Astagfirullah! Sisi Lain Dari Kota Palu, yang Jarang Diketahui

Penulis Cheryl mikayla | Ditayangkan 02 Oct 2018
Astagfirullah! Sisi Lain Dari Kota Palu, yang Jarang Diketahui
Gambar dilansir dari facebook.com

Bukan niat untuk menzholimi orang-orang  yang terkena musibah...

Tapi sekedar menegur seglintir orang yang berbuat maksiat, hingga satu kaum jadi korban.

Bukankah sudah jelas dikabarkan dalam Al-Qur'an, bencana tidak akan datang jika bukan karena ulah manusia itu sendiri.

Naudzubillah...

Karena Allah Ta’ala berfirman dalam Al Qur’an:

وَمَا أَصَابَكُمْ مِنْ مُصِيبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ وَيَعْفُو عَنْ كَثِيرٍ

Dan musibah apa saja yang menimpa kalian, maka disebabkan oleh perbuatan tangan kalian sendiri, dan Allah mema’afkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu)” (Qs. Asy-Syuura: 30)

Dalam Al Qur’an, Allah Ta’ala menceritakan keadaan umat-umat terdahulu:

فَكُلًّا أَخَذْنَا بِذَنْبِهِ فَمِنْهُمْ مَنْ أَرْسَلْنَا عَلَيْهِ حَاصِبًا وَمِنْهُمْ مَنْ أَخَذَتْهُ الصَّيْحَةُ وَمِنْهُمْ مَنْ خَسَفْنَا بِهِ الْأَرْضَ وَمِنْهُمْ مَنْ أَغْرَقْنَا وَمَا كَانَ اللَّهُ لِيَظْلِمَهُمْ وَلَكِنْ كَانُوا أَنْفُسَهُمْ يَظْلِمُونَ

Maka masing-masing (mereka itu) Kami siksa disebabkan dosanya, maka di antara mereka ada yang Kami timpakan kepadanya hujan batu krikil, dan di antara mereka ada yang ditimpa suara keras yang mengguntur (halilintar), dan di antara mereka ada yang Kami benamkan ke dalam bumi, dan di antara mereka ada yang kami tenggelamkan, dan Allah sekali-kali tidak hendak menganiaya mereka, akan tetapi mereka yang menganiaya diri mereka sendiri.” (Qs. Al-Ankabut: 40).

Ali bin Abi Tholib –radhiyallahu ‘anhu– mengatakan,

مَا نُزِّلَ بَلاَءٌ إِلاَّ بِذَنْبٍ وَلاَ رُفِعَ بَلاَءٌ إِلاَّ بِتَوْبَةٍ

Tidaklah musibah tersebut turun melainkan karena dosa. Oleh karena itu, tidaklah bisa musibah tersebut hilang melainkan dengan taubat.” (Al Jawabul Kaafi, hal. 87)

Ibnu Qoyyim Al Jauziyah –rahimahullah- mengatakan, “Di antara akibat dari berbuat dosa adalah menghilangkan nikmat dan akibat dosa adalah mendatangkan bencana (musibah). Oleh karena itu, hilangnya suatu nikmat dari seorang hamba adalah karena dosa. Begitu pula datangnya berbagai musibah juga disebabkan oleh dosa.” (Al Jawabul Kaafi, hal. 87)

Baca Juga:


Bukan bermaksud menzolimi korban musibah, namun lihatlah bukti nyata perbuatan yang dilaknat Allah telah menjamur dikota tersebut.

Astagfirullah! Sisi Lain Dari Kota Palu, yang Jarang Diketahui

Astagfirullah! Sisi Lain Dari Kota Palu, yang Jarang Diketahui

Sudah sepatutnya setiap hamba mengingatkan dan merenungkan hal ini.

Ketahuilah bahwa setiap musibah yang menimpa kita dan datang menghampiri negeri ini, itu semua disebabkan karena dosa dan maksiat yang kita perbuat.

Baca Juga:
Betapa banyak kemaksiatan merajalela di mana-mana?

Itu semua mengakibatkan berbagai nikmat lenyap dan musibah tidak kunjung hilang seperti dikabarkan dalam Al-Qur'an.

Allah Ta’ala berfirman,

ذَلِكَ بِأَنَّ اللّهَ لَمْ يَكُ مُغَيِّرًا نِّعْمَةً أَنْعَمَهَا عَلَى قَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُواْ مَا بِأَنفُسِهِمْ وَأَنَّ اللّهَ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

(Siksaan) yang demikian itu adalah karena sesungguhnya Allah sekali-kali tidak akan merubah sesuatu ni’mat yang telah dianugerahkan-Nya kepada suatu kaum, hingga kaum itu merubah apa-apa yang ada pada diri mereka sendiri , dan sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al Anfaal: 53)

Oleh karena itu saudaraku, mari saling mengingatkan, saling introspeksi diri.

Apa yang salah dengan diri kita, apa yang salah dengan lingkungan kita? Hingga Allah menurunkan ujian seakan tak ada hentinya.

Jangan sampai perbuatan maksiat dan dilaknat Allah yang dilakukan oleh segelintir golongan mendatangkan musibah bagi begitu banyak orang. Naudzubillah...
SHARE ARTIKEL