Ibu Muda Tidak Perlu Khawatir, Ini Penyebab Bayi Berwarna Kuning dan Cara Menanganinya

Komentar

Sumber gambar berita dunia global

Sedih sekali jika bayi yang baru saja lahir harus mengalami penyakit kuning.

Untuk bunda yang baru memiliki anak tidak perlu khawatir karena cukup dengan ini anda bisa menanginya.

Pasti sedih rasanya ketika seorang ibu tidak bisa membawa bayinya pulang segera ke rumah setelah melakukan persalinan karena bayi yang baru lahir terserang kuning dan butuh terapi sinar.

Kondisi ini umumnya tidak berbahaya dan dapat pulih dengan sendirinya dalam hitungan hari hingga minggu. meski begitu, kondisi ini bisa saja membahayakan si kecil.

Tanda-tanda penyakit kuning yang menyerang bayi ini biasa terlihat pada bagian mata, telapak tangan, dan air seni.

Baca juga : Bukan Untuk Menakuti, Tapi Ketahui Inilah Tanda-tanda Kematian Seseorang Dalam Medis

Bagaimana Bisa Bayi Baru Lahir Terkena Kuning ?

Kondisi ini terjadi karena si Kecil memiliki kelebihan bilirubin (unsur kuning) pada darahnya. Bayi baru lahir memiliki kadar sel darah yang tinggi sehingga memicu produksi bilirubin. Bilirubin sendiri terbentuk ketika sel-sel darah merah yang tua dihancurkan.

Sebenarnya bayi telah memiliki bilirubin sejak dia berada dalam kandungan. Namun dalam kandungan, tubuh Anda mengeluarkan bilirubin untuk bayi melalui plasenta.

Setelah lahir bayi tidak bisa melakukannya karena organ hati bayi belum berkembang dengan sempurna. Hal ini menghambat proses pembuangan bilirubin yang seharusnya dikeluarkan saat buang air kecil dan besar.

Apa yang Harus Dilakukan Orangtua Jika Bayi Terkena Kuning ?

Selain penanganan medis dengan fototerapi, Anda juga bisa mencegah kenaikan bilirubin dengan cara memberinya asupan yang cukup.

Asupan tersebut bisa membantu bayi mengeluarkan bilirubin pada tubuhnya. Anda bisa menyusuinya dengan ASI sebanyak 8 hingga 12 kali dalam 24 jam.

Atau jika Anda memberikan susu formula, pastikan Anda memberikannya sesuai waktu yang ditentukan. Biasanya susu formula diberikan sekitar 6 hingga 10 botol dalam 24 jam.

Semoga bermanfaat.
Top