Kekeringan Hebat, Warga Jabar Sampai Minta Hujan Dengan Cara Spiritual ini

Komentar
Image via from-independent.co.id

Dunia semakin fana dan gersang.

Pemerintah Jabar berikan instruksi religius seiring keringnya sungai-sungai dikawasan kota provinsi Jawa Barat, langkah diambil yang utama yakni melakukan Sholat Istisqo'.

Berikut penuturan Ridwan Kamil selaku calon Gubernur Jabar..

Pemerintah Provinsi Jawa Barat berencana akan menggelar salat Istisqa atau salat meminta hujan pada Jumat (6/10/2018) di lapangan Gasibu Bandung.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan cara spiritual harus diupayakan untuk mencegah meluasnya dampak kekeringan yang melanda berbagai daerah di Jabar.

"Kita akan laksanakan salat Istisqa juga ya, urusan dunia kita carikan, spiritual juga kita laksanakan. Mudah-mudahan itu bisa memaksimalkan ikhtiar kita. Afdolnya hari Jumat ya, mungkin di Gasibu," kata Ridwan dalam keterangannya di Bandung, Rabu 3 Oktober 2018.

Seperti yang dikutip wajibbaca.com dari liputan6.com, Salat Istisqa akan diikuti para pegawai Pemprov Jabar dan masyarakat pun diharapkan juga turut hadir mengikuti salat.

Emil, sapaan Ridwan menuturkan, berdasarkan pantauannya, sejumlah sungai-sungai besar di Jabar mengalami kekeringan. Kedalaman air waduk Jatiluhur pun sudah menyusut lebih dari 8 meter. Bahkan waduk Jatigede pun sudah terlihat dasarnya.

"Saya kemarin telah mengamati dari udara memang sepanjang yang saya lihat sungai-sungai kering, waduk Jatiluhur menyusut lebih dari 8 meter, Jatigede juga turun bahkan bekas kampung juga terlihat lagi," tuturnya.

Emil mengimbau kepada masyarakat untuk hemat dan lebih bijak dalam menggunakan air.

"Imbauan pertama, warga untuk berhemat air, gunakan sebijak mungkin," ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga telah menginstruksikan PDAM untuk memberikan program tangki air di wilayah kekeringan. Emil juga akan berkoordinasi dengan BMKG terkait fenomena kekeringan ini dan hal yang perlu diwaspadai.


"Sambil saya juga akan mengecek ke BMKG tren ini apakah normal atau ada fenomena alam yang perlu kita waspadai," kata Ridwan.

Baca juga :


Tata Cara melakukan Sholat Istisqa'

1. Niat



Artinya: ” Saya Niat Salat Sunah Istisqa’ Dua Rakaat (jadi imam/ makmum) Karena Allah Ta’ala” 

 2.  Shalat dilakukan 2 rakaat, sebagaimana Shalat hari raya ‘Ied.  Dari Ibnu Abbas RA. berkata: ” Laksanakanlah pada Istisqo ini seperti hal-nya pada waktu ‘Ied “.

3.  Pada Rakaat pertama takbir sebanyak tujuh kali. Kemudian membaca surat alfatihah lalu disunnahkan untuk membaca surat Al-A’la kemudian ruku’ sujud seperti biasa.

4. Pada  rakaat kedua takbir sebanyak lima kali, kemudian membaca alfatihah, lalu disnunnahkan membaca surat Al-Ghasiyah, kemudian ruku’ sujud seperti biasa.

5. Memberi salam

6. Setelah shalat, diteruskan dengan khutbah dua kali.

7. Berdoa menghadap kiblat dan mengangkat kedua tangan setinggi mungkin.

8. Dianjurkan doa Istisqo dibacakan oleh Ahli Bait dan orang shalih

9. Bertawasul dengan amal shaleh

10. Khusus untuk  laki-laki disunnahkan memindahkan dan membalikkan sorbannya.

11. Dianjurkan imam keluar bersama dengan masyarakat.

12. Dianjurkan membawa binatang ternak.


Doa Selesai Shalat Istisqa'



Artinya:

"Segala puji bagi Allah Rabbul ‘alamin yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, yang merajai hari pembalasan, tidak ada Tuhan selain Allah yang melakukan apa yang Ia kehendaki, ya Allah Engkaulah Allah tidak ada Tuhan selain Engkau, Engkau Mahakaya dan kami orang-orang fakir, turunkanlah pada kami hujan, dan jadikan apa yang Engkau turunkan sebagai kekuatan dan bekal hingga suatu batas yang lama.

Ya Allah, turunkan bagi kami hujan 3x, Ya Allah, turunkan bagi kami hujan   yang menyuburkan, menyejahterakan, bermanfaat, mengalir dari atas ke bawah merata, dan terus-menerus kebaikannya bagi negeri dan penghuninya. Ya Allah pada pegunungan, sawah ladang dan danau-danau. Ya Allah kami beristighfar kepada-Mu, sesungguhnya Engkau penerima ampun, turunkan kepada hujan dari langit yang terus menerus memberikan kebaikan. Ya Allah turunkanlah hujan dan jangan jadikan kami termasuk orang-orang yang putus asa. Ya Allah negeri dan penduduknya mengalami kesulitan, kesengsaraan, kesempitan dan kami tidak mengadu kecuali kepada-Mu. Ya Allah tumbuhkanlah bagi kami tanaman, suburkanlah susu-sus ternak kami, turunkanlah hujan dari keberkahan langit dan tumbuhkanlah tanaman dari keberkahan bumi. Ya Allah angkatlah dari kami kesusahan, kelaparan, dan terbukanya aurat, singkapkan dari kami musibah dan tidak ada yang dapat menyingkapkannya kecuali Engkau


Ya Allah turunkanlah hujan dan tolonglah kami atas musuh. Ya Allah Engkau telah memerintahkan kami untuk berdoa, dan berjanji untuk mengabulkan. Dan kami telah berdoa sebagaimana engkau perintahkan, maka kabulkanlah sebagaimana Engkau telah janjikan. Ya Allah berikanlah anugerah ampunan-Mu atas kesalahan kami, dan kabulkan hujan untuk kami dan kelapangan rezeki.

Semoga bermanfaat..
Top