

Contohnya seperti yang beredar di sosial media ini, diunggah oleh akun facebook/orangtuateladan, yang memperlihatkan seorang anak sedang dirawat di rumah sakit.



Ada pula broadcast penculikan siswa SD di Cilodong, Depok. Polisi telah mengecek ke lokasi dan pihak sekolah menyatakan tidak ada siswanya yang diculik. Isu penculikan juga menyebar di Bandung, Banyumas hingga Kudus. Setelah dicek oleh polisi, tidak terbukti ada penculikan seperti kabar viral di media sosial.

Selain itu, ada pula kejadian di Cipinang Muara, Jakarta Timur. Beredar video CCTV seorang pria diduga penculik siswi SMP. Namun, polisi menyebut itu bukanlah penculikan melainkan penipuan bermodus pinjam HP.

Terkait maraknya kabar penculikan anak, polisi mengimbau warga selalu waspada. Namun, warga juga diminta tidak menyebarkan kabar hoax atau kabar yang belum dapat dipastikan kebenarannya.

Baca juga : Biar Nggak Salah Faham dan Tidak Banyak yang Terprovokasi, Seperti Inilah Bendera HTI

"Terkait berita hoax penculikan, namanya juga berita hoax, berita tidak benar yang disebarluaskan. Kita masyarakat jangan cepat percaya, harus mengklarifikasi, harus pandai harus cerdas dari mana sumber info itu," kata Kabagpenum Polri, Kombes Syahar Diantono seperti yang diktuip dari detik.com.

"Jangan cepat resah dan bereaksi berlebihan dan ikut sebarluaskan. Nanti malah kita terlibat berita hoax itu. Tetapi masyarakat juga harus tetap waspada dimana pun, dalam keadaan apapun semisal saat membawa anak-anak yang usianya masih di bawah umur. Manakala ada orang tak dikenal dengan gerak gerik mencurigakan, segera laporkan ke kepolisian terdekat," ungkapnya.

Baca juga : Khusnul Khotimah dan Syahid, Rasulullah Mengatakan Orang yang Mati Tenggelam itu Syahid

Perlu difahami untuk semua orangtua mengenai berita hoax tentang penculikan anak ini sebagai pelajaran bagi orangtua agar memperhatikan anaknya.

Kejahatan bisa saja terjadi dimana-mana, untuk itu orangtua tetap mengawasi anaknya saat bermain.
Top