Bukan Untuk Menakuti, Tapi Ketahui Inilah Tanda-tanda Kematian Seseorang Dalam Medis

Komentar

Sumber gambar sumsel.tribunnews.com

Tanda-tanda ini merupakan tanda umum yang biasanya terjadi pada orang yang mendekati ajal.

Mati adalah takdir Allah SWT yang sudah pasti datangnya dan sudah ditetapkan kapan waktu datangnya, Namun hanya Allah SWT yang mengetahui semua mahluknya tidak ada yang mengetahui kapan datangnya mati dan tidak ada yang dapat menghindarinya.

Namun, dunia medis bisa mendeteksi ketika seseorang yang sedang sakit sudah mendekati kematian. Ternyata, hal itu bisa diketahui melalui ciri-ciri fisik.

Meskipun tidak bisa dijadikan patokan bahwasanya tanda-tanda ini bisa 100% benar, karena kematian tetaplah kehendak Allah SWT.

Perlu diingat, ciri-ciri fisik ini tidak dialami oleh mereka yang berpulang secara mendadak. Akan tetapi, seperti dikutip Hellosehat.com,  tanda-tanda ini merupakan tanda umum yang biasanya terjadi pada orang yang mendekati ajal.

Tanda-tanda Kematian Seseorang Dalam Dunia Medis

1. Aliran darah melambat

Karena aliran darah bermasalah, kulit akan terlihat seperti berbintik-bintik dan mengalami perubahan warna. Bintik dan warna kebiruan pada kulit yang terlihat di bagian atas tubuh, yaitu dari pinggul hingga kepala, mencirikan tanda kematian yang lebih dekat dibandingkan dengan perubahan yang terlihat di bagian bawah tubuh.

2. Penurunan Output Jantung dan Volume Cairan di Pembuluh Darah

Dalam kondisi ini seseorang terkadang mengalami takikardia, atau detak jantung di atas normal saat beristirahat. Jika orang normal berdetak 60-100 kali per menit, maka orang yang mengalami takikardia umumnya lebih dari 100 detak per menit.

Selain itu, kondisi ini juga mengakibatkan seseorang mengalami hipotensi atau tekanan darah rendah yang bisa mengakibatkan kegagalan organ.

3. Kebingungan

Otak tetap aktif selama fase sekarat. Namun, hal ini tidak biasa bagi orang yang sedang sekarat dan hal ini pun akan mengakibatkan kebingungan atau inkoherensi. Beberapa orang akan merasa gelisah dan agresif jika mereka tidak tahu apa yang terjadi atau di mana mereka berada.

Baca juga : Ukuran 'Mr.P' Terlalu Kecil Bisa Pengaruhi Kesuburan dan Kehamilan ? Ini Bukti Medisnya

4. Halusinasi

Anda mungkin pernah mendengar bahwa orang-orang yang sekarat mengatakan bahwa mereka melihat orang-orang terkasih yang sudah lama meninggal dunia di hari-hari terakhir mereka. Hal ini memang benar mereka alami, karena orang yang sedang sekarat cenderung akan mengalami halusinasi. Halusinasi dan penglihatan tentang tempat atau orang lain yang mereka lihat juga biasanya tidak biasa.

5. Suhu tubuh menurun

Bagi seseorang yang akan meninggal, sirkulasi darahnya akan menarik ke dalam menuju organ vital di hari-hari terakhir hidupnya. Itu berarti sirkulasi darah di tempat-tempat seperti tangan dan kaki akan berkurang. Hal ini bisa menyebabkan kulit dan anggota badan akan terasa sejuk bila disentuh. Kulit juga mungkin akan tampak semakin pucat. Hingga pada akhirnya, peredaran darah yang berkurang dapat menyebabkan timbulnya bintik ungu kebiruan pada kulit.
Top