Menceritakan Kelebihan dan Kekurangan Diri Sendiri, Ini Trik yang Harus Kamu Ketahui

Komentar

menceritakan kelebihan dan kekurangan diri sendiri via mandansetengah.blogspot.com

PERTANYAAN MENJEBAK SAAT INTERVIEW

Seringkali kita dihadapkan dengan pertanyaan interview yang membingungkan. Salah satunya adalah ketika kita disuruh menceritakan kelebihan dan kekurangan diri sendiri.

Agar kamu bisa menjawab, yuk simak 8 triknya.

Interview adalah bagian kritis mengenai kemungkinan apakah calon karyawan akan diterima atau tidak.

Interview memiliki banyak macam pertanyaan di dalamnya, yang mana tiap pertanyaannya memiliki maksud tertentu. Entah itu maksud menjebak, atau maksud untuk mengetahui bagaimana pribadi calon karyawan.

Cara menceritakan kelebihan dan kekurangan diri sendiri ketika wawancara sebenarnya cukup simple dan mudah.

Baca Juga : Bingung Cari Kerja? Cukup Klik 8 Situs Pencari Kerja Berikut

Trik Jitu Jawab Pertanyaan Kelebihan Diri Sendiri saat Wawancara Kerja

ilustrasi contoh kelebihan via id.nametests.com

Buat daftar apa saja kelebihan dan kemampuan yang kamu miliki. Pastikan kelebihanmu tersebut dapat dipakai langsung di dunia kerja. Tambahkan beberapa pengalaman yang pernah kamu alami ketika menjawab pertanyaan ini.

Berikut beberapa contoh kelebihan yang bisa kamu gunakan untuk menjawab:
  • Percaya diri
  • Komitmen tinggi terhadap pekerjaan
  • Penuh semangat
  • Rapi
  • Kemampuan komunikasi yang baik
  • Kemampuan interpersonal yang baik
  • Dapat bekerja dalam tim

Selain pertanyaan tentang kelebihan diri, sudah pasti kekurangan diri Anda juga ditanyakan. Bagaimana trik menjawabnya? Gak usah khawatir berikut penjelasannya.

Trik Jitu Jawab Pertanyaan Kelemahan Diri Saat Wawancara Kerja


ilustrasi interview via alphagamma.eu

Tahap interview atau wawancara kerja sering kali menjadi momen yang paling ditakuti oleh para pelamar. Terkadang, latihan yang telah diasah baik-baik sebelumnya menjadi lupa seketika, ditambah dengan lidah yang berubah menjadi kaku.

Salah satu pertanyaan yang sering disepelekan yaitu mengenai kelemahan diri kita sendiri.

Saat pertanyaan ini diajukan, ada baiknya Anda tidak perlu membual dan berbohong untuk menutupi segala bentuk kelemahan. Melalui trik yang tepat, Anda bisa tetap jujur menceritakan kelemahan tanpa perlu membuat pewawancara memandang rendah kualitas Anda.

Lalu, bagaimanakah caranya? Menurut suatu sumber yang kami temukan berikut trik jitu untuk menjawab pertanyaan kelemahan diri saat interview:

1. Jangan menceritakan kelemahan yang tidak bisa ditolerir profesi Anda

Tips pertama hadapi wawancara kerja adalah dengan tidak menceritakan kelemahan yang tidak bisa ditolerir oleh calon pekerjaan Anda. Misalnya, kalau Anda melamar sebagai akuntan, maka jangan mengatakan kalau Anda kurang teliti dalam mengantur keuangan.

Contoh lain, jangan bilang Anda tidak menyukai anak-anak saat melamar sebagai seorang guru. Jika Anda mengatakan demikian, bisa-bisa pewawancara akan menyatakan kelemahan Anda sebagai sebuah hambatan fatal bagi profesi yang akan Anda ambil. Dan tentu saja pekerjaan impian Anda akan musnah begitu saja.

2. Ceritakan Anda adalah pribadi yang mau belajar

Salah satu hal yang sering terlupakan adalah menjelaskan, bentuk kelemahan diri tersebut sebenarnya dapat diasah dan dilatih seiring berjalannya waktu. Misalnya, Anda mengatakan belum terbiasa berbicara di depan umum. Setelah bicara hal tersebut, Anda bisa menambahkan keterangan kalau Anda masih terus belajar untuk memperbaiki kualitas public speaking.

3. Tetap tunjukkan rasa percaya diri dengan bahasa tubuh yang baik

Meskipun Anda terlihat ketakutan dan bingung ketika menghadapi pertanyaan seperti ini, tetaplah tenang dan tunjukkan rasa percaya diri Anda. Mungkin banyak orang ketika gugup atau takut melakukan tingkah seperti tidak menatap mata pewawancara, celingak-celinguk melihat tempat lain, atau malah tertawa meringis. Ketahuilah, ini bukan bahasa tubuh yang baik.

Pewawancara bahkan akan menganggap Anda tidak serius dalam menjawab pertanyaannya. Jangan juga menunjukkan muka tidak senang atau tidak berminat pada pertanyaan tersebut, karena tingkah tersebut kurang sopan untuk dilakukan. Jadi, kontrol terus ya rasa canggung Anda dan terus tingkatkan kepercayaan diri!

4. Jangan pernah menghindari pertanyaan

Jika Anda menemukan topik yang kurang disuka di tengah pembicaraan, Anda mungkin dapat berkilah dan mengganti topik pembicaraan. Namun, hal itu tidak bisa diterapkan saat interview pekerjaan. Jangan sekali-kali Anda menghindari pertanyaan dengan menanyakan hal lain atau menjawab hal yang tidak ada hubungannya dengan pertanyaan pewawancara, ya!

5. Kalau pikiran buntu, jawablah seperti ini

Ada kalanya Anda tidak mampu berpikir dengan baik saat menjalani proses wawancara. Apalagi ketika ditanyakan mengenai kelemahan diri. Jika pikiran buntu atau kosong, Anda dapat menjawab bahwa Anda kurang begitu baik dalam hal mendelegasikan tugas.

Anda dapat menceritakan sering kurang percaya kepada rekan kerja, sehingga sering kali mengoreksi dan menanyakan mengenai pekerjaan tersebut berkali-kali. Padahal, kerja sama dalam tim adalah hal penting dalam pekerjaan.

Hal ini adalah salah satu contoh yang baik, karena saat Anda memasuki posisi pekerjaan baru, skill delegasi belum menjadi hal yang paling penting. Cara lain, Anda bisa menjawab kalau terkadang Anda terlalu jujur dalam memberikan penilaian atau kritik. Akibatnya, Anda jadi sering tidak enak hati pada rekan kerja.


ilustrasi interview via qerja.com

Dengan menjawab seperti ini, pewawancara akan menilai Anda sebagai pribadi yang jujur dan punya rasa empati. Dengan kata lain, Anda tidak akan memperlakukan rekan kerja dengan buruk. Di sini kemungkinan besar Anda bisa mendapatkan nilai plus dari pewawancara!

Baca Juga : Yuk Tambah Penghasilan, Berikut ini 5 Kerja Online yang Terbukti Menghasilkan Uang


Nah, itulah trik jitu yang bisa kamu lakukan ketika menceritakan kelebihan dan kekurangan diri sendiri pada saat interfiew. Semoga bermanfaat dan interfiew Anda lancar.
Top