Menguak Fakta Mengenai Harta Karun, Barang Peninggalan Zaman Kuno

Komentar

harta karun via news.okezone.com

Mirip seperti bencana yang terjadi di Palu. Orang-orang menyebut peninggalan berharga yang tersembunyi sebagai harta karun.

Ternyata sebutan ini diambil dari Al Qur'an yaitu Qorun, orang kaya sombong yang ditenggelamkan Allah bersama rumah dan segala harta bendanya.

Luasnya lautan di planet bumi, tentu apa yang ada di dalamnya menjadi misteri tersendiri. Mulai dari bangkai kapal, hewan laut dalam hingga cerita-cerita horor bermunculan dari dasar laut. Namun demikian, bangkai kapal karamlah yang kerap ditemui para penjelajah.

Sebut saja Titanic, salah satu kapal paling terkenal yang karam karena menabrak gunung es. Bahkan, karamnya kapal ini sampai dibuat film dan masih menjadi favorit banyak orang karena dibumbui kisah cinta yang menarik. Kapal-kapal karam ini ternyata ada pula yang menyimpan harta karun bernilai tinggi, tak heran banyak orang yang memburunya.

Dari sekian banyak penemuan harta karun di kapal karam, tentu penasaran dong mana yang paling berharga. Yuk simak bersama sama tentnag harta karun berikut ini.

Kenapa disebut harta karun ?

Ternyata penamaan "harta karun" ada dalam al Quran QS Al-Qashash ayat 76 sampai 83. Pada zaman nabi Musa AS menjadi pemimpin Bani israil, ada manusia bernama Qorun. Qorun sangat taat dalam beribadah, sampai melupakan duniawi. Keluarga Qorun pun serba kekurangan. Suatu hari datang 2 pemuda utusan raja Gholan ke rumah Qorun. Mereka membawa banyak emas untuk diserahkan pasa Qorun. Ternyata raja memberi Qorun memberi banyak emas karena Qorun merupakan ulama yang terkenal namanya.

Namun, ternyata Qorun menolah pemberian tersebut karena ia menganggap tidak berhak apapun karena ia ikhlas menjalani hidupnya karena Allah SWT. Lalu pemuda tersebut datang lagi menemui istri qorun, dan memberikan emas kepasa istrinya. Setelah itu, hidup Qorun dan istrinya bergelimang harta. Setelah ia kaya ia melupakan ibadahnya dan tidak menzakatkan hartanya. Akhirnya Qorun pun mendapat adzab oleh Allah dengan terkubur di dalam bumi.

Itulah asal usul kenapa disebut harta karun. Selanjutnya kita akan menyimak harta karun dalam ayat di al quran.

Harta karun dalam quran

harta karun dalam al quran via hipwee.com

Seperti yang kita sebutkan sebelumnya bahwa ayat tentang harta karun terdapat dalam surat Al-Qashash berikut ini :

Berikut kisah Qarun yang diceritakan di dalam Alquran :

(QS. Al Qashash : 76)
Artinya: Sesungguhnya Karun adalah termasuk kaum Musa, maka ia berlaku aniaya terhadap mereka, dan Kami telah menganugerahkan kepadanya perbendaharaan harta yang kunci-kuncinya sungguh berat dipikul oleh sejumlah orang yang kuat-kuat. (Ingatlah) ketika kaumnya berkata kepadanya: “Janganlah kamu terlalu bangga; sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang terlalu membanggakan diri.”

(QS. Al Qashash : 77)
Artinya: Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik, kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.

(QS. Al Qashash : 78)
Artinya: Karun berkata: “Sesungguhnya aku hanya diberi harta itu, karena ilmu yang ada padaku.” Dan apakah ia tidak mengetahui, bahwasanya Allah sungguh telah membinasakan umat-umat sebelumnya yang lebih kuat daripadanya, dan lebih banyak mengumpulkan harta? Dan tidaklah perlu ditanya kepada orang-orang yang berdosa itu, tentang dosa-dosa mereka.

(QS. Al Qashash : 79)
Artinya: Maka keluarlah Karun kepada kaumnya dalam kemegahannya[1139]. Berkatalah orang-orang yang menghendaki kehidupan dunia: “Moga-moga kiranya kita mempunyai seperti apa yang telah diberikan kepada Karun; sesungguhnya ia benar-benar mempunyai keberuntungan yang besar.”

Keterangan angka :

[1139]. Menurut mufassir: Karun ke luar dalam satu iring-iringan yang lengkap dengan pengawal, hamba sahaya dan inang pengasuh untuk memperlihatkan kemegahannya kepada kaumnya.

(QS. Al Qashash : 80)
Artinya: Berkatalah orang-orang yang dianugerahi ilmu: “Kecelakaan yang besarlah bagimu, pahala Allah adalah lebih baik bagi orang-orang yang beriman dan beramal saleh, dan tidak diperoleh pahala itu, kecuali oleh orang- orang yang sabar.”

(QS. Al Qashash : 81)
Artinya: Maka Kami benamkanlah Karun beserta rumahnya ke dalam bumi. Maka tidak ada baginya suatu golonganpun yang menolongnya terhadap azab Allah. Dan tiadalah ia termasuk orang-orang (yang dapat) membela (dirinya).

(QS. Al Qashash : 82)
Artinya: Dan jadilah orang-orang yang kemarin mencita-citakan kedudukan Karun itu, berkata: “Aduhai, benarlah Allah melapangkan rezeki bagi siapa yang Dia kehendaki dari hamba-hambanya dan menyempitkannya; kalau Allah tidak melimpahkan karunia-Nya atas kita benar-benar Dia telah membenamkan kita (pula). Aduhai benarlah, tidak beruntung orang- orang yang mengingkari (nikmat Allah).”

Dari ayat-ayat di atas, kita dapat memperoleh gambaran tentang Qarun. Meskipun Qarun punya hubungan kekerabatan yang cukup dekat dengan Nabi Musa as, namun, dia tidak termasuk orang-orang yang beriman.

Harta karun gaib menurut islam

Naudzubillah, sungguh diharamkan umat muslim untuk mencari harta dengan cara ghaib. Hal itu berarti ia telah mensekutukan Allah swt. Dari perbuatan tersebut ia akan mendapat balasan atas apa yang telah ia perbuat.

Apakah harta karun itu ada ?

real harta karun via intisari.grid.id

Benarkah ada harta karun di indonesia ? Simak berikut ini.

Nusantara tak hanya punya sejarah panjang. Di dalam bumi dan lautnya juga terkandung harta karun berlimpah: kekayaan alam maupun tinggalan peradaban masa berupa emas, perhiasan, artefak, koin, dan benda berharga lainnya.

Potensi Indonesia sebagai lokasi pundi-pundi tersembunyi mengundang sejumlah pemburu harta untuk datang dan mencari peruntungan. Mereka menyibak lautan dan menyisir daratan untuk mencarinya.

Berikut 4 penemuan harta karun di Indonesia yang menjadi perhatian dunia:

1. Harta Karun yang Tersibak Tsunami Aceh
Penemunya ibu Fatimah ketika mencari tiram, ia melihat benda kotak di kubangan lumpur. Kotak tersbeut ditutupi koral dan tiram. Ketika memukul permukaannya, kotak tersebut terbuka. Isinya koin koin emas, bertuliskan aksara arab.

2. Harta Karun Kerabat Nabi?
Tumpukan harta karun terbaring di dasar laut Indonesia selama lebih dari 1.000 tahun. Sebanyak 270 ribu objek termasuk kristal, permata, keramik, porselen Tiongkok, mutiara, dan emas ditemukan para penyelam di sebuah bangkai kapal dari Abad ke-10 yang berjarak 80 mil dari Pelabuhan Cirebon, antara pulau Kalimantan dan Pulau Jawa.

Keberadaan kapal di kedalaman 56 meter itu awalnya dilaporkan para nelayan yang menjala ikan di sekitarnya. Ekskavasi dilakukan antara April 2004 dan Oktober 2005.

Tim penyelam harus melakukan 22 ribu perjalanan dari kapal barang tersebut untuk mengambil muatannya.

Para penyelam ini adalah bagian dari anggota tim hasil kolaborasi antara dua perusahaan, yakni Cosmix Underwater Research Ltd dengan perusahaan lokal, PT Paradigma Putra Sejahtera.

Di antara benda berharga yang ditemukan adalah batu permata besar yang konon milik Dinasti Fatimiyah.

Nilai total harta karun itu pada 2010 diperkirakan Rp 720 miliar. Namun, pelelangan pada tahun itu sepi peminat. Tak ada yang berniat menawar.

3. Harta Karun 'Titanic dari Timur'
Pada 12 Mei 1999, Michael Hatcher, pemburu asal Australia menemukan bangkai kapal Tek Sing yang mengangkut 360 ribu porselen -- temuan terbesar gerabah berharga asal Tiongkok, dari era Dinasti Ming.

Media Jerman, Spiegel menjuluki kapal itu sebagai 'Titanic of the East' atau Titanic dari Timur karena sejarahnya yang sama-sama tragis.

4. Bangkai Kapal Harta Belitung
Sebuah kapal layar jenis dhow mengarungi lautan dari Afrika ke China sekitar 830 Masehi. Namun, saat berlayar pulang ia tenggelam di titik 1,6 kilometer dari lepas pantai Pulau Belitung.

Tilman Walterfang, seorang direktur perusahaan beton asal Jerman ikut andil menemukan harta karun bernilai jutaan dolar itu. Ia menyelam ke dasar lautan.

"Saya mendarat di apa yang tampak seperti bagian terumbu karang biasa," kata Walterfang kepada majalah Jerman Der Spiegel.

Selain harta karun diatas, banyak yang bilang bahwa bung karno memiliki harta karun.

Benarkah harta karun bung karno itu ada ?

Rumor harta peninggalan Soekarno pun merebak di masyarakat. Soekarno dikabarkan menyimpan harta yang banyak yang digunakan untuk membangun negeri ini.

Bung Karno dikatakan meninggalkan berbagai logam mulia, uang, dan bermacam pusaka untuk Indonesia. Harta itu didapatkan Bung Karno dari sumbangan raja-raja terdahulu dan rampasan perang. Kabarnya, nilai harta peninggalan tersebut bisa melunasi semua utang Indonesia dan bisa untuk membangun Indonesia. Sayangnya, tidak semua orang bisa mengambil harta tersebut. Harta tersebut dijaga oleh makhluk gaib. Yang bisa mengambilnya hanya mereka yang memegang kunci amanah.

Kunci amanah, menurut para ahli spiritual, diberikan secara langsung oleh Bung Karno. Bung Karno telah menitipkan kunci amanah ke beberapa orang secara acak. Dengan kunci amanah, harta karun Soekarno bisa ditemukan.

Soenuso Goroyo Soekarno alias Satrio Piningit mengaku telah mendapatkan harta karun milik Soekarno. Mantan anggota TNI ini mempunyai ratusan keping emas lantakan yang bergambar Soekarno dengan berat tiap kepingnya 8 ons. Selain itu, ia juga memiliki emas putih lantakan bertuliskan JM Mathey London. Deposito bertanggal 16 Agustus 1945 yang dikeluarkan oleh BPUPKI pun ia miliki.

Tak hanya Goroyo, Hj. Dewi SN juga mengaku sebagai pemegang kunci amanah. Hj. Dewi mendapatkan harta peninggalan Bung Karno saat bertapa di Gunung Galunggung. Dalam pertapaannya, ia mendapatkan mustika rantai bumi serta peti berisi emas batangan dan logam mulia. Sayangnya, semua harta tersebut hilang saat akan dibawa pulang. Menurut Dewi, harta tersebut belum saatnya untuk dikeluarkan.

Walaupun berbagai cerita tentang penemuan harta Soekarno muncul, Soekarno mengaku tak pernah meninggalkan harta. Pengakuan tersebut terdapat dalam buku Bung Karno: Penyambung Lidah Rakyat Indonesia tulisan Cindy Adams.

Selain itu kami akan membahas harta karun firaun mesir yang penuh misteri. Simak yuk!

Harta karun firaun mesir

harta karun firaun via intisari.grid.id

Sebuah tim arkeolog pertama yang hadir ketika makam kuno anak raja Tutankhamun dibuka, hanya tersisa satu orang yang hidup hingga lanjut usia.

Apakah ini suatu kebetulan yang aneh? Atau terwujudnya kutukan yang sudan turun temurun selama berabad-abad - kutukan yang sungguh mengerikan dan misterius serta sulit dipahami dunia modern?

Kutukan itu tetap saja masih menyebarkan aura kematian hingga sekarang ....
Dinding terakhir ruang pemakaman putra Faraoh yang terkunci itu dirobohkan pertama kalinya dalam 3000 tahun pada tanggal 17 Februari 1923.

Arkeolog Howard Carter berbisik-bisik, dia bisa melihat 'sesuatu yang indah' ketika dia mengamati harta karun Tutankhamun.

Ketika Carter bersama dengan ahli Mesir yang fanatik, Lord Carnarvon, mencermati harta karun yang terdiri atas emas, batu mulia, perhiasan, dan berbagai peninggalan yang tak ternilai, mereka lupa akan peringatan keras yang sudah tercantum berabad yang lalu untuk melindungi kuburan itu dari para penjarah.

Di dalam tulisan hiroglif kuno di atas kepala mereka terbaca: "Kematian akan menjemput mereka yang mengganggu tidur sang Faraoh."

Hantaman terakhir dari alat penggali itu telah membebaskan Kutukan Sang Faraoh.

Lord Carnarvon tidak pernah meremehkan ancaman dari para imam tinggi Mesir kuno.

Di Inggris, sebelum mengawali ekspedisinya, dia telah berkonsultasi pada seorang paranormal terkenal masa itu, Count Hamon, yang telah memperingatkannya.

"Lord Carnarvon, jangan masuk ke dalam kuburan. Jika dilanggar akan mengundang celaka. Jika diabaikan akan terserang penyakit. Tidak akan ada kesembuhan. Kematian akan menyambutnya di Mesir."

Dua kunjungan terpisah dengan seorang perantara roh di Inggris juga telah meramalkan nasib yang mengancamnya.

Namun, Carter dan Lord Carnarvon yang telah membiayai penggalian terbesar dalam sejarah arkeologi tersebut, seakan-akan telah melupakan semua kutukan dan rumor yang beredar ketika larut dalam kegembiraan pada akhir penggalian itu.

Penggalian di Luxor telah luput dari perhatian para penggali kuburan selama berabad-abad dan makam yang penuh harta itu merupakan penemuan yang tak ternilai.

Penghormatan dunia akademis mengalir deras kepada mereka beserta timnya.

Pujian dilontarkan pihak museum dan tim pembelajaran dari tempat jauh seperti Kairo dan California pun berdatangan kepada mereka.

Namun, setelah penemuannya tersebut Carnarvon meninggal karena gigitan nyamuk yang berbahaya.

Harta karun kerajaan nusantara

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut 10 harta karun yang hingga saat ini masih terkubur di bumi Nusantara:

1. Harta warisan Bung Karno
2. Harta warisan Tomoyuki Yamashita
3. Harta Karun kerajaan majapahit
4. Reruntuhan flor do mar
5. Harta karun kerajaan sriwijaya
6. Harta karun VOC di Pulai Onust
7. Harta karun belanda di gunung salak
8. harta karun gindu kuno
9. Perairan pulau bangka dan belitung
10. Harta karun singosari.

Harta karun laut indonesia 

Berikut ini harta karun laut indonesia yang begitu banyak.

Kapal karam Belitung, Rp 1,2 triliun.
Kapal karam Belitung juga dikenal sebagai kapal karam Tang atau kapal karam Batu Hitam ini terjadi sekitar tahun 830 Masehi. Bangkai kapal itu milik orang Arab yang berlayar dari Afrika ke China. Kapal berhasil menyelesaikan perjalanan dari Afrika ke China namun tenggelam dalam perjalanan kembali yang lokasinya dekat Pulau Belitung, Indonesia.

Pada tahun 1998, kapal karam itu ditemukan oleh nelayan di Selat Gelasa. Lokasi bangkai kapal ini dibeli dari nelayan dan perusahaan lokal Indonesia mengurus izin untuk melakukan penggalian situs tersebut. Bangkai kapal yang ternyata membawa kargo ini memiliki cawan emas dinasti Tang terbesar yang pernah ditemukan. Antara lain ada mangkuk emas, mangkuk hijau dari Slovenia, motif dari Asia Tengah dan Persia, kotak perak, piring emas, dan banyak artefak berharga serta mahal dari berbagai dinasti. Harta karun ini bernilai sekitar Rp 1,2 triliun..

Jadi itulah artiikel tentang harta karun. Semoga bermanfaat!
Top