Menguak Fakta Kejatuhan Cicak Katanya Pertanda Sial, Benarkah?

Penulis Nadiah Ratna | Ditayangkan 06 Oct 2018
Menguak Fakta Kejatuhan Cicak Katanya Pertanda Sial, Benarkah?
kejatuhan cicak via luthfan.com

Rasulullah menganjurkan bunuhlah jika ada cicak dirumah kita.

Apakah alasan itu berhubungan dengan hal ini? Ada yang bilang jika kejatuhan cicak adalah pertanda sial.

Bahkan ada yang bilang kejatuhan cicak di malam jum'at kliwon akan benar-benar sial. Benarkah? Mari kita kupas semua hal itu agar tidak menjadi sebuah kesalah pahaman.

Cicak adalah mahluk yang sangat unik. Hewan yang termasuk dalam kelas reptilia ini memiliki kemampuan untuk berjalan di permukaan dinding yang tegak lurus atau bahkan di permukaan plafon secara terbalik tanpa mengalami kesulitan.

Cicak yang ada di atas atap memiliki kemungkinan  untuk jatuh ke mana saja. Baik di tangan, kaki, kepala dan lain sebagainya. Sebagian besar masyarakat Indonesia sudah pernah mengalami masa itu. Apakah kejatuhan cicak pertanda buruk? Bagaimana jika kejatuhan cicak malam Jumat Kliwon?

Berbicara mengenai mitos, hal ini tidak terlepas dari kebudayaan masyarakat setempat. Kejatuhan kotoran cicak artinya apa? Mitos seseorang yang kejatuhan kotoran cicak maupun kejatuhan cicak pada umumnya mempunyai arti seseorang itu akan mendapatkan sial. Sedangkan, apabila dicermati secara logika, penyebab jatuhnya cicak adalah karena cicak tersebut tidak hati saat sedang melangkah atau menempel pada dinding maupun langit-langit rumah.

Terlepas dari yang disampaikan ilmu sains dalam memandang fenomena cicak jatuh. Lantas, bagaimana arti kejatuhan cicak orang Jawa? Berikut arti firasat kejatuhan cicak berdasarkan primbon Jawa.

1. Kejatuhan cicak di kepala
Apakah kejatuhan cicak bisa sial? Bila seseorang kejatuhan cicak di kepalanya, maka primbon menjelaskan bahwa ini memang pertanda sial. Pertanda sial yang dimaksud adalah akan adanya seseorang dari keluarga yang sakit parah atau meninggal dunia dalam waktu dekat ini.

2. Kejatuhan cicak di pundak
Sementara bila bagian tubuh yang kejatuhan cicak adalah bagian pundak, maka menurut primbon ini adalah pertanda bahwa orang yang mengalaminya akan mendapatkan masalah atau beban berat dalam kehidupannya.

3. Kejatuhan cicak di tangan
Arti kejatuhan cicak di tangan kanan adalah pertanda akan mendapatkan rezeki, sementara arti kejatuhan cicak di tangan kiri adalah pertanda akan mengeluarkan uang untuk keperluan besar. Saya pernah mengalami kejatuhan cicak di kedua tangan, dan kedua ramalan tersebut memang benar-benar terjadi.

4. Kejatuhan cicak di dada dan perut
Kejatuhan cicak di dada dan perut adalah pertanda bahwa orang yang mengalaminya akan sakit keras dalam waktu dekat. Akan tetapi, dari yang saya alami, ramalan ini tidak sepenuhnya benar. Saya hanya demam biasa setelah 2 hari sebelumnya kejatuhan cicak di bagian dada saat menonton tv. Wallohualam.

6. Kejatuhan cicak di punggung
Ini tentu jarang terjadi kecuali bila seseorang sedang tengkurap atau saat sujud. Menurut primbon, kejatuhan cicak di punggung bukanlah pertanda buruk. Ia justru sebuah pertanda baik di mana Anda akan kejatuhan rezeki besar dalam beberapa hari ke depan. Menurut primbon, rezeki itu datang dari dagangan yang laris.

7. Kejatuhan cicak di kaki
Arti kejatuhan cicak di kaki menurut primbon adalah pertanda bahwa orang yang mengalaminya akan melakukan perjalanan jauh yang sulit dan penuh perjuangan menyedihkan. Bila dalam waktu dekat Anda memiliki rencana bepergian, Anda disarankan untuk mengurungkannya.

8. Kejatuhan cicak di dekat tubuh
Kejatuhan cicak di dekat tubuh merupakan pertanda baik. Anda yang mengalaminya diyakini akan terlepas atau lolos dari sebuah musibah dan kesialan. Entahlah, Anda bisa membuktikan benar tidaknya ramalan ini di kemudian hari.

9. Kejatuhan kotoran cicak
Kejatuhan kotoran cicak adalah pertanda rezeki. Saya belum pernah membuktikan ramalan ini, tapi beberapa teman yang pernah mengalaminya mengaku bahwa ramalan ini bukan isapan jempol belaka.

Anda tentu boleh mengabaikan ramalan-ramalan arti kejatuhan cicak yang disampaikan primbon, tapi boleh juga mempercayainya.

Menguak Fakta Kejatuhan Cicak Katanya Pertanda Sial, Benarkah?
ilustrasi cicak jatuh via idnews-info.blogspot.com

Apa arti kejatuhan cicak menurut Islam? Dalam pemahaman islam, kejatuhan cicak sebetulnya tidak memiliki pertanda apapun. Jika mempercayai ramalan-ramalan sial atau keberuntungan karena sesuatu hal, menurut Islam justru itu merupakan suatu bentuk thiyyarah.

Thiyyarah adalah merasa akan memperoleh untung atau sial karena mendengar, merasakan, atau mengalami suatu hal. Dalam riwayat hadist Thirmidzi, thiyyarah adalah bentuk kecil dari syirik. Oleh karena itu, sebaiknya janganlah melakukan thiyyarah bila tak ingin berdosa dan mendapat murka-Nya.

Baca Juga : Menguak Mitos Malam Jumat yang Penuh Dengan Aura Mistis, Sampai Ahli Kubur Datang ke Rumah

Demikian penjelasan tentang kejatuhan cicak yang dapat kami sampaikan. Anggaplah kesialan yang kamu alami karena mitos kejatuhan cicak sebagai peringatan agar kamu harus lebih berhati-hati di dalam melakukan sesuatu. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi Anda.
SHARE ARTIKEL