Ciri-ciri Orang yang Dimaafkan Allah dan Diterima Taubatnya

Komentar

Sumber gambar renunganislam.com

Siapa saja yang meminta ampunan atas dosa-dosanya allah akan kabulkan.


Karena ini bukti kecintaan Allah kepada hambanya yang ingin bertaubat, hingga terlihat ciri pada hambanya yang benar-benar dimaafkan dari dosa-dosanya.
Bukti-bukti kecintaan Allah SWT kepada para hamba-Nya, sebagaimana disebutkan di dalam Alquran, amatlah banyak.

Di antara bukti yang paling penting adalah penerimaan Allah SWT atas tobat para pelaku maksiat, pengampunan-Nya atas dosa-dosa mereka, keridhaan-Nya kepada mereka dan kecintaan-Nya kepada mereka setelah sebelumnya Dia membenci mereka.

Allah SWT berfirman (yang artinya):

Memohon ampunlah kalian kepada Tuhan kalian karena sesungguhnya Dia Maha Pengampun (TQS Nuh: [70]: 10);

Siapa saja yang melakukan kesalahan atau menzalimi dirinya sendiri, kemudian ia memohon ampunan kepada Allah, pasti ia akan mendapati Allah adalah Maha Pengampun dan Maha Penyayang (TQS an-Nisa’ [4]: 110);

Beberapa ayat di atas dan ayat-ayat lain yang semisalnya menunjukkan bahwa Allah SWT membentangkan tanganNya dengan penuh rahmat dan kasih sayang-Nya kepada para hamba-Nya untuk menerima tobat mereka sekaligus menghapus kesalahan-kesalahan mereka.

Baca juga : Kebiasaan Inilah Ciri-ciri Orang yang Tidak Takut Dengan Azab Allah

Tanda Taubat Kita Diterima dan Dimaafkan Allah

Sebagai salah satu cara yang dapat kita jadikan patokan pada diri kita bahwasanya taubat kita diterima Allah adalah sebagai berikut:

1. Doa meminta agar tidak lagi melakukan dosa terkabul
Orang yang mengaku sudah taubat dari minum khamar, main perempuan, menipu, merampok, koporusi, lantas dia berdoa dan bertaubat agar dijauhkan dari perbuatan tersebut terus Allah mengabulkan.

2. Menyesal dan menjadi pribadi yang  lebih baik
Perubahan sikap yang dulunya banyak melakukan maksiat sekarang berubah menjadi orang yang alim, taat melaksanakan kewajiban dan enggan mendekati kemaksiatan.

Terus berusaha memperbanyak amal baik dan meminta banyak ampunan.

3. Menyerukan kebaikan dan mengajak orang untuk menghindari dosa

Ciri orang yang bertaubat dan diterima Allah adalah seseorang yang sudah mantap hatinya untuk lurus menuju kebaikan, maka ia akan mengajak-ngajak orang lain untuk ikut bertaubat.

4. Siap Mati

Siap mati bukan ciri orang yang diterima taubatnya, tetapi ini adalah kisah bagaimana shahabat Rasulullah yang pernah bikin dosa lalu bertaubat.

Kisahnya terjadi pada seorang wanita shahabiyah yang pernah melakukan zina. Dia lantas menyesali perbuatannya dan bertaubat taubatan nashuha. Karena dia amat yakin bahwa Allah SWT Maha Pengampun dan menerima semua taubat hamba-Nya, maka dia yakin sekali bahwa semua dosanya sudah terhapus.

Ibarat anak bayi baru lahir dari perut ibunya, dia sudah tidak lagi punya dosa di dunia ini. Oleh karena itu ketika ada kesempatan untuk bertemu Allah dan masuk surga, dia pun tidak menyia-nyiakan kesempatan ini. Dia datangi Rasulullah SAW dan meminta agar dijatuhkan hukum rajam, yaitu hukum mati dengan cara dilempari batu hingga mati.

Begitu pula seperti yang dijelaskan ustadz abdul somad dalam cuplikan video berikut ini :


Ciri-Ciri Orang Yang sudah dimaafkan allah... ________ ๐Ÿ”˜ุจِุณْู…ِ ุงู„ู„ّู‡ِ ุงู„ุฑَّุญْู…َู†ِ ุงู„ุฑَّุญِูŠْู….ِ ________ .๐Ÿ”˜ุงَู„ู„َّู‡ُู…َّ ุตَู„ِّ ุนَู„َู‰ ุณَูŠّุฏِู†َุง ู…ُุญَู…َّุฏٍ ูˆَุนَู„َู‰ ุขู„ِ ุณَูŠّุฏِู†َุง ู…ُุญَู…َّุฏٍ _________ ๐Ÿ“น: @faisal_kiotto_ _________ . . . Follow ๐Ÿ‘‰๐Ÿ‘‰๐Ÿ‘‰ @Qof_m Follow ๐Ÿ‘‰๐Ÿ‘‰๐Ÿ‘‰@Qof_m Follow ๐Ÿ‘‰๐Ÿ‘‰๐Ÿ‘‰ @Qof_m . . . . . #Islam #Muslim #Muslimah #Hijrah #Istiqomah #Bersama #Jamaah #Dakwah #Quran #Perjuangan #SaveYourAqidah #SaveUlama #Semanggat #Berjamaah #Nasihat #Masjid #Doa #Subuh #Ramadhan #tausiyah #ustadz #ceramah #Haji #mediatauhid #islam #dakwah #รผst #ustadadihidayat #habibsyaikh #ngopi
A post shared by Qof (@qof_m) on


Top