Bikin Heboh, Menguak Fakta dari Penemuan Tengkorak Manusia Tertua di Dunia

Komentar

tengkorak manusia via mahdaen.tv

Benarkah ini tengkorak manusia tertua yang usianya lebih dari 3 juta tahun. Lantas bagaimana dengan perkiraan penciptaan nabi Adam ke Bumi yaitu diperkirakan sekitar tahun 3760 SM.

Itu artinya manusia tertua hidupnya belum lebih dari 6000 tahun saat ini atau tepatnya 5778 (3760 + 2018).

Bagaimana temuan tersebut nyata atau hoax? Berikut ini penjelasan mereka para ilmuan yang kita sendiri entah bisa percaya atau tidak.

Sistem rangka adalah suatu sistem organ yang memberikan dukungan fisik pada makhluk hidup. Salah satu sistem rangka merupakan tengkorak. Tengkorak adalah struktur tulang pada manusia yang merupakan rangka kepala. Yuk kita simak bersama-sama tengkorak manusia beserta penjelasanya sampai penemuan tengkorak manusia tertua di dunia.

Tengkorak Manusia Beserta Penjelasannya

Tengkorak adalah struktur tulang pada manusia yang merupakan rangka kepala.  Tengkorak menunjang struktur kepala dan melindungi badan dari luka. Selain melindungi otak, tengkorak juga memberi jarak yang cukup antara kedua mata untuk pandangan stereoskopis, dan menetapkan posisi telinga sehingga otak dapat memperkirakan arah dan jarak suara.

Benarkah tengkorak manusia tersusun oleh beberapa bagian tulang ? 

Benarkah tengkorak manusia tersusun oleh beberapa bagian tulang ? Jawabannya adalah Ya!

Tulang Tengkorak Tulang-tulang tengkorak merupakan tulang yang menyusun kerangka kepala. Rangka bagian kepala atau disebu dengan tengkorak kepala, merupakan kerangka tulang yang berbentuk bulat, disusun oleh tulang-tulang yang berbentuk pipih.

Tulang-tulang tersebut bersatu dan membentuk sendi tetapi tulang tulang tersebut tidak dapat digerakkan. Tulang tersebut keras yang berguna untuk melindungi otak. Sedangkan oak adalah bagian tubuh manusi yang memiliki fungsi terpenting dan sangat lunak. Rangka kepala meliputi tulang-tulang pelindung otak dan tulang tengkorak wajah.

Berapa jumlah tulang penyusun tengkorak manusia ? 

Ada banyaak sekali. Berikut macam-macamnya

Tulang tengkorak tersusun atas 8 buah tulang yang menyusun kepala dan empat belas tulang yang menyusun bagian wajah. tulang tengkorak bagian kepala merupakan bingkai pelindung dari otak. Sendi yang terdapat diantara tulang-tulang tengkorak merupakan sendi mati yang disebut sutura.

1. Tulang tengkorak bagian kepala terdiri dari: 
  • bagian parietal --> tulang dahi 
  • bagian temporal --> tulang samping kiri kanan kepala dekat telinga 
  • bagian occipitas --> daerah belakang daritengkorak 
  • bagian spenoid --> berdekatan dengan tulang rongga mata, seperti tulang baji 
  • bagian ethmoid --> tulang yang menyususn rongga hidung 

2, Tulang tengkorak bagian wajah terdiri dari: 
  • rahang bawah --> menempel pada tulang tengkorak bagian temporal. hal tersebut merupakan satu-satunya hubungan antar tulang dengan gerakan yang lebih bebas 
  • rahang bawah --> menyusun sebagian dari hidung, dan langit-langit 
  • palatinum (tulang langit-langit) --> menyusun sebagian dari rongga hidung dan bagian atas dari atap rongga mulut
  • zigomatik --> tulang pipi 
  • tulang hidung 
  • Tulang lakrimal --> sekat tulang hidung.

Tulang-tulang tersebut tidak dapat bergerak. Mengapa tulang tulang penyusun tengkorak manusia sebagian tidak bergerak akan kami jelaskan berikut ini.

Mengapa tulang tulang penyusun tengkorak manusia sebagian tidak bergerak ?

Alasan mengapa tulang tulang penyusun tengkorak manusia sebagian tidak bergerak karena tulang-tulang tersebut tergabung dengan sendi dimana sendi untuk menggerakkan tulang-tulang penyusun tengkorak adalah sendi kaku/ sendi mati sehingga tulang-tulang tersebut tidak dapat digerakkan.

Nah sudah tahu kan apa alasan mengapa tulang tulang penyusun tengkorak manusia sebagian tidak bergerak itu. Selanjutnya kami akan menampilakan foto tengkorak manusia tertua di dunia ini. Wow seperti apa ya? Simak yuk!

Tengkorak manusia tertua di dunia


Tengkorak manusia tertua di dunia via kompas.co.id

Penelitian fosil terkadang membutuhkan waktu bertahun-tahun. Namun, saat peneliti berhasil mengungkap cerita di balik tulang belulang tersebut, temuannya begitu menakjubkan.

Rakitan kerangka fosil Australopithecus yang dijuluki "Little Foot" asal Afrika Selatan itu tidak hanya dinobatkan sebagai kerangka tertua dengan usia 3,67 juta tahun, tetapi juga yang terutuh karena masih memiliki 90 persen tulang aslinya.

Rakitan kerangka fosil Australopithecus yang dijuluki "Little Foot" asal Afrika Selatan itu tidak hanya dinobatkan sebagai kerangka tertua dengan usia 3,67 juta tahun, tetapi juga yang terutuh karena masih memiliki 90 persen tulang aslinya. Ia hanya kehilangan bagian telapak kaki, panggul, dan tempurung lutut.

Temuan kerangka lengkap merupakan hal yang sangat langka dan praktis tidak pernah didengar dalam sejarah. Little Foot berhasil mengungguli Lucy yang terkenal dari Afrika Timur.

Lucy diperkirakan berusia 3,2 juta tahun dan kerangka tanpa kepala itu kelengkapannya hanya 40 persen.

"Dalam prosesnya banyak sekali pengalaman pertama. Ini merupakan kerangka pertama yang hampir utuh, lengkap memiliki lengan dan kaki yang utuh. Selain itu, ini merupakan kerangka nenek moyang tertua di Afrika Selatan," kata Ron Clarke, ahli paleoantropologi yang terlibat dalam penelitian ini, dikutip dari National Geographic, Rabu (6/12/2017).

Kerangka Little Foot pertama kali ditemukan pada 1994 oleh Clarke di Gua Sterkfontein, Afrika Selatan. Pada saat itu, dia baru menemukan empat fragmen kaki saat sedang menggali tulang hewan.

Kemudian, pada Juli 1997, Clarke mengirim tim peneliti ke gua Sterkfontein untuk mencari petunjuk lain. Sejak saat itu, para ilmuwan terus menggali dan mempersiapkan fosil agar sempurna.

Setelah fosil ini diresmikan untuk umum, Clarke bersama pakar internasional yang lain akan segera merilis lebih dari 25 makalah ilmiah terkait Little Foot. Rencananya, semua akan diterbitkan tahun depan.

"Ini adalah salah satu penemuan fosil paling menakjubkan yang dibuat dalam sejarah penelitian asal-usul manusia. Merupakan suatu kehormatan untuk mengungkapkan temuan penting ini," ujar Clarke dalam siaran persnya.

COBA BACA DEH: "Pak Ustadz, lebih dulu mana Nabi Adam dan manusia Purba?"

Bagaimana pendapat anda setelah membaca artikel diatas ini???????????????

Woww tua sekali yaa tengkorak tersebut, tengkorak apa ya....?

Seteleh kita mengetahui yang katanya tengkorak manusia tertua di dunia kita akan melihat foto tengkorak manusia menakutkan lho. Hii seperti apa yaa, simak yuk!

Tengkorak manusia menakutkan

Berikut ini foto tengkorak manusia menakutkan dan misterius yang ada di dunia ini.

Tengkorak Vampire Andover

tengkorak vampire andover via anehdidunia.com

Tengkorak Bertanduk

tengkorak bertanduk via chuchotezvous.ru

Tengkorak Hobbit Flores

tengkorak hobbit flores via anehdidunia.com

Tengkorak Raksasa

tengkorak raksasa via anehdidunia.com

Demikianlah artikel tentang tengkorak manusia. Semoga bermanfaat!
Top