Menurut Medis, Ini Kemungkinan Besar Ibu Melahirkan Anak Kembar

Komentar

Kembar via shopee.co.id

Siapa sih yang tidak ingin dianugerahi seorang anak yang lucu seperti ini?

Anak kembar memang memiliki keistimewaan tersendiri.

Memiliki anak kembar menjadi dambaan beberapa pasangan suami istri. Apakah anak kembar itu keturunan? Banyak faktor yang bisa membuat seorang ibu hamil anak kembar, tak dipungkiri salah satunya karena faktor keturunan.

Cara membuat anak kembar pasti tidak semudah mendapatkan satu anak dalam sekali kelahiran. Perlu dilakukan cara khusus untuk dapat mendapatkan anak kembar. Memiliki anak kembar tentu menyenangkan, menjadi perhatian banyak orang ketika berjalan bersama mereka.

Bagaimana anak kembar terjadi? Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya kembar tidak identik antara lain:
  1. Etnis: Kembar tidak identik biasanya lebih sering terjadi pada etnis tertentu. Kejadian kembar tidak identik paling banyak dialami oleh etnis Afrika, sementara paling sedikit terjadi pada etnis Jepang. Di bagian eropa barat, kehamilan kembar terjadi pada 1 dari setiap 60 kehamilan, sementara di Nigeria kehamilan kembar terjadi pada 1 dari 20-30 kehamilan. Tetapi meskipun begitu, orang Nigeria yang tinggal di luar negara tersebut kemudian mengalami penurunan kemungkinan melahirkan anak kembar, sehingga tingginya kesempatan memiliki anak kembar pada etnis Afrika dicurigai lebih disebabkan oleh faktor pola makan dan lingkungan.
  2. Usia: meskipun melahirkan pada usiatua memiliki risiko tersendiri, tetapi ternyata jika Anda hamil di atas usia 35 tahun, Anda mempunyai kemungkinan lebih besar untuk mendapatkan bayi kembar. Ini dikarenakan jika Anda berusia lebih tua, Anda cenderung melepaskan lebih dari satu sel telur saat ovulasi.
  3. Keturunan: kembar tidak identik dapat diturunkan dari pihak ibu. Kembar tidak identik diakibatkan oleh adanya dua sel telur, kemampuan wanita untuk menghasilkan lebih dari satu telur saat ovulasi cenderung diturunkan kepada perempuan. Jadi jika calon ibu memiliki ibu atau nenek yang juga kembar tidak identik, maka kemungkinan dihasilkannya bayi kembar juga lebih besar.
  4. Jumlah anak sebelumnya: meskipun belum dapat dibuktikan secara ilmiah, tetapi jika Anda sudah beberapa kali memiliki anak, maka kemungkinan Anda mendapat bayi kembar juga menjadi lebih besar. Ini karena berarti sistem reproduksi Anda bekerja dengan bagus serta tidak ada masalah dengan ovulasi, sehingga kemungkinan menghasilkan lebih dari satu sel telur saat ovulasi menjadi lebih besar. Atau, jika Anda sebelumnya sudah pernah melahirkan anak kembar ,maka bukan tidak mungkin kehamilan selanjutnya juga kembar.
  5. IVF: in vitro fertilization, atau sering juga disebut dengan metode bayi tabung, merupakan suatu teknik yang digunakan untuk membantu mereka yang didiagnosis kurang subur atau memiliki masalah pada sistem reproduksi untuk mendapatkan anak. Saat menjalani prosedur IVF, sel telur akan diambil dari ovarium dan dibuahi oleh sperma, seluruh proses ini dilakukan di laboratorium. Setelah itu sel telur yang sudah dibuahi, atau disebut embrio, akan ditanamkan kembali ke rahim untuk kemudian dibiarkan tumbuh dan berkembang layaknya janin pada umumnya. Saat menjalani IVF, biasanya lebih dari satu embrio akan ditanamkan di rahim untuk meningkatkan kemungkinan program tersebut untuk berhasil, tetapi bisa juga setelah itu lebih dari satu embrio yang tumbuh menjadi janin. Inilah yang menyebabkan kehamilan kembar pada mereka yang menjalani program IVF. Menurut NHS Choices, pada pembuahan secara normal akan dihasilkan 1 kehamilan kembar dari 80 kehamilan. Tetapi dengan IVF, kemungkinan terjadi kehamilan kembar adalah 1 banding 5.



Anak kembar via abiummi.com

Selain itu, teryata bayi kembar juga memiliki beberapa jenis yang berbeda. Ada berapa jenis anak kembar? Ada 9 jenis anak kembar yang akan kami jelaskan dibawah ini.

Jenis Bayi Kembar

Berikut ini adalah macam-macam bayi kembar di dunia.

Kembar fraternal
Kembar fraternal merupakan jenis kembar tidak identik. Kembar ini terjadi ketika dalam proses kehamilan dua buah sel telur yang sudah dibuahi menempel pada dinding rahim di waktu yang sama. Ini berarti ketika ibu melepaskan dua sel telur yang matang maka kedua telur ini dibuahi oleh dua jenis sperma yang berbeda. Kemudian dua telur akan membantuk dua buah zigot, karena itu jenis kembar ini juga disebut dengan kembar dizigotik. Anak kembar ini terlihat seperti saudara kandung dan setiap kromosom tubuh memang berbeda. Biasanya kembar seperti ini bisa berjenis kelamin sama atau berbeda.

Bayi kembar identik
Kembar identik berarti bahwa satu telur dibuahi oleh satu sperma dan kemudian membentu satu buah zigot. Namun zigot akhirnya membelah menjadi dua buah embrio yang terpisah sempurna. Kedua jenis embrio yang dihasilkan bisa berkembang sempurna dalam rahim ibu dan berbagi ruangan yang sama. Kembar identik bisa berasal dari kembar yang berbagi amnion yang sama atau dikenal dengan monoamniotic. Namun juga bisa berasal dari dua amnion yang berbeda atau dikenal dengan diamnotik. Kembar identik diamniotik biasanya akan berbagi plasenta yang sama.

Kembar setengah identik
Kembar setengah identik berarti bahwa kembar terjadi ketika telur telah terbagi sebelum mengalami pembuahan sehingga setiap bagian itu memiliki sperma yang juga terbagi. Kembar ini berbagi sekitar lebih dari 75 persen DNA tubuh. Jenis kembar ini memang awalnya tidak diakui secara keilmuan hingga sebuah penelitian membuktikan jika kembar ini juga memiliki potensi yang tepat sehingga menjadi bayi kembar.

Kembar cermin
Kembar cemin adalah atau kembar citra cermin adalah jenis kembar identik namun memiliki fitur yang berlawanan. Setiap bagian terlihat dengan  bagian kanan sementara saudaranya meninggalkan bagian kiri. Kembar cermin terlihat seperti kembar refleksi dan mereka bahkan berbagi DNA yang sama. Beberapa ilmuwan juga membuktikan bahwa kembar ini kemungkinan memiliki DNA yang cocok satu sama lain, dan bahkan juga untuk sidik jari. Prosesnya terjadi ketika telur yang sudah dibuahi berumur 12 hari maka mereka saling bertukar.

Kembar monoamniotic
Kembar monoamniotic adalah jenis kembar yang berbagi amnion dan plasenta yang sama. Jenis kembar ini bisa menyebabkan komplikasi kehamilan.  Misalnya adalah jika tali pusar bayi menjerat aliran nutrisi dan oksigen maka satu bayi bisa berkembang dan bayi yang lain tidak. Kembar seperti ini bisa meningkatkan peluang resiko terkena sindrom kembar ke kembar, dimana bayi berbagi aliran darah yang sama sehingga berbahaya untuk bayi dan ibu.

Kembar parasit
Kembar parasit adalah biasanya akan menyebabkan satu bayi gagal untuk berkembang dan kemudian menempel pada satu bayi yang bisa  berkembang. Kondisi ini bisa menyebabkan gangguan untuk bayi yang berhasil hidup. Satu janin yang menempel ini berfungsi sebagai parasit sehingga bisa mengancam bayi yang lain. Bayi yang bisa berkembang sempurna kemungkinan bisa tumbuh normal tapi daerah yang dilekati dengan kembar parasit bisa menyebabkan cacat.

Kembar campur kromosom
Kembar ini terjadi ketika dua buah sel telur bertemu dengan dua buah sel sperma yang berbeda namun kemudian mengalami campur kromosom. Akhirnya setiap bayi memiliki set kromosom ang berbeda. Kembar ini sangat jarang terjadi dan biasanya bisa membuat bayi kembar terlihat berbeda seperti  beda warna kulit.

Superfetasi 
Kembar superfetasi terjadi ketika ibu sudah hamil sementara ibu mengalami kehamilan yang lain. Ini biasanya sering terjadi pada binatang dan jarang terjadi pada manusia. Namun kasus ini juga tetap bisa ditemukan di dunia. Kembar ini terjadi ketika ada pembuahan sel telur oleh sel sperma terjadi berulang saat sudah ada proses konsepsi dalam rahim. Bayi yang lahir kembar dengan jenis kembar superfetasi biasanya satu bayi dilahirkan secara prematur dan organ tubuh seperti paru-paru belum berkembang sempurna.

Kembar superfekundasi
Kembar ini terjadi ketika dua buah sel telur dibuahi oleh dua sel sperma yang berbeda, sehingga artinya kembar ini berasal dari dua ayah yang berbeda. Kejadian kembar ini sangat langka namun pernah terjadi di Amerika Serikat pada tahun 1810 yang membuat anal yang lahir memiliki warna kulit yang berbeda. Kehamilan ini sangat langka dan biasanya terjadi secara tidak sengaja akibat hubungan seksual yang bebas.

Bisakah melahirkan anak kembar secara normal? Tentu saja bisa selama kondisi kedua bayi normal dan tidak ada gangguan kehamilan lain. Tidak jarang ibu yang mengandung bayi kembar melakukan persalinan secara normal meskipun tercatat sebanyak 6 dari 10 bayi kembar dilahirkan melalui operasi caesar.

Posisi bayi dalam kandungan menjadi salah satu faktor penentu proses persalinan yang akan dijalani ibu. Persalinan normal dapat dilakukan jika setidaknya kembaran yang akan lahir pertama berada dalam posisi kepala di bawah dan plasenta tidak menghalangi leher rahim

Selain itu, faktor lingkungan tempat tinggal dan kebijakan rumah sakit juga memengaruhi anjuran proses persalinan. Beberapa rumah sakit akan merekomendasikan operasi caesar untuk ibu dengan bayi kembar dalam satu plasenta. Pasalnya, kembar identik berisiko mengalami komplikasi selama kelahiran. Apapun keputusan yang akan dijalani, keselamatan ibu dan bayi akan diawasi secara ketat.


Identik kembar via kaskus.co.id

Mempunyai anak kembar ternyata ada keistimewaannya juga lho! Apa saja keistimewaan intu, dibawah ini merupakan keistimewaan anak kembar menurut islam.

Keistimewaan Anak Kembar

Tumbuh bersama orang terdekat membuat anak kembar belajar banyak hal sejak kecil. Anda ingin tahu apa saja keistimewaan anak kembar tersebut?

1. Belajar berbagi sejak kecil
Menjadi anak kembar mengajarkan anak berbagi tanpa mereka sadari. Sejak kecil, mereka akan berbagi tidak saja dalam hal makanan, pakaian, atau mainan, tetapi juga kamar tidur dan pesta ulang tahun. Mereka juga akan belajar untuk saling berbagi perasaan, karena saudara kembar lah yang menjadi orang terdekat mereka.

2. Belajar sabar dan menerima
Mereka belajar menerima bahwa orang lain akan selalu menganggap mereka sama, sehingga kelak memaksa mereka memilih sekolah yang sama atau jurusan yang sama.

3. Selalu saling mendukung
Mereka akan saling berganti peran untuk membantu satu sama lain. Meskipun kesannya bandel, namun hal positif yang bisa disimpulkan adalah bahwa si kembar akan selalu mendukung satu sama lain. Mereka tahu akan ada orang yang paling bisa dipercaya.

4. Berani menunjukkan kelemahan diri sendiri
Mereka tidak ragu untuk mengungkapkan kelemahan diri sendiri dan mendapat masukan dari orang yang paling tahu tentang diri mereka. Mereka akan saling belajar dari kesalahan satu sama lain, dan memelajari pencapaian yang diperoleh saudaranya.

5. Belajar bahwa setiap orang itu berbeda
Sedekat apapun saudara kembar, mereka pasti pernah berantem. Berkelahi, bermusuhan, akan mereka lakukan ketika mulai masuk sekolah. Namun dari pengalaman ini mereka akan belajar bahwa setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda, setiap orang mempunyai pendapat dan keinginan yang berbeda, dan karenanya mereka harus belajar menghargai perbedaan tersebut.

Nah, itulah penjelasan seputar anak kembar. Semoga penjelasan diatas bisa menambah pengetahuan dan bermanfat bagi Anda. Terimakasih sudah membaca artikel ini.
Top