Fenomena Sirkulasi Siklonik! Ini Wilayah yang Terdampak Cuaca Ekstrem Menurut BMKG

Komentar

Mendung di Monas. Foto: ANTARA/Zabur Karuru.

Dampak fenomena Sirkulasi Siklonik!

Menurut BMKG, hujan lebat disertai angin kencang dan petir akan berlangsung hari ini hingga beberapa hari kedepan!

Berikut wilayah-wilayah yang diperkirakan terdampak!

Sejumlah wilayah di Indonesia mengalami hujan lebat hari ini.

Kondisi ini menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), akan berlangsung hingga beberapa hari ke depan.

Kepala Bidang Humas BMKG Hary Tirto Djatmiko, hujan lebat bahkan disertai petir itu terjadi karena adanya sirkulasi siklonik di perairan Kepulauan Natuna (level 925/800mb) dan Perairan Barat Maluku (level 925/900).

"Konvergensi memanjang dari Laut China Selatan, Sulawesi Tengah, Maluku. Belokan angin terdapat di wilayah Lampung, Selat Karimata, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat," jelasnya, Minggu, 14 Oktober 2018, seperti dilansir dari Jawapos.com.

Hary mengatakan, pada Senin (15/10/2018) hari ini, wilayah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Riau, Lampung, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Utara diprediksi mengalami hujan lebat.

Sementara wilayah Aceh, Jambi, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Maluku Utara, Papua Barat, Papua. Termasuk Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, dan Bekasi berpotensi hujan lebat disertai angin kencang dan petir.

"Untuk wilayah Jabodetabek sendiri, hujan disertai petir tersebut akan berlangsung hingga Selasa, 16 Oktober. Bersamaan dengan wilayah Jawa Barat, Papua Barat, dan Papua," ucap Hary.

Baca Juga:

Sirkulasi Siklonik Timbulkan Cuaca Ekstrem

Dikutip dari liputan6.com, Sirkulasi siklonik, menurut Hary, merupakan pusaran angin yang memicu massa udara atau uap air sebagai faktor utama pembentuk awan akan bergerak ke arahnya.

Hal ini menyebabkan daerah yang berada di sekitar sirkulasi tersebut memiliki potensi pertumbuhan awan signifikan sehingga perlu diwaspadai menimbulkan hujan lebat dan cuaca ekstrem.

Meskipun hal ini hanya sebuah prediksi, tidak ada salahnya jika kita lebih berhati-hati.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat!
Top