Manfaat Buah Belimbing, Cocok Bagi Ibu Hamil yang Ingin Tubuhnya Tetap Frees

Komentar

Manfaat buah belimbing via rmkothariandco.com

Buah yang rasanya manis asam ini ternyata punya banyak manfaat. Mulai dari bisa menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi, untuk kecantikan, bahkan kesehatan bagi Ibu hamil.

Belimbing merupakan salah satu jenis buah segar yang kerap dikonsumsi. Memiliki rasa yang asam dan menyegarkan, tak hanya itu, Anda juga dapat mengambil manfaat buah belimbing untuk kesehatan dan manfaat buah belimbing untuk kecantikan salah satunya adaah untuk menghaluskan wajah serta mencegah jerawat.

Belimbing merupakan buah yang memiliki bentuk cukup unik, memiliki lima sisi yang kemudian membentuk pola seperti bintang. Belimbing merupakan buah yang berasal dari wilayah negara dengan iklim tropis. Buahnya berwarna kekuningan bila sudah matang, buah belimbing termasuk ke dalam jenis buah tropis karena hanya bisa tumbuh di daerah dengan iklim tropis saja.

Bisa dikatakan mayoritas masyarakat sudah mengenal bahkan pernah menikmatinya sebagai buah-buahan semata-mata.
Ada beberapa manfaat buah belimbing dan khasiatnya, apa saja itu? Dibawah ini penjelasannya.

Manfaat Buah Belimbing

tahukan kamu dibalik bentuk dan rasanya yang menyegarkan, belimbing memiliki beberapa manfaat kesehatan yang tak terduga? Apa manfaat memakan buah belimbing? Berikut ulasannya seperti dilansir Organic Facts:

1. Mencegah kanker 
Kandungan flavonoid polifenol yang ditemukan di dalam buah ini mampu melawan efek mutagenik akibat radikal bebas dan membuangnya dari tubuh, sehingga terhindar dari risiko penyakit kronis. Selain itu, belimbing juga kaya serat, yang dapat membantu membersihkan racun di dalam usus besar.

2. Bersifat anti inflamasi 
Tingginya jumlah antioksidan dan flavonoid yang ada dalam belimbing dapat mengurangi risiko peradangan kulit, termasuk psoriasis dan dermatitis. Bukan itu saja, belimbing juga mengandung sumber vitamin C yang melimpah, yang dapat membantu membersihkan racun dan memaksimalkan produksi kolagen dalam kulit.

3. Memelihara jantung 
Belimbing mengandung zat natrium dan kalium yang cukup tinggi. Kedua zat tersebut bermanfaat sebagai pengganti elektrolit dalam tubuh. Mengkonsumsinya secara rutin dapat membantu mengontrol tekanan darah dan detak jantung, membersihkan plak pada pembuluh darah, serta melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh.

4. Merangsang produksi ASI 
Selain daun katuk, belimbing juga dikenal sebagai makanan sehat yang dapat merangsang produksi ASI pada ibu muda. Kandungan nutrisi dalam belimbing dipercaya sangat ampuh untuk melancarkan kelenjar susu yang tersumbat, dan memaksimalkan produktivitas ASI.

5. Menurunkan berat badan 
Belimbing sangat minim kalori, namun kaya akan serat, sehingga aman dikonsumsi oleh seseorang yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Selain itu, menyantap belimbing secara rutin juga diklaim dapat memaksimalkan sistem metabolisme, sehingga dapat mempercepat penurunan berat badan. Serat yang terdapat dalam belimbing juga dapat membantu membuat perut terasa kenyang lebih lama.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh 
Satu buah belimbing utuh dapat memenuhi 50 persen vitamin C harian. Vitamin tersebut sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan, sehingga dapat mencegah risiko penyakit akibat virus dan bakteri yang menyerang tubuh. Selain itu, vitamin C juga sangat baik untuk memelihara kesehatan kulit.

7. Mengontrol diabetes 
Sebuah penelitian menemukan serat tak larut yang terkandung dalam belimbing dapat membantu mencegah pelepasan glukosa yang berasal dari makanan, yang pada akhirnya akan meminimalisir peningkatan kadar insulin, yakni penyebab memburuknya kondisi diabetes. Hal tersebut menjadikan belimbing sangat aman dikonsumsi oleh para penderita diabetes.

8. Mengontrol tekanan darah 
Selanjutnya manfaat buah belimbing untuk menurunkan tekanan darah, mengandung zat kalsium yang cukup tinggi, belimbing dapat membantu mencegah risiko beragam penyakit kronis, seperti oaterosklerosis, serangan jantung, dan stroke dengan cara mengurangi penumpukan plak pada pembuluh darah dan arteri. Bukan itu saja, menyisipkan belimbing ke dalam menu sehari-hari juga dinilai sangat ampuh untuk mengontrol tekanan darah.


Buah belimbing via solusisehatku.com

Selain memiliki manfaat, ternyata buah belimbing juga mempunyai efek samping bila dikonsumsi terlalu berlebihan, diatas tadi merupakan manfaat buah belimbing, dan efek sampingnya akan kita bahas dibawah ini:

Efek Samping Mengkonsumsi Buah Belimbing

Belimbing adalah salah satu sumber makanan dari  tanaman yang mengandung konsentrasi tertinggi asam oksalat, yaitu 100 g buah segar mengandung 50,000-95,800 ppm asam oksalat. Dalam dunia kesehatan, Asam oksalat dianggap sebagai senyawa anti nutrisi, diantaranya dapat mengganggu penyerapan dan metabolisme beberapa mineral alami seperti kalsium, magnesium dll.

Selain itu asam oksalat juga dapat memicu kondisi yang dikenal dengan oxaluria, yaitu yang mengarah pada pembentukan batu ginjal. Pada beberapa orang dengan gangguan fungsi ginjal, mengkonsumsi banyak buah belimbing dapat mengakibatkan gagal ginjal. Orang yang menderita penyakit ginjal harus menghindari makan belimbing.

Belimbing sama halnya seperti jeruk, yaitu yang telah ditemukan dapat bereaksi negatif dengan banyak obat. makan belimbing bersama obat tertentu bisa  mengakibatkan tingkat  efek samping atau toksisitas. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli medis sebelum Anda makan belimbing bersama dengan makan obat farmasi.

Demikian penjelasan menganai manfaat buah belimbing. Banyak sekali manfaat yang dapat diambil dari buah belimbing ini, tapi ingat jangan berlebihan saat mengkonsumsinya. Karena buah belimbing juga memiliki efek samping seperti yang sudah dijelaskan tadi. Sekian dari kami, semoga bermanfaat.
Top