Tak Cuma di Kamar, Ini Amalan Malam Jumat Sunah Rosul yang Mendatangkan Keberkahan

Komentar

malam jumat sunah rosul via habibnovel.com

Bicara tentang malam Jumat, tidak sedikit orang yang mengaitkan dengan cerita mistis. Kaum muslim dianjurkan untuk melakukan beberapa amalam malam Jumat sunah Rosul. 

Hari Jumat disebut sebagai hari raya setiap pekan. Hari yang menjadi hari istimewa bagi kaum Muslimin.

Ada amalan-amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah Muhammad SAW, yang nilai pahalanya sangat besar.

Pada malam Jumat, kaum Muslim dianjurkan untuk membaca surat Al Kahfi. Anjuran ini didasarkan pada perkataan Rasulullah SAW.

Berikut uraian lengkap terkait amalan malam Jumat sunah Rosul yang terkandung, salah satu keistimewaan hari Jumat.

Baca Juga : 6 Keutamaan Sedekah Selain Sebagai Penghapus Dosa

Amalan Sunnah di Malam Jumat serta Haditsnya


ilustrasi amalan malam jumat sunah rosul via plimbi.com

Islam mengajarkan keutamaan pada hari Jumat. Bahkan Rasulullah SAW menyebut hari Jumat sebagai hari yang agung.

Sayyidul Ayyam atau bermakna hari yang istimewa dibandingkan dengan hari yang lain. Kalender Hijriyah atau berdasarkan perhitungan kalender Islam, satu hari baru dimulai ketika maghrib tiba. Berbeda dengan perhitungan Masehi dimana hari berawal ketika menginjak tengah malam.

Jadi, malam Jumat atau tepat di hari Kamis petang adalah bagian dari hari Jumat itu sendiri.

Keutamaan Malam Jum’at Dalam Islam

Malam Jumat atau hari Jumat dalam agama Islam adalah malam yang dianggap istimewa. Malam Jumat termasuk bagian dari hari Jumat. Kebiasaan yang dilakukan umat muslim khususnya di Indonesia adalah dengan melakukan kegiatan-kegiatan ibadah mulai dari mengadakan pengajian, dakwah, tadarus, memuliakan surat Al Qur’an, dan sebagainya yang berkaitan dengan memuji kebesaran Allah SWT.

Berbagai keutamaan disebutkan Rasulullah SAW berada pada hari yang agung ini. Bahkan diyakini hari Jumat adalah hari yang terbaik dan paling utama dibandingkan dengan enam hari lainnya. Hari Jumat menjadi saksi peristiwa besar Islam yang menandakan bahwa Jumat begitu istimewa.

Selain penciptaan Adam dan masuknya Adam menuju surga untuk kemudian dikeluarkan lagi, hari Jumat adalah hari yang ditetapkan sebagai hari kiamat di kemudian waktu. Seperti yang telah diriwayatkan dalam beberapa hadist yang akan dipaparkan pada uraian berikut ini.

Hadist Tentang Keistimewaan Hari Jumat

ilustrasi keistimewaan malam jumat via nahdlatululama.id

Keistimewaan Jumat sebagai hari agung pada dasarnya sudah ada pada beberapa surat dan hadist yang diriwayatkan oleh Rasulullah SAW bersama sahabat-sahabatnya. Berikut seperti yang tampak pada beberapa kutipan hadist berikut ini.

“ Hari baik yang paling baik ketika terbitnya matahari adalah hari Jumat. Pada hari itu saat Adam diciptakan, Adam dimasukkan ke surga, dan kemudian beliau (Adam) dikeluarkan dari surga. Sementara hari kiamat tidaklah terjadi selain pada hari Jumat” (HR. Muslim).

“ Sesungguhnya Jumat adalah tuannya hari, serta hari yang paling mulia, paling agung disisi Allah SWT” (HR. Ibnu Majah; Hasan).

Kedua hadist riwayat di atas menerangkan bagaimana hari Jumat dianggap sebagai hari yang istimewa untuk muslim karena peristiwa besar Islam terjadi pada hari tersebut. Namun, bukan berarti sebagai umat muslim mengkhususkan malam Jumat sebagai malam sakral dengan melakukan ibadah atau amalan tertentu yang tidak sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW. Sebagaimana telah disabdakan Rasulullah SAW pada Abu Hurairah:

“Janganlah mengkhususkan malam Jumat dengan shalat tertentu dan janganlah mengkhususkan hari Jumat dengan berpuasa kecuali jika berpapasan dengan puasa yang mesti dikerjakan saat itu”

Dalil tersebut dengan jelas menerangkan bahwa sebagai umat muslim memang wajar menganggap Jumat sebagai hari yang agung sesuai dengan anjuran dalam hadist. Akan tetapi bukan berarti mengkhususkannya dengan melakukan ibadah tertentu yang semestinya tidak diperlukan seperti berpuasa pada hari tersebut kecuali saat bulan ramadhan tiba atau saat bersamaan dengan puasa Arofah atau puasa sunnah lainnya).

Pendapat mayoritas ulama juga mengatakan demikian bahwasannya mengerjakan puasa pada hari Jumat seorang diri adalah makruh hukumnya dalam Islam, terkecuali puasa tersebut berpapasan dengan puasa sunnah lainnya. Dengan demikian, bagi umat muslim tetap menganggap hari Jumat sebagai hari yang agung dan diperbolehkan melakukan amalan-amalan sunnah yang memang sudah dianjurkan Rasulullah SAW.

Amalan Sunnah di Malam Jumat

ilustrasi amalan malam jumat sunah rosul via manhajuna.com

Amalan-amalan yang istimewa pada hari Jumat jika disebutkan cukup banyak jumlahnya. Amalan tersebut dapat dikerjakan pada malam Jumat sebelumnya, karena beribadah di malam hari diyakini lebih utama dan mudah menemukan konsentrasi. Sebagian besar amalan malam Jumat sunah Rosul yang dilakukan diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Membaca Shalawat Nabi

Shalawat Nabi adalah salah satu cara kita sebagai umat muslim untuk memuji serta memuliakan Nabi yang telah menerangi jalan kita menuju keutamaan Islam. Membaca shalawat nabi sebanyak-banyaknya pada malam Jumat atau hari Jumat termasuk dalam amalan sunnah yang dianjurkan.

Keutamaan membaca shalawat nabi pada malam Jumat seperti diterangkan Rasulullah SAW adalah kedekatan umat muslim dengan Beliau kelak di surga.

“Perbanyaklah untuk membaca shalawat kepadaku pada setiap hari Jumat. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap hari Jumat. Barang siapa yang paling banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti” (HR. Baihaqi; Hasan Lighairihi).

2. Membaca Surat Al- Kahfi

ilustrasi surat al kahfi malam jumat via kaba12.co.id

Surat Al Kahfi termasuk surat yang memiliki keutamaan tertentu karena dianjurkan untuk dibaca pada setiap Jumat atau malam Jumat. Keutamaan membaca surat Al Kahfi dijelaskan pada beberapa hadist riwayat berikut ini.

“Barang siapa membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat, maka dirinya telah diterangi oleh cahaya diantara dua hari Jumat” (HR. An Nasai, Baihaqi dan Al Hakim; Shahih).

“Barang siapa membaca surat Al Kahfi pada malam Jumat, maka terhadap dirinya akan dipancarkan cahaya antara dirinya dan Baitul Atiq” (HR. Al Hakim, Al Baihaqi dan Ad Darimi; shahih).

Dari Abu Sa’id Al Khudri, Rasulullah bersabda:

“Barang siapa membaca surat Al Kahfi sebagaimana diturunkan, maka ia akan mendapatkan cahaya dari tempat ia berdiri hingga Mekkah. Barang siapa membaca 10 akhir ayatnya, kemudian keluar Dajjal, maka ia tidak akan dikuasai. Barang siapa yang berwudhu, lalu ia ucapkan:

Subhanakallahumma wa bi hamdika laa ilaha anta, astaghfiruka wa atubbu ilaikh (Maha suci Engkau Ya Allah, segala pujian untuk Mu, tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Engkau, aku senantiasa memohon ampun dan bertaubat pada Mu), maka akan dicatat baginya dikertas dan dicetak sehingga tidak akan luntur hingga hari kiamat”.

3. Memperbanyak Doa

Menjalankan amalan malam hari Jumat atau malam Jumat sunah Rosul dengan memperbanyak bertawakal serta membaca doa akan sangat bermanfaat bagi kita umat muslim. Doa yang dipanjatkan pada waktu tersebut adalah doa yang senantiasa diberkahi serta dirahmati oleh Allah, sebagaimana dalam beberapa dalil dan hadist yang disebutkan,

“Rasulullah SAW bersabda, “Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang diminta” Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut.”

Dalam Islam, semua hari adalah baik, hanya saja karena Jumat diyakini dan diserukan oleh Al Quran sebagai hari yang istimewa, maka perlakuan yang istimewa pun pasti akan mendapat balasan dari Allah terhadap yang memuliakannya.

Manfaat menjalankan amalan malam Jumat sunah Rosul akan terasa bagi umat muslim yang menjalankannya dengan istiqomah serta tanpa tujuan apapun selain mencari ridho Allah SWT. Beberapa manfaat menjalankan amalan malam Jumat sunah Rosul tersebut antara lain :
  • Menjadikan kita sebagai umat yang senantiasa ingat bahwa tiada hal yang lebih mulia selain mengagungkan Allah SWT dengan bertaqwa kepadaNya.
  • Melatih kesabaran, keteguhan hati serta mengingatkan kita bahwa hidup adalah jembatan sementara untuk menuju kekekalan akhirat

Baca Juga : Zina Puluhan Kali? Berikut Amalan Penghapus Dosa Berzina Sebelum Menikah

Demikian artikel mengenai amalan malam Jumat sunah Rosul. Semoga bermanfaat dan menjadikan diri kita lebih dekat dengan Allah SWT.
Top