Masya Allah Seperti Ini Detail Rumah Rasulullah, Sangat Sederhana

Komentar

Sumber gambar iyakan.com

Sangat sedih jika melihat seperti ini kondisi kesederhanaan rumah baginda muhammad SAW.


Malu rasanya jika saya masih merasa kurang dengan harta dan rumah yang saya miliki sedangkan Rasulullah tinggal di tempat seperti ini.
Mengharukan sekali jika melihat bagaimana pengorbanan baginda muhammad SAW, hidup dalam kesederhanaan.

Meski beliau adalah seorang rasul dan pemimpin seluruh umat Islam, tapi Rasulullah lebih memilih hidup sederhana saja daripada hidup bergelimang harta.

Kesederhanaan Rasulullah tercermin dari rumah yang menjadi tempat tinggalnya bersama keluarga yang terletak di pojok Masjid Nabawi, tepatnya di tempat yang sekarang sudah dijadikan makam Nabi Muhammad. Rumah Nabi Muhammad sangat kecil dan hanya beralaskan tanah.

Ukuran rumah Nabi Muhammad SAW dengan panjang tidak lebih dari 5 meter, lebar hanya 3 meter, dan tinggi atap sekitar 2.5 meter.

Baca juga : Kebiasaan Inilah Ciri-ciri Orang yang Tidak Takut Dengan Azab Allah

Hal utama yang menjadi patokan dalam menentukan luas rumah nabi adalah perkataan seorang sahabat Nabi Muhammad saw yang bernama Daud Bin Qais.

Dalam kitab Shahih Adabul Mufrod karya Imam Bukhari disebutkan bahwa Daud Bin Qais berkata,

“Saya melihat kamar Rasulullah saw, atapnya terbuat dari pelepah kurma yang terbalut dengan serabut. Saya perkirakan lebar rumah ini, kira kira 6 atau 7 hasta, saya mengukur luas rumah dari dalam 10 hasta, dan saya kira tingginya antara 7 dan 8. Saya berdiri di pintu Aisyah saya dapati kamar ini menghadap Maghribi (Marocco)”.

Konversi 1 hasta adalah sekitar 0.45 m (id.wikipedia.org/wiki/Hasta).

Seperti inilah detail rumah Rasulullah :


Top