Tertarik Mengikuti Program Pertukaran Muslim Australia-Indonesia 2019, Begini Caranya!

Komentar

Diskusi dengan LSM Benevolence di Melbourn. (Kedutaan Besar Australia di Jakarta, liputan6.com)

Telah dibuka kembali, Program Pertukaran Muslim Australia-Indonesia periode 2019.

Kesempatan bagai Anda semua kalangan untuk mendapatkan pengalaman baru dunia islam di luar negri, tentu dengan banyak manfaat yang akan didapatkan.

Lalu, bagaimana cara bergabung dalam program ini? Berikut langkah-langkahnya...

Australia-Indonesia Institute (AII), bekerja sama dengan Universitas Paramadina, kembali mengundang tokoh Muda Muslim Indonesia untuk berpartisipasi dalam Australia-Indonesia Muslim Exchange Programme (AIMEP) 2019.

AIMEP adalah program unggulan pemerintah Australia yang dibentuk pada 2002. Ini adalah program tahunan yang bertujuan membangun hubungan baik antara Muslim Australia dan Indonesia, melalui peningkatan pemahaman dan pengertian peranan agama dalam masyarakat di masing-masing negara.

"Tiap tahun, kami menerima ratusan pelamar. Pesertanya selalu memiliki jaringan komunitas yang luas, dengan latar belakang beragam dan menarik," kata Direktur AIMEP, Rowan Gould melalui keterangan tertulis dari Kedutaan Besar Australia di Jakarta, pada Rabu, 26 September 2018, seperti dikutip dari liputan6.com.

Siapa saja yang bisa mengikuti?

Hingga tahun 2018, tercatat sudah 73 alumni program yang berasal dari Australia dan 174 dari Indonesia.

Profesi yang digeluti mereka pun beragam, seperti akademisi, pemimpinorganisasi Islam dan lembaga swadaya masyarakat (LSM), guru pesantren, seniman, penulis dan lain-lain.

Bagaimana cara bergabung dalam program ini?

Peminat cukup mendaftarkan diri melalui formulir yang terdapat di situs web Universitas Paramadina (bit.ly/aimep2019) sebelum tanggal 15 Oktober 2018.

Sedangkan syarat-syarat dan formulir pendaftaran terdapat di dilihat dalam situs,
www.aimep.com.au/faqsbahasa-indonesia/. Hasil proses seleksi tahap awal akan diumumkan pada 9 November 2018.

Baca Juga: Hemat Biaya! Beli Kacamata Bisa Dengan BPJS Kesehatan, Begini Prosedurnya

Apa keuntungannya mengikuti program tersebut?

Selama mengikuti program ini, peserta akan melakukan kunjungan selama dua minggu ke Australia bersama tokoh muda Muslim dari Indonesia dan kunjungan dua minggu ke Indonesia oleh mitra mereka dari Australia.

Interaksi dan dialog langsung peserta dengan komunitas Muslim dan agama lain dari kedua negara diharapkan dapat memberikan informasi dan pemahaman yang mendalam mengenai masyarakat Indonesia dan Australia.

Peserta dari Indonesia akan berkunjung ke Melbourne, Sydney dan Canberra untuk bertemu dengan para pemimpin agama dan masyarakat, serta memperoleh pengalaman kehidupan multi budaya Australia.

Nah itulah pemaparan program pertukaran Muslim Australia-Indonesia 2019 yang telah kami rangkum.

Jika Anda tertarik silahkan mendaftar segera dengan cara-cara diatas.

Sebarkan informasi ini, dan mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua!
Top