9 Dampak Buruk Efek Rumah Kaca yang Akan Terjadi di Tahun 2019 Mendatang

Komentar

efek rumah kaca via infobintaro.com

Pemanasan global dan rumah kaca, keduanya mempunyai hubungan erat.

Efek rumah kaca yang berlebihan sangat merugikan dan membahayakan tidak hanya manusia tetapi semua mahluk hidup.

Efek rumah kaca merupakan salah satu ancaman terbesar yang tengah dialami bumi beserta seluruh kehidupan didalamnya baik dari manusia, hewan dan bahkan tanaman yang tidak bisa bergerakpun akan ikut meradakan akibat atau dampak yang ditimbulkan oleh efek rumah kaca ini.

Oleh karena itu diperlukan kesadaran dari semua pihak baik pemerintah maupun warga masyarakat untuk membuat upaya menanggulangi dampak efek rumah kaca, karena jika tidak maka keadaan bumi akan semakin parah dimana suhu semakin meningkat tinggi yang akan mengakibatkan munculnya berbagai ancaman yang belum pernah terfikirkan sebelumnya menjadi nyata.

Yuk ketahui selengkapnya tentang efek rumah kaca berikut ini.

Apa yg dimaksud efek rumah kaca ?  Pengertian efek rumah kaca adalah peristiwa meningkatnya suhu atmosfer bumi karena panas matahari yang dipantulkan bumi terperangkap oleh gas-gas tertentu di atmosfer. Gas-gas yang memerangkap panas matahari yang dipantulkan oleh bumi tersebut disebut gas-gas rumah kaca.

Bagaimana mekanisme efek rumah kaca ?

mekanisme efek rumah kaca via kreativitas-alam.blogspot.com

Mekanisme terjadinya efek rumah kaca secara singkat dapat dijelaskan sebagai berikut ini:

Pembakaran bahan bakar fosil secara sempurna -> menghasilkan CO2 -> terkumpul di atmosfer -> menghalangi panas keluar dari bumi -> memantulkan panas kembali ke bumi -> peningkatan suhu permukaan bumi -> global warming

Nah, penjelasan yang lebih detail terkait jawaban diatas
adalah sebagai berikut:

Pada saat kita memakai bahan bakar fosil seperti bensin atau batu bara, maka sisa pembakaran tersebut berupa CO2.

CO2 yang kita hasilkan ini akan naik ke atmosfer kemudian berkumpul di atmosfer.

Kumpulan CO2 di atmosfer ini akan membentuk suatu pembatas yang bersifat seperti kaca.

Panas dari matahari dapat menembus sampai kebumi.

Namun saat bumi akan memantulkan panas dari matahari ini, ternyata lapisan CO2 menghalangi pengeluaran panas dan malahan memantulkan panas tersebut kembali ke bumi.

Sehingga pada akhirnya panas dari bumi tidak dapat keluar dan selalu ditambah dari panas yang secara terus menerus dikirim oleh matahari.

Hal ini menyebabkan adanya kenaikan suhu permukaan bumi atau kita bisa sebut sebagai global warming.

Efek dari global warming ini adalah mencairnya es di kutub kutub bumi.

Mencairnya es di kutub akan menyebabkan permukaan air laut menjadi lebih tinggi.

Naiknya permukaan air laut ini di kuatirkan akan menenggelamkan pulau pulau kecil di bumi.

Juga di prediksi akan terjadi banyak badai yang akan melanda Negara Negara yang berada di dekat kutub.

Perubahan iklim secara acak juga merupakan salah satu efek yang sekarang mulai kita rasakan

Apa hubungan efek rumah kaca dengan pemanasan global ?

Hubungannya adalah jika sinar matahari mengenai rumah kaca sinarnya akan memantul dan mengenai lapisan ozon,jika hal itu terus terjadi maka lapisan ozon akan menipis dan menimbulkan pemanasan global

Apakah efek rumah kaca selalu memberikan dampak negatif ?

dampak efek rumah kaca via fraksipan.com

Tidak, rumah kaca juga memiliki dampak positif dan negatif :

Dampak positif efek rumah kaca :
1. ruangan menjadi lebih dingin.
2. cahaya dapat menembus ruangan
3. bisa menjadi tempat penanaman sayur atau buah dalam ruangan.

Itulah 3 akibat efek rumah kaca yang positif, namun efek rumah kaca yang berlebihan sangat merugikan dan membahayakan karena pantulah cahaya matahari dari bumi terhalang oleh kadar karbon dioksida (co2) sangat tinggi.

Akibat negatif efek rumah kaca :

A. Mencairnya es di kutub
Mencairnya es yang berada di wilayah kutub bumi, baik dari kutub selatan maupun utara semua akan mengalami pencairan sepenuhnya jika efek rumah kaca ini tidak segera dihentikan.

B. Kebakaran hutan
Jika suhu dibumi semakin memanas maka tentu beberapa tempat yang tidak memiliki sumber air akan mengalami panas berlebihan yang jika dibiarkan terus menerus maka dapat mengakibatkan kebakaran dimana mana

C. Polusi udara
Dampak lanjutan yang akan terjadi apabila kebakaran hutan terjadi dimana mana tanpa adanya pencegahan dan juga upaya mengatasi dari pihak berwenang setempat ialah terjadinya polusi atau pencemaran udara.

D. Perubahan iklim dan cuaca
Akibat semakin meningkatnya suhu bumi maka pada daerah yang mulanya bersuhu dingin dan selalu tertutupi oleh salju lama kelamaan dalju tersebur akan mencair karena semakin panasnya suhu disekitarnya.

E. Menjadikan orang malas keluar rumah
Ini merupakan hal yang paling umum dan lumrah terjadi dimanapun tempatnya, ketika cuaca panas biasanya orang orang akan lebih memilih berteduh dan tinggal dirumah daripada kelayapan kesana kesini tanpa tujuan yang jelas.

F. Berkurangnya sumber mata air
Dengan meningkatnya suhu rata rata dibumi maka sebagian besar sumber mata air akan lenyap, contohnya ialah seperti ketika kalian memasak air dan kalian biarkan begitu saja diatas kompor yang menyala maka lama kelamaan air tersebut akan menguap dan habis.

G. Perubahan pola hidup binatang
Para binatang akan lebih memilih untuk melakukan migrasi ke tempat yang menurut mereka lebih layak dihuni ketimbang tempat tinggal mereka dulu karena disana baik sumber mata air maupun makanan telah menghilang karena pengaruh suhu yang semakin ganas.

H. Menurunnya produksi di bidang pertanian
Akibat perubahan iklim dan cuaca yang tidak bisa diprediksi kapan datangnya maka sebagian besar oetani akan kesulitan dalam menentukan tanaman apa yang seharusnya mereka tanam pada musim ini.

I. Tanah mengering
Dampak efek rumah kaca yang terakhir pada artikel kali ini ialah berakibat pada mengeringnya sebagian besar tanah yang semula subur karena semakin panasnya kondisi bumi saat ini.

Hal ini sebenarnya sangat mirip dengan kebakaran hutan yang telah saya bahas diatas hanya saja kali ini medianya ialah tanah bukan pohon.

Sekian artikel mengenai efek rumah kaca yang begitu berpengaruh pada bumi ini. Semoga bermanfaat dan selalu jaga lingkungan!
Top